9 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Tulang Sendi

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – 9 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Sendi, Seperti yang diketahui bahwa manusia memiliki banyak tulang yang saling terhubung. Setidaknya tubuh manusia memiliki sekitar 206 tulang yang terhubung satu dengan yang lainnya dengan sendi. Adanya sendi ini berfungsi untuk membuat tulang bisa bergerak secara bebas. Maka dari itu, sendi memiliki peran yang sangat penting pada bagian tubuh manusia dan sangat penting untuk dijaga agar tetap berfungsi dengan baik.

Cara Menjaga Kesehatan Tulang Sendi

Meskipun begitu, seringkali banyak orang tanpa disadari telah menurunkan fungsi sendi ini. Seperti aktivitas berat yang menuntut tubuh untuk menahan beban yang cukup berat, seperti membawa beban, mengangkat barang atau posisi yang salah ketika duduk. Sehingga mulai sekarang Anda harus lebih berhati-hati dalam melakukan berbagai aktivitas.

Cara Menjaga Kesehatan Tulang Sendi

Gambar Ilustrasi Tulang Sendi

Dibawah ini hariansehat akan mengulas tentang cara menjaga kesehatan sendi-sendi Anda. Simak uraiannya dibawah ini :

1. Hindari Duduk Terlalu Lama
Bagi para pegawai kantor, duduk menjadi hal yang sering dilakukan, apalagi ketika bekerja menghadapi monitor komputer. Padahal duduk dalam waktu yang lama bisa menimbulkan beberapa gangguan yang menyerang bagian-bagian tubuh tertentu, terutama bagian sendi. Maka dari itu, sebaiknya hindari duduk terlalu lama. Anda harus selingi dengan berdiri atau berjalan pendek agar sendi menjadi lemak dan tidak kaku.

2. Nyamankan Posisi Duduk
Selain dengan sesekali berdiri atau berjalan pendek, sebaiknya posisi duduk juga harus diperhatikan. Sebisa mungkin untuk membuat tubuh dalam keadaan posisi yang tepat dan nyaman. Hal ini sangat penting, untuk mencegah nyeri sendi yang kapan saja bisa datang.

3. Rilekskan Tubuh
Sebisa mungkin untuk menjaga tubuh tetap santai dan hindari stres dan ketegangan. Pada saat tubuh tegang, maka bagian-bagian tubuh tertentu akan menimbulkan tekanan yang cukup tinggi pada sendi dan apabila hal ini terjadi terus-menerus bisa berakibat buruk bagi kesehatan sendi. Maka dari itu, jaga tubuh tetap rileks dan hindari keadaan tubuh yang tegang karena bisa mempengaruhi kesehatan sendi Anda.

4. Luangkan Waktu untuk Istirahat
Ketika bekerja tentu saja ada waktu luang yang telah disedikan untuk berisitirahat. Manfaatkan waktu istirahat tersebut untuk mengistirahatkan tubuh dan rilekskan tubuh Anda sehingga ketika Anda bekerja kembali menjadi lebih maksimal. Ketika tubuh berisitirahat dengan tenang, maka bagian sendi juga menjai lebih rileks.

Lainnya :

5. Makanan yang Tepat
Makanan juga merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan sendi Anda. Karena itu, pilihlah makanan yang memiliki nutrisi yang tepat sehingga baik bagi tubuh termasuk baik juga bagi kesehatan tulang dan bagian sendi Anda. Untuk membantu dalam proses pembentukan sel-sel sendi yang sehat bisa dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 dan vitamin C, vitamin D dan juga kalsium.

6. Olahraga secara Teratur
Olahraga secara teratur merupakan hal yang wajib dilakukan untuk menjaga kesehatan sendi Anda. Minimal Anda harus meluangkan waktu untuk berjalan-jalan sebentar pada pagi hari. Selain masih segar, udara pagi juga bermanfaat untuk kesehatan tulang, apalagi jika mendapatkan sinar matahari pada pagi hari. Sinar matahari bisa merangsang tubuh untuk memproduksi vitamin D. Selain berjalan-jalan, olahraga lain yang dapat menguatkan tulang yakni aerobik misalnya beresepeda atau berenang.

7. Jaga Berat Badan
Untuk menjaga kesehatan sendi, menjaga berat badan merupakan salahsatu hal yang harus diperhatikan. Berat badan akan memberikan beban pada persendian, misal pada sendi lutut, pinggul dan punggung. Hal tersebutlah yang menjadikan masalah sendi pada orang yang memiliki berat badan berlebih. Jika Anda memiliki berat badan berlebih sebaiknya segera turunkan berat badan Anda sehingga tekanan sendi akan menjadi lebih berkurang.

8. Membentuk Otot
Memiliki otot yang kuat bisa membantu fungsi sendi dengan baik. Untuk membentuk otot, diperlukan latihan beban. Namun, Anda harus berhati-hati memilih latihan beban untuk tubuh Anda. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan saran terbaik.

9. Batasi Latihan
Meskipun Olahraga baik bagi kesehatan tubuh. Tetapi sebaiknya Anda hindari beberapa olahraga yang bisa jadi terlalu berat bagi persendian Anda. Maka dari itu pilihlah olahraga yang tidak membuat sendi Anda bermasalah.

Baca juga : Gejala Asam Urat

Diatas merupakan beberapa cara menjaga kesehatan sendi. Sampai saat ini belum ada obat atau tindakan yang bisa betul-betul menyembuhkan radang pada bagian sendi lutut. Pengobatan yang ada sampai saat ini hanya dilakukan untuk mengurangi dari adanya rasa sakit, mengembalikan fungsi sendi dan mencegah dikemudian hari dari adanya resiko penyakit degeneratif pada bagian sendi atau osteoartritis.

Maka dari itu, mulai saat ini jagalah kesehatan persendian tubuh Anda agar tetap sehat dan kuat hingga usia lanjut. Menjaga kesehatan sendi tentu saja harus disertai mind set bahwa jika ingin memiliki badan yang sehat maka harus senantiasa menjalankan pola hidup yang sehat. Dimulai dari berfikir secara sehat, berprilaku sehat dan rajin mencari informasi yang tepat. Sekian, Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan tubuh Anda dan Salam Sehat!

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :