Cara Tepat Mencuci Buah-buahan dan Sayuran

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Tepat Mencuci Buah dan Sayuran, Seperti yang telah diketahui bahwa kandungan gizi yang terdapat pada buah dan sayuran cukup tinggi, maka dari itu untuk mendapatkan gizi yang maksimal sebaiknya perhatikan cara mencuci buah-buahan dan sayuran secara tepat.

Membersihkan buah-buahan dan sayuran dengan benar merupakan hal yang sangat penting dilakukan, karena Kita tidak tahu apakah buah dan sayuran yang akan kita konsumsi sudah bersih dari kuman atau residu jenis lainnya atau belum. Meskipun misal telah mencuci buah dan sayuran sebelum dimasukan kedalam kulkas, bisa saja di dalam kulkas tersebut menjadi sarana penyebaran kuman. Karena bakteri dan juga kuman bisa berasal dari berbagai tempat yang mungkin tanpa kita sadari telah menjadi media penyebarannya.

Cara Membersihkan Buah-buahan dan Sayuran dengan Benar

Gambar Ilustrasi Buah-buahan dan Sayuran

Ada yang menyarankan mencuci buah dan sayuran bisa dilakukan dibawah air yang mengalir. Namun, ternyata untuk memastikan buah dan sayur benar-benar bersih dari kuman, debu dan mungkin pestisida yang masih menempel pada kulit buah atau sayuran tidak cukup hanya dengan cara itu saja. Masih ada beberapa cara lainnya agar buah dan sayuran yang akan dikonsumsi bisa benar-benar bebas dari berbagai kotoran yang menempel.

Cara Mencuci Buah dan Sayuran dengan Benar

Dibawah ini beberapa tips cara menjaga buah-buahan dan sayuran agar terhindar dari penyebaran kuman dan kotoran lainnya. Simak uraian lengkapnya :

1. Cara Menyimpan Buah-buahan dan Sayuran
Untuk menjaga agar jamur tak tumbuh pada makanan, Anda bisa membiarkan buah dan sayuran tetap didalam plastik dibandingkan dengan menegluarkannya dan menaruhnya langsung pada kulkas. (baca juga : Berapa Lama Menyimpan Makanan di Kulkas?) Anda bisa membukakan sedikit plastiknya untuk memastikan kelembabanya bisa keluar, sehingga jamur tidak mudah tumbuh.

2. Cara Membilas Buah-buahan dan sayuran
Untuk setiap jenis buah dan sayuran yang akan dikonsumsi harus dicuci terlebih dahulu dibawah air yang mengalir antara 30 – 60 detik. Tanpa menggunakan sabun pun sebenarnya sudah cukup bersih jika dibilas dengan benar selama jangka waktu tersebut. Namun lebih baik menggunakan sabun khusus agar buah dan sayuran yang akan dikonsumsi bisa benar-benar bersih.

3. Cara Menggosok
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal agar bisa benar-benar bersih, gunakan tangan untuk menggosok bagian kulit buah agar kuman dan kotoran yang menempel pada kulitnya bisa dengan mudah dihilangkan. Namun, jangan terlalu keras juga. Untuk membersihkan kulit buah atau sayuran yang terksturnya cukup keras, Anda bisa menggunakan sikat khusus yang digunakan untuk memberishkan buah-buahan atau bisa juga menggunakan sikat gigi yang bersih.

Kenapa harus menggunakan sikat? penggunaan sikat sebenarnya ditunjukan untuk menyikat sayuran yang memiliki celah-celah kecil, misalnya saja kembang kol atau brokoli. Selain itu, untuk buah-buahan juga harus disikat dengan bersih meskipun Anda akan mengupas jenis buah tersebut. Misalnya saja buah jeruk, semangka atau melon. Hal ini karena, ketika menggunakan pisau untuk mengupas buah-buahan tersebut dan misal buah tersebut masih kotor, maka bakteri atau kotoran bisa masuk kedalam bagian buah yang asalnya dari permukaan.

4. Cara Merendam
Sebenarnya lebih banyak sayuran dan buah-buhan yang tidak memerlukan proses rendam, kecuali jenis sayuran tertentu misalnya bayam, singkong atau selada. Setelah proses rendam Anda bisa membilasnya dibawah air mengalir agar benar-benar bersih.

Baca juga : Jus untuk Menurunkan Berat Badan

Diatas merupakan beberapa cara mencuci buah dan sayuran agar lebih bersih. Hal yang mungkin dianggap biasa saja ini bisa saja berdampak kurang baik bagi kesehatan tubuh jika tidak diperhatikan. Karena makanan yang mengandung bakteri atau kotoran jenis lainnya yang masih menempel atau bahkan tidak dibersihkan bisa memicu keracunan dan mengganggu pencernaan. Maka dari itu, kita dianjurkan untuk selalu memperhatikan kebersihan makanan yang akan kita konsumsi. Sekian, semoga bermanfaat. Jaga selalu kesehatan Anda dan Salam Sehat!


Lihat Juga :
Updated :