Dampak Perubahan Cuaca Pada Kesehatan Tubuh

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Dampak Perubahan Cuaca Pada Kesehatan Tubuh. Tidak hanya mempengaruhi lingkungan, perubahan cuaca merupakan salahsatu hal yang memiliki dampak pada kesehatan tubuh, termasuk kesehatan fisik dan kesehatan mental atau psikologis seseorang.

Terjadinya perubahan cuaca misal dari cuaca panas ke cuaca hujan atau juga sebaliknya akan mempengaruhi kondisi tubuh seseorang, terutama pada orang yang memiliki sistem imunitas tubuh yang lemah.

Dampak Perubahan Cuaca Pada Kesehatan Tubuh

Gambar Ilustrasi

Hal ini bisa terjadi karena perubahan cuaca yang terjadi secara tiba-tiba akan membuat tubuh sulit beradaptasi, padahal adaptasi tubuh merupakan salahsatu cara yang dilakukan tubuh untuk membangun sistem kekebalan tubuh.

Sepertu yang di kutip dari eHow, bahwa ketika tubuh melakukan adaptasi terhadap cuaca, maka tubuh akan menjadi lebih rentan terhadap infeksi dan virus, hal ini yang bisa membuat tubuh seseorang menjadi lebih sering sakit ketika cuaca berubah-ubah.

Beberapa gangguan kesehatan biasanya dialami tubuh karena terjadi perubahan cuaca ini. Dibawah ini disebutkan beberapa gangguan kesehatan yang biasanya terjadi karena terpengaruh oleh cuaca :

1. Kualitas Tidur
Menurut penelitian, ketika suhu tubuh turun tubuh akan bersiap untuk tidur. Karena biasanya tidur akan menjadi lebih nyenyak dan lebih sering ketika cuaca dalam keadaan sejuk yaitu beriksar 20 derajat.

Namun, sebaliknya pada saat cuaca panas dan lembab akan membuat tubuh menjadi sulit untuk tidur. Hujan dan juga terjadinya petir serta adanya angin kencang juga bisa memperngaruhi tubuh sehingga tidak bisa tidur, meskipun sebenarnya udara lebih dingin.

Lainnya :

2. Gangguan Psikologi
Masyarakat yang tinggal pada wilayah dimana terjadinya perubahan cuaca yang mendadak, misal berupa badai atau tornado, akan lebih beresiko menganalami terjadinya gangguan psikologi yakni kecemasan.

3. Memperburuk Alergi
Beberapa orang memiliki bentuk alergi tertentu, musim hujan bisa membuat alergi tersebut bertambah parah. Khususnya orang yang memiliki alergi serbuk sari, ketika angin kencang sebelum terjadinya hujan diketahui dapatĀ  menjadikan partikel-partikel alergen menyebar luas.

4. Gembira Ketika Cuaca Cerah
Cuaca juga cukup mempengatuhi mood seseorang. Ketika cuaca cerah bisanya mood seseorang akan menjadi lebih baik. Apalagi jika bisa menikmati cuaca indah di alam terbuka.

5. Depresi Musim Dingin
Pada saat musim dingin tiba, khususnya di negara yang memiliki empat musim tak sedikit orang yang mengalami gangguan depresi. Hal ini bisa terjadi pada siang hari yang lebih pendek dan gelap. Biasanya gejala yang dialami diantaranya perasaan sedih, cemas, mood yang naik dan terkadang turun.

6. Dehidrasi
Terjadinya peningkatan suhu pada musim kemarau dapat menjadikan tubuh lebih beresiko terhadap dehidrasi ataupun serangan panas atau biasa dikenal dengan istilah heatstroke. Gejala yang harus diwaspadai yakni fokus menjadi menurun, terjadinya peningkatan suhu tubuh diantaranya demam, bingung, terjadinya peningkatan detak jantung, dan mudah marah.

7. Gampang sakit Pada Musim Dingin
Musim dingin biasanya menjadi musim yang cukup diwaspadai karena biasanya penyakit flu bisa menyerang kapan saja, bahkan ketika musim dingin biasanya penderita penyakit flu mengalami penginakatan secara drastis. Hal ini bisa terjadi karena sistem kekebalan tubuh yang menurun dan biasanya penderita akan lebih banyak berada dalam ruangan yang mengakibatkan tubuh bisa terpapar beragai kuman yang ada didalam ruangan.

Baca juga : Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Karena Flu

Diatas merupakan dampak perubahan cuaca pada kesehatan tubuh, hal ini bisa dicegah dengan mengkonsumsi nutrisi yang cukup dan berigizi, hindari makanan rendah gizi dan rutin melakukan olahraga setiap minggunya serta menjaga kebersihan lingkungan dengan baik.

Dengan mengkombinasikan pencegahan tersebut, sistem kekebalan tubuh akan menjadi lebih baik dan bisa terhindar dari resiko berbagai penyakit khususnya penyakit flu.

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :