Ciri-Ciri Gejala Terkena Penyakit Gagal Ginjal

ADVERTISEMENT

Ciri-Ciri Gejala Awal Penyakit Gagal Ginjal – Tua ataupun muda, Laki-laki atau perempuan ternyata sama saja bisa terkena penyakit ginjal apabila tidak menjaga gaya hidup sehat. Tak hanya kulit atau bagian tubuh lain saja yang menua begitu juga dengan ginjal, seiring bertambahnya umur ginjal juga mengalami penuaan sesuai umur seseorang. Maka dari itu untuk orang-orang yang sudah berusia lanjut sangat disarankan untuk mengecek ginjalnya dengan rutin agar dapat diketahui terus kondisinya.

Meskipun begitu, ternyata penyakit gagal ginjal bisa saja menyerang usia muda, tidak hanya usia lanjut. Menurut salahsatu dokter spesialis penyakit dalam dan konsultasi ginjal yaitu dr Tunggul D. Situmorang, SpPD-KGH (kami kutip dari detikHealth) mengungkapkan bahwa pada usia muda tidak sedikit yang berusia muda mengalami gagal ginjal. Maka dari itu setiap orang harus berusaha untuk menjaga ginjal nya agar berfungsi dengan baik.

Gejala Awal Penyakit Ginjal

Gambar Ilustrasi : Artikel Ciri Penyakit Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ terpenting manusia yang berfungsi sebagai alat pengeluaran (ekskresi) manusia yakni membuang sisa-sisa metabolisme dari dalam tubuh manusia. Bila ginjal manusia tidak berfungsi dengan baik maka sisa metabolisme yang tidak dapat dikeluarkan dari dalam tubuh akan menjadi racun yang sangat berbahaya dan inilah yang dinamakan gagal ginjal oleh para medis.

Penyakit Gagal Ginjal

Apa itu Penyakit Gagal Ginjal? Bila dijelaskan secara lebih rinci penyakit gagal ginjal adalah suatu penyakit dimana fungsi ginjal menjadi turun yang mengakibatkan ginjal kurang mampu bekerja dengan baik untuk menyaring elektrolit tubuh, menjaga keseimbangan zat kimia dalam tubuh (sodium dan kalium) dalam darah atau produksi urine dan keseimbangan cairan.

Apa yang menyebabkan seseorang terkena gagal ginjal? Ada banyak kemungkinan penyebab seseorang terkena penyakit gagal ginjal diantaranya dari hipertensi, diabetes, kanker, kelainan ginjal, penyumbatan saluran kemih atau rusaknya sel yang berfungsi menyaring pada organ ginjal.

Banyak orang yang tidak mengetahui dengan jelas penyakit ginjal ini, kebanyakan hanya mengerti bahwa gagal ginjal merupakan sebuah bentuk kerusakan ginjal saja, padahal ada beberapa jenis diagnosa dari gagal ginjal ini. Diantara diagnosa penyakit gagal ginjal adalah sebagai berikut :

1.) Penyakit Gagal Ginjal Akut

Gagal Ginjal Akut (GGA) inilah diagnosa ginjal yang merupakan jenis pertama, pada diagnosa ini seseorang mengalami penurunan fungsi ginjal yang terjadi secara mendadak yang sebelumnya keadaan ginjal nya normal. Pada beberapa kasus yang terjadi penanganan yang diberikan yaitu dengan cara pengobatan dengan mengambil terapi dialisis atau pencucian darah.

2.) Penyakit Gagal Ginjal Kronik

Gagal Ginjal kronik (GGK) merupakan jenis diagnosa yang kedua, pada Penyakit Gagal Ginjal Kronik terdapat fase-fase atau tingkatan-tingkatan keparagan yaitu tahap 1, 2, 3 sampai 4. Penderita memiliki hasil Laju Filterasi Glomerulus yakni dibawah 60 ml/mnt/1,73m2 dan sudah lebih dari tiga bulan. Jenis Gagal Ginjal Kronik ini kerusakan sudah mencapai tiga bulan yang pada awalnya ditemukan bahwa struktur hispatologi pada organ ginjal mengalami kerusakan fungsional yaitu kelainan pada tes urin dan tes darah.

Lalu pada tahapan kelima dari GGK ini adalah Gagal Ginjal terminal yakni pada fase ini fungsi ginjal penderita sudah sangat mengalami penurunan atau mempunyai hasil LFG berada dibawah 15ml/mnt/1,73m2 yang mengakibatkan terjadinya uremia yaitu gangguan yang terjadi pada keping darah sehingga pasien haruslah melakukan terapi ginjal yang fungsinya sebagai pengganti agar fungsi ginjal dapat diambil alih dalam menghilangkan zat beracun (toksin) yang berada dalamĀ  tubuh.

Selain itu ada pula gagal ginjal akut, pada fase ini menjaga gaya hidup sangatlah penting untuk mencegah tubuh pada kondisi yang lebih berbahaya, menurut Prof. Rully menuturkan bahwa : “satu ons pencegahan jauh lebih penting dan sangat berharga dibandingkan dengan diberikan satu kilo pengobatan.

Dikutip dari Lifestyle Okezone, menurut Prof Rully : “Penyakit Gagal Ginjal akut merupakan tahapan lanjutan dari gagal ginjal kronik yang pada tahapan sebelumnya kesehatan tubuh penderita dalam keadaan stabil. Selain itu pada beberapa kasus yang terjadi penting dilakukannya terapi dialisis atau pencucian darah yang berfungsi untuk menggantikan fungsi ginjal yang rusak agar pasien dapat mempertahankan hidup.” Imbuhnya.

Dikutip dari sumber lain yakni HealthMeUp, bahwa menurut Kepala Nephrologi dari Pushpawati Singhania Research Institute di New Delhi Dr Sanjiv Saxena Menuturkan bahwa, “Penyakit Gagal Ginjal lebih banyak dipicu karena terjadinya efek buruk pada penderita Diabetes Millitus, Hipertensi, batu ginjal dan juga obat-obatan antibiotik dan juga penghilang rasa sakit. Penyakit ini harus diwaspadai karena tidak memiliki gejala awal penyakit gagal ginjal yang spesifik.”

Imbuhnya lagi bagi penderita penyakit seperti Diabetes Millitus dan juga hipertensi dianjurkan untuk sering memeriksa tingkat gula darah dan tekanan darah dan juga sering melakukan check up.

Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Mungkin peribahasa itu yang paling tepat untuk masalah penyakit. Pencegahan penyakit gagal ginjal bisa dilakukan dengan gaya hidup yang sehat, mengontrol makanan, tidak mengkonsumsi alkohol, menjaga berat bedal ideal, mengurangi makanan yang berlemak serta berkolesterol, hindari rokok dan tingakatkan aktivitas fisik dengan berolahraga secara rutin.


Lihat Juga :
Updated :