Cara Tepat Memilih Produk Pembersih Wajah

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Memilih Produk Pembersih Wajah, Tidak peduli apa jenis kulit wajah yang Anda miliki, akan ada pembersih wajah atau facial cleanser yang harus Anda gunakan. Biasanya pembersih wajah digunakan untuk menjaga kesehatan kulit wajah, memberikan efek hidrasi, mencegah penimbunan kotoran serta minyak sekaligus mengobati berbagai macam penyakit kulit, seperti komedo dan jerawat.

Cara Memilih Pembersih Wajah yang Tepat

Pembersih wajah juga masih memiliki fungsi lainnya yang tidak kalah penting, diantaranya yang paling umum adalah sebagai penjaga warna kulit dan sebagai penghapus make up sehari-hari. Selain itu, terkadang pembersih wajah juga digunakan untuk keadaan-keadaan khusus, seperti untuk membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan untuk membuat kulit wajah lebih lentur serta lembut.

Cara Tepat Memilih Pembersih Wajah yang benar dan cocok

Gambar Ilustrasi

Ada banyak jenis pembersih wajah sesuai fungsi, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Selain itu, pembersih wajah juga dibedakan berdasarkan jenis, harga dan mereknya. Ketika Anda memilih produk pembersih wajah, Anda harus tahu dahulu fungsinya, sehingga nantinya Anda lebih mudah untuk menemukan pembersih yang spesifik dan efektif sebagai pembersih wajah Anda. Untuk itu, pada pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa tips memilih produk pembersih wajah.

Memilih pembersih wajah yang tepat untuk jenis kulit Anda tentu harus memperhatikan beberapa faktor, seperti kulit wanita berberda dengan kulit pria dan biasanya produk pembersih yang digunakan cenderung berbeda pula. Nah untuk itu Anda harus benar dalam memilij produk yang tepat untuk wajah Anda. Namun, untuk Anda yang terbiasa menggunakan bahan-bahan alami untuk pembersih wajah sepertinya tidak usah bingung karena bahan alami tentu saja lebih aman dan lebih aman, namun untuk Anda yang menggunakan produk yang beredar dipasaran tentu harus selektif dalam memilih produk pembersih wajah, agar produk yang Anda pilih cocok dan bagus untuk kulit wajah Anda. Simak beberapa tips dan cara memilihnya dibawah ini!

1.) Jenis pembersih wajah
Ada banyak jenis-jenis pembersih wajah yang harus Anda ketahui sebelum pergi berbelanja. Biasanya suatu produk dengan merek tertentu hadir dengan segudang komposisi dengan sifat yang berbeda-beda, misalnya saja anti penuaan, pelembab, exfoliating hingga sebagai penghapus make up.

Daily Cleansers (pembersih harian)
Seperti namanya, daily cleanser biasa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Pada umumnya tekstur dari pembersih harian ini hadir dengan bentuk yang lembut dan ringan saat tersentuh kulit. Fungsinya sendiri sebagai penghapus make up dan kotoran. Biasa dipakai pada pagi dan malah hari.

Skin Scrubs (scrub kulit)
Jenis yang kedua adalah skin scrubs, fungsinya untuk exfloating dan teksturnya biasa dalam bentuk butiran kecil yang mampu mengelupaskan dan mengungkap kulit baru. Dengan fungsinya tersebut, Anda dapat menggunakan pembersih wajah ini untuk menumpas sel-sel kulit mati dan bagian-bagian kulit yang kering.

Skin Masks (masker kulit)
Seperti namanya, pembersih wajah yang satu ini hadir untuk digunakan sebagai sebuah masker. Anda dapat menerapkannya pada bagian wajah, lalu tunggu hingga mengering, lalu bilas hingga bersih. Skin masks sendiri biasanya digunakan untuk mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori.

Specialised Cleansers (pembersih khusus)
Beberapa jenis pembersih memiliki kemampuan khusus yang sesuai dngan kebutuhan. Misalnya saja khusus sebagai pembersih, perawatan, memperbaiki tekstur kulit, menghilangkan noda, komedo ataupun kerutan.

Anti-Aging
Sama seperti namanya, pembersih wajah anti-aging digunakan untuk wanita di atas 30 tahun, yang mana diperuntukan untuk mencegah timbulnya garis-garis halus dan proses penuaan dini lainnya.

Toner
Jenis pembersih wajah selanjutnya yang harus Anda ketahui sebelum memilih dan membeli adalah toner. Facial cleanser ini berguna untuk menghilangkan kotoran dan make up di wajah. Selain itu, toner juga bersifat menyegarkan, sehingga biasanya memiliki suhu yang dingin ketika tersentuh kulit. Selain itu, toner juga kadang digunakan untuk jenis kulit tertentu, seperti kulit berminyak dan kering.

2.) Harga
Harga sangat menentukan apakah suatu produk pembersih wajah tersebut berkualitas atau tidak. Namun begitu, Anda tidak boleh terkecoh pula dengan harga yang mahal. Terkadang harga mahal belum tentu berkualitas. Oleh sebab itu, belilah produk pebersih wajah dari toko yang memang sudah terkenal atau sudah dipercaya dan digunakan oleh banyak orang.

3.) Merek
Sama seperti harga, merek juga mengambil andil yang penting untuk mengetahui apakah produk tersebut layak dibeli atau tidak. Anda bisa melihat review dari para konsumen tentang merek tersebut, apakah cukup baik atau buruk. Namun begitu, perlu diingat bahwa merek yang sudah terkenal terkadang memiliki sifat atau hasil yang tidak terlalu mencolok. Mereka lebih mementingkan masalah keamanan pemakai dibandingkan hasil yang instan. Oleh sebab itu, curigailah merek-merek yang memberikan slogan-slogan yang berlebihan atau terkesan instan.

4.) Sertifikasi
Tips memilih produk pembersih wajah yang terakhir adalah dengan mencari tahu apakah produk tersebut tersertifikasi di Badan POM atau tidak. Jika ada, maka kemungkinan besar produk tersebut baik untuk digunakan. Jika tidak ada sertifikasi, maka sudah sepantasnya patut dihindari, karena bisa saja ada campuran bahan-bahan berbahaya maupun najis, misalnya minyak babi di dalamnya.

Pembersih wajah adalah salah satu barang yang dibutuhkan oleh hampir setiap orang, baik pria maupun wanita. Memilih dengan tepat adalah sebuah keharusan jika Anda tidak ingin mendapati wajah nantinya bermasalah. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk memperhatikan dan mempelajari beberapa tips dan cara memilih pembersih wajah secara tepat seperti yang telah diuraikan di atas.

Selain itu, dalam memilih pembersih wajah Anda tentu harus melakukan uji coba terlebih dahulu terhdap bagian kulit lain pada tubuh Anda, jika reaksinya aman dan tidak ada masalah maka Anda bisa menggunakannya pada wajah Anda. Namun, jika setelah digunakan pada wajah seandainya ada masalah seperti timbulnya jerawat bahkan masalah wajah lainnya, segera hentikan penggunaan pembersih wajah tersebut karena hal tersebut menjadi tanda bahwa pembersih wajah tersebut tidak cocok untuk kulit wajah Anda.

Baca juga : Cara Memutihkan Wajah Secara Alami

Selamat memilih produk pembersih yang sesuai untuk kulit wajah Anda, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan kulit wajah dan seluruh bagian tubuh Anda dengan memperluas wawasan dengan membaca berbagai informasi seputar kesehatan badan termasuk kesehatan kulit di situs Harian Sehat. Salam …


Lihat Juga :
Updated :