Ciri-ciri Dan Gejala Penyakit Kanker Usus Besar

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Ciri-ciri Dan Gejala Penyakit Kanker Usus Besar, Seperti yang telah diketahui bahwa bagian pada anggota tubuh bisa beresiko terkena kanker, dan tak terkecuali dengan organ pencernaan yang ada didalam tubuh. Salahsatu diantaranya adalah organ pencernaan usus besar. Organ ini beresiko terkena kanker, selain itu gejala yang timbul juga umumnya tidak nampak seperti jenis kanker lainnya misal kanker kulit atau jenis kanker lainnya yang bisa teramati dengan kasat mata.

Kanker usus besar (colon cancer) merupakan jenis kanker yang cukup berbeda karena letaknya yang berada dalam tubuh. Namun, beberapa ciri-ciri dan gejala kanker usus besar masih bisa untuk di identifikasi. Jika kanker bisa diamati lebih cepat maka terapi pengobatan akan bisa dilakukan lebih cepat sehingga akan lebih mudah ketika dilakukan pengobatan.

gejala penyakit kanker usus besar

Gambar Ilustrasi

Saat ini banyak orang yang belum mengetahui bagaimana gejala yang biasanya timbul pada tubuh jika terkena kanker usus besar. Hal ini menjadikan banyak pasien yang berobat ketika kondisinya sudah terlanjur parah bahkan kanker usus besarnya sudah berada pada stadium akhir.

Gejala Penyakit Kanker Usus Besar

Maka dari itu pengetahuan tentang ciri-ciri dan gejala yang ditimbulkan sebisa mungkin harus dikenali dengan baik, dibawah ini seperti yang dilansir dari mediskus merupakan beberapa gejala kanker usus besar yang biasanya terlihat dan terasa :

1.) Merasa Perut selalu penuh
2.) Ketika buang air besar berdarah
3.) Perasaan yang kurang nyaman pada bagian perut, diantaranya kram perut, kembung bahkan sakit
4.) Terjadinya perubahan kebiasaan ketika buang air besar atau BAB, diantaranya mengalami diare atau sembelit dan juga terjadi perubahan konsistensi pada tinja.

Diatas merupakan beberapa gejala yang timbul, biasanya gejala dari jenis kanker lainnya juga timbul diantaranya tubuh terasa lemah dan mudah lelah selain itu terjadi pula penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.

Namun gejala pada point-ponit diatas akan lebih dominan karena kanker terjadi pada organ usus besar yang berada didalam perut.

Meskipun begitu, masih banyak orang yang merasakan keadaan normal dan tidak menimbulkan gejala-gejala tertentu. Sehingga ketika gejala kanker ini timbul maka stadium kanker akan berbeda, hal ini disebabkan karena faktor ukuran dan juga lokasi dari kanker itu sendiri.

Apabila Gejala Tertentu, Perlukah Dilakukan Pemeriksaan ke Dokter?

Apabila pada tubuh seseorang merasakan gejala-gejala dari kanker usus besar, dan terutama ketika BAB mengeluarkan darah serta mengalami gangguan pencernaan dengan frekuensi yang terus menerus, maka sangat dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter. Lakukan konsultasi dan pemeriksaan sehingga penyakit bisa didiagnosa dengan baik oleh dokter.

Selain itu, faktor dibawah ini akan semakin memperbesar resiko terkena kanker usus besar, diantaranya :

1.) Usia Lanjut
Penyakit kanker usus besar akan lebih beresiko terkena pada usia lanjut, terutama diatas usia 50 tahun. Meskipun begitu, kanker jenis ini juga bisa terkena pada orang yang masih berusia muda, namun kasus yang ditemui pada usia muda masih jarang.

2.) Memiliki riwayat kanker kolokrektal atau polip
Apabila seseorang pernah mengalami polip pada organ usus atau kanker usus besar maka resiko terkena kanker dimasa mendatang akan menjadi lebih besar.

3.) Riwayat keluarga
Faktor resiko juga akan meningkat apabila orangtua atau saudara memiliki riwayat sebagai penderita penyakit kanker usus besar.

4.) Peradangan pada usus
Resiko kanker juga bisa bisa meningkat apabila mengalami peradangan kronis yang terjadi pada organ usus besar, diantaranya kolitis ulserativa dan penyakit Chorn.

5.) Pola makan
Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang rendah serat dan tinggi akan lemak juga memperbesar resiko terkena kanker jenis ini.

6.) Kurang olahraga
Kebiasaan kurang gerak atau kurang olahraga juga semakin memperbesar resiko dari penyakit kanker ini. Maka dari itu penting untuk selalu berolahraga dengan rutin.

7.) Diabetes
Orang yang mengalami penyakit diabetes juga beresiko mengalami komplikasi dengan kanker jenis ini.

8.) Obesitas
Kelebihan berat badan benar-benar harus dihindari selain beresiko terkena kolon kanker, obesitas juga bisa menjadi pemicu datangnya berbagai penyakit lain.

9.) Kebiasaan Merokok
Hindari kebisaaan merokok karena, orang yang sering merokok bisa beresiko tingggi terkena kanker usus besar.

10.) Alkohol
Hindari mengkonsumsi alkohol.

Dengan adanya informasi diatas, semoga bisa memberikan pengetahuan baru kepada para pembaca semua dalam mengenali ciri-ciri dan gejala kanker usus besar yang ditimbulkan serta faktor resikonya.

Baca juga : Ciri-Ciri Gejala Kanker Otak

Mengenali gejala yang ditimbulkan tubuh merupakan sebuah kewajiban agar ketika tubuh mengalami masalah bisa cepat untuk diatasi. Mulailah membiasakan diri untuk melakukan gaya hidup sehat, seperti menjaga pola makan dan berolahraga. Jaga selalu kesehatan Anda dan Salam Sehat!


Lihat Juga :
Updated :