Ketahui Gejala Depresi yang Sering Muncul ini

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Ketahui Gejala Depresi yang Sering Muncul ini, Depresi atau stres merupakan salahsatu masalah pikiran yang masih berhubungan erat dengan kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan depresi akan berdampak kurang baik bagi kesehatan mental dan juga fisik, bahkan depresi berat beresiko memicu munculnya serangan jantung hingga serangan stroke. Namun, apabila depresi masih ringan, masih cukup mudah untuk dilakukan langkah penanganannya.

Gejala Depresi

Ciri-ciri Gejala Depresi

Maka dari itu pengenalan gejala depresi ringan ataupun berat harus diketahui dengan baik, sebelum keadaannya semakin parah. Dibawah ini merupakan tanda atau gejala depresi yang biasanya muncul baik pada pria maupun wanita, anak, dewasa bahkan lasia seperti yang dilansir dari berbagai sumber :

1.) Lebih Peka Terhadap Rasa Sakit
Menurut Richard Kravitz, MD, MSPH menuturkan bahwa kerika seseorang berada dalam kondisi psikis yang kurang baik maka bagian-bagian tubuh akan lebih peka terhadap rasa kurang nyaman yang muncul.

Dalam penelitian di Kanada meneukan bahwa 75% orang yang terkena depresi, memiliki resiko empat kali lebih besar merasakan nyeri punggung dan juga nyeri leher yang terasa kaku dan intens jika dibandingkan dengan orang-orang yang tidak mengalami depresi.

2.) Kenaikan Berat Badan
Penelitian yang diungkapkan pada jurnal Obesity menunjukan bahwa dengan semakin tingginya kadar stres dan depresi akan membuat seseorang akan sulit dalam diet menurunkan berat badan.

Walaupun ada beberapa makanan yang akan memberikan ketenangan dan juga bisa meningkatkan kadar serotonin pada bagian otak, akan tetapi semakin lama emotional eating akan membuat tubuh menjadi semakin bertambah berat badannya.

3.) Mudah Marah
Penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 yang diterbitkan pada jurnal JAMA Psychiatry mengungkapkan bahwa sekitar 54% orang yang memiliki depresi akan sering muncul rasa marah, memiliki emosi yang tinggi, suka berdebat dan cenderung bermusuhan dengan orang lain.

Gejalanya, jika seseorang mendengar atau mendapatkan informasi yang kurang tepat bisa menimbulkan rasa marah dan juga frustasi. Hal ini merupakan salahsatu ciri kondisi psikis yang kurang baik.

4.) Terpaku Pada Media Sosial
Beberapa studi yang telah dilakukan mengungkapkan bahwa orang yang terlalu sering menggunakan medis sosial akan lebih banyak melakuakan interaksi di dunia maya sehingga seseorang tersebut memiliki kemungkinan merasakan tekanan atau masalah yang serius dan membuat dia menjadi frustasi.

5.) Sering Melamun
Menurut Psikolog dari Harvard University, orang akan merasakan perasaan bahagia jika ia berpikir apa yang ia alami pada saat tersebut, namun memikirkan masa lalu atau masa depan akan membuat perasaan sedih, cemas dan kurang bahagia.

Walaupun banyak yang percaya melamun bisa menjadi salahsatu cara menemukan ide-ide kreatif namun keadaan ini biasanya sering dialami oleh mereka yang merasakan suasana hati yang kurang baik.

6.) Kurang Motivasi
Perasaan malas merupakan perasaan yang sudah menjadi umum, namun apabila seseorang kurang memiliki semangat bahkan tidak bersemangat untuk melakukan sesuatu bisa jadi hal ini merupkaan salahsatu gejala dari depresi.

7.) Kesulitan Berpikir
Pada saat tubuh terkena depresi biasanya otak akan lebih kehilangan fokus, bahkan untuk melakukan hal-hal kecil saja terasa berat. Misalnya saja untuk membuat keputusan kecil seperti memilih sarapan nasi atau roti, dan memutuskan masalah kecil lainnya akan terasa menjadi masalah besar ketika Anda depresi.

8.) Jarang Menyisir Rambut
Hasil survey yang dilakukan pada tahun 2014 terhadap lebih dari 10ribu orang menunjukan sekitar 61% orang biasanya mengalami maslah kesehatan mulut yang kurang bauk baik memiliki perasaan depresi. Dan pada saat depresi menyerang, maka penampilannya tidak dipikirkan. Seperti menyisir rambut, merapikan baju juga menjadi jarang sekali dilakukan.

Diatas merupakan beberapa gejala depresi yang biasanya dialami oleh banyak orang. Tentu saja Anda harus tetap waspada terhadap gejala depresi ini sehingga depresi bisa diminimalisir dan tidak menjadi kronis bahkan akut.

Penggunaan obat-obat penenang dalam jangka waktu yang lama tentu bukan menjadi pilihan yang baik. Hal ini bisa menyebabkan seseorang menjadi ketergantungan terhadap obat tersebut.

Baca juga : Cara Mengatasi Tubuh Lelah Berlebihan Dan Stres

Alangkah lebih baik melakukan langkah pencegahan, seperti pergi berlibur untuk sejenak, bersantai bersama teman atau melakukan hal-hal lain yang membuat Anda senang sehingga depresi bisa diminimalkan.


Lihat Juga :
Updated :