Ciri-Ciri Gejala Awal Penyakit Anemia

ADVERTISEMENT

Gejala Penyakit AnemiaCiri kekurangan darah atau yang biasa disebut dengan anemia memiliki beberapa gejala yang nampak pada seseorang. Anemia adalah penyakit dimana seseorang kekurangan darah terutama zat yang dikenal dengan istilah hemoglobin. Penyebabnya tentu saja dari berbagai faktor termasuk stress dan juga faktor genetik atau bisa juga dari gangguan-gangguan atau faktor lainnya. Ketika muncul gejala-gejala tertentu pada tubuh seseorang tentu saja harus segera mengidentifikasi gejala penyakit anemia yang timbul tersebut dengan teliti untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada waktu-waktu tertentu.

Ciri Gejala Penyakit Anemia

Beberapa tanda seorang mengalami anemia sering juga dikaitkan dengan beberapa penyakit yang dianggap serius seperti penyakit kuningan, HIV/Aids dan juga kanker. Dibawah ini seperti yang diterbitkan oleh Boldsky beberapa ciri penyakit anemia yang perlu diwaspadai :

Ciri-Ciri dan Gejala Penyakit Anemia

1. Pucat pada bagian dalam kelopak mata
Penderita anemia biasanya memiliki salahsatu ciri yang timbul yaitu pada bagian daerah mata. Bisa dilihat dengan cara meregangkan bagian bawah pada kelopak mata kemudian dilihat dengan seksama jika bagian bawah berwarna pucat maka bisa saja itu merupakan salah satu ciri gejala anemia.

2. Merasa Cepat Lelah
Jika seseorang memiliki jumlah sel darah merah yang rendah biasanya akan cepat merasakan lelah ini diakbiatkan oksidasi dalam tubuh berkurang jika sel darah merah pada tubuh berkurang. Oksidasi ini berpengaruh pada energi tubuh yang dihasilkan dan digunakan untuk beraktivitas.

3. Merasakan sakit kepala
Salahsatu yang sering terjadi pada penderita anemia adalah sering merasakan sakit kepala secara terus-menerus, ini disebabkan kurangnya oksigen yang diakibatkan oleh kurangnya sel darah merah pada tubuh penderita. Sehingga penderita akan sering merasakan sakit pada bagian kepala seperti pusing-pusing.

4. Mengalami Palpitasi
Pada penderita anemia mengalami ciri lainnya yaitu palpitasi. Palpitasi adalah sebuah istilah dalam medis yaitu gejala denyut jantung yang tidak teratur, memiliki kecepatan yang tidak normal dan terlalu kuat. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya penderita anemia mengalami kekurangan oksigen dalam tubuh, yang berakibat pada peningkatan denyut jantung dan menyebabkan denyut jantung berdebar tidak teratur dan juga cepat.

5. Ujung jari berwarna pucat dan putih ketika ditekan.
Ciri penyakit anemia lainnya adalah dengan melakukan tes sederhana menekan ujung jari. Jika pada orang normal ketika ujung jari ditekan akan memerah, berbeda halnya dengan seseorang yang menderita anemia. Penderita anemia ketika ujung jarinya ditekan maka akan berubah menjadi putih dan pucat.

6. Sesak Napas
Selain beberapa ciri diatas ada gejala lain yang menunjukan seseorang menderita penyakit anemia yaitu sesak napas. Karena kurangnya pasokan oksigen dalam tubuh yang diakibatkan kurangnya sel darah merah menyebabkan penderita anemia ketika dalam melakukan aktivitas sehari-hari akan sering merasakan sesak napas. Tentu perlu diwaspadai.

7. Merasakan Mual
Pada penderita anemia ada gejala dimana penderita merasakan mual jika penderita anemia bangun tidur atau gejala ini disebut juga dengan morning sickness.

8. Kekebalan tubuh yang menurun
Gejala anemia lainnya adalah menurunnya kekebalan tubuh yang diakibatkan oleh kurangnya asupan energi. Penderita biasanya akan mudah sakit dan juga merasakan lelah yang diakibatkan menurunnya kekebalan pada tubuh.

9. Rambut Rontok
Gejala selanjutnya pada penderita anemia adalah mengalami penipisan rambut atau terjadinya keronrokan pada bagian rambut. Hal ini dikarenakan kulit kepala mengalami kekurangan pasokan makanan untuk kulit kepala sehingga akan terjadi penipisan rambut.

10. Pucat.
Ciri anemia lainnya yang biasanya terlihat pada penderita adalah wajah menjadi nampak pucat dan terlihat kekuningan. Untuk itu perlu adanya penanganan dini pada penderita anemia, dengan mengenali gejala anemia atau ciri penyakit anemia maka kita bisa lebih tahu dan lebih dini untuk mengetahui keadaan kesehatan pada tubuh yang terkena anemia atau kekurangan darah.

Gejala anemia pada umumnya ditandai dengan munculnya beberapa gejala yang telah disebutkan diatas, seperti rasa malas, mudah lelah, berkunang-kunang, lesu, dan pucat. Namun, meskipun gejala tersebut tidak muncul bukan tidak mungkin seseorang mengalami anemia. Sehingga untuk memastikan terkena anemia atau tidak, maka diperlukan pemeriksaan kadar HB.

Orang yang tidak sadar mengalami anemia juga bisa disebabkan karena terkena ganggguan kesehatan yang mungkin gejalanya hampir sama dengan anemia yaitu darah rendah.

Berbeda halnya dengan anemia, dimana tubuh kekurangan kadar HB, darah rendah yaitu kondisi kerja jantung yang kurang kuat memompa darah yang menjadikan sirkulasi darah menjadi terganggu. Seseorang dikatakan mengalami darah rendah jika tekanan darahnya kurang dari 120/80.

Baik anemia ataupun darah rendah, tidak bleh disepelekan karena mengganggu kondisi tubuh, Pada ibu hamil, anemia meningkatkan resiko terjadinya pendarahan ketika persalinan selain itu pada anak, anemia bisa mengganggu perkembangan kecerdasan anak. Maka dari itu, Anda harus tetap waspada dan tetap berusaha mengontrol kesehatan dengan baik.

Baca juga :  Gejala DBD

Jika Anda, sahabat atau keluarga anda mengalami gejala-gejala anemia seperti diatas langsung saja konsultasikan kepada dokter ahlinya untuk diperiksa dan untuk memastikan apakah hanya gejala penyakit biasa atau merupakan gejala penyakit anemia. Terimakasih, semoga bermanfaat tetap jaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan sehat dan juga olahraga yang teratur.


Lihat Juga :
Updated :