Cara Mengobati Sakit Perut secara Efektif dan Alami

ADVERTISEMENT

HarianSehat.ComCara Mengobati Sakit Perut secara Efektif dan Alami, Sakit perut merupakan istilah umum untuk menyebutkan nyeri yang muncul pada bagian perut. Itu berarti, tidak mudah bagi orang awam untuk memilih obat terbaik kecuali benar-benar mengetahui penyebabnya.

Cara Mengatasi Sakit Perut Secara Alami

Sakit perut sendiri bisa disebabkan oleh gangguan pencernaan dan sindrom iritasi usus besar, semisal gastritis, maag dan sakit GERD. Meski begitu, ada obat-obatan yang bisa Anda gunakan dengan baik dan cepat, serta tidak sulit dan alami. Beberapa di antaranya bisa Anda ketahui pada daftar cara cepat mengobati sakit perut secara alami di bawah ini.

Cara Mengobati Sakit Perut Secara Alami

1. Kompres panas
Kompres panas bisa membantu dalam melonggarkan dan mengendurkan otot. Ini bisa membantu Anda dalam mengatasi kram pada perut. Kompres juga bisa membantu menghilangkan rasa nyeri dan tidak nyaman akibat sakit perut.

Cara penggunaan: Pertama Anda bisa mencari tempat yang nyaman untuk berbaring. Setelah itu, siapkan handuk untuk kompres. Anda juga bisa menggunakan botol air panas. Tempatkan kompres pada perut atau bagian tubuh nyeri lainnya. Diamkan selama 15 menit, lalu ganti agar tetap hangat seperlunya.

2. Air lemon hangat
Bila sakit perut disebabkan oleh gangguan sistem pencernaan, maka cobalah menggunakan air lemon. Tingkat keasaman yang tinggi dari air lemon dapat membantu merangsang produksi asam klorida, yang dengannya dapat memecah makanan. Dengan peningkatan produksi HCL, pencernaan juga akan bekerja jauh lebih sehat. Air lemon juga bisa membantu menghidrasi tubuh.

Cara penggunaan: Pertama siapkan terlebih dahulu air hangat. Setelah itu, buat jus lemon segar dengan air tersebut. Konsumsi selagi hangat dengan jumlah sesuai kebutuhan. Sifat hangatnya nanti juga akan membantu menghilangkan rasa nyeri.

3. Teh jahe
Banyak penelitian yang menghubungkan jahe dengan pengobatan berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Menurut berbagai studi, jahe dipercaya memiliki senyawa unik bernama gingerol dan shogaols. Kedua bahan kimia tersebut dipercaya dapat mengendurkan otot polos, lapisan otot yang ada pada jalur usus. Dengannya kram pada perut dan sakit perut yang umum lainnya dapat teratasi.

Jahe juga dipercaya dapat menghilangkan rasa mual yang biasanya menjadi salah satu gejala dari sakit perut. Bahkan, dengan menghirup teh jahe, ketidaknyamanan akibat sakit perut dapat teratasi.

Cara penggunaan: Cuci dahulu jahenya dan kupas bersih. Setelah itu, parut ataupun cincang halus. Campurkan jahe tersebut dengan 1 sampai 2 cangkir air tawar mendidih. Rebus selama 3 menit atau lebih dan saring. Tambahkan sedikit madu bila perlu. Selanjutnya Anda bisa mengonsumsinya setiap hari. Baca juga : Manfaat Jahe

4. Teh chamomile
Chamomile memiliki sifat anti-inflamasi. Hal ini mengartikan bahwa chamomile dapat membantu mengatasi sakit perut akibat peradangan oleh gastritis. Juga teh chamomile dapat membantu melawan bakteri penyebab sakit perut. Teh chamomile juga dapat merelaksasi otot polos, terutama pada bagian saluran pencernaan atas. Ketika otot melemas, maka kontraksi yang mendorong makanan akan lebih ringan, sehingga rasa nyeri, kram, dan kejang berkurang.

Cara penggunaan: Anda bisa menyeduh teh chamomile dengan air mendidih di dalam cangkir. Bila Anda membeli chamomile krring, Anda bisa menggunakan sekitar 1-2 sdt saja. Diamkan agar teh dan air menyatu serta mendingin selama 15 menit. Baru setelah itu konsumsi secara perlahan.

5. Biji adas
Biji adas merupakan sumber terciptanya minyak atsiri. Biji ini dipercaya bisa menyembuhkan banyak masalah kesehatan, termasuk dalam persoalan pencernaan. Gangguan pencernaan yang mengakibatkan sakit perut bisa ditanggulangi dengan cara mengunyah biji adas, dikarenakan kandungan anethole-nya. Selain itu, minyak atsiri juga dipercaya bisa merangsang sekresi cairan pencernaan. Dengannya juga bisa menyembuhkan peradangan. Bagi Anda yang sakit perut akibat gastritis ataupun radang lambung juga bisa disembuhkan dengan obat herbal ini.

Lainnya :

Cara penggunaan: Anda bisa memakan secara langsung 1/2 sampai 1 sdt biji adas. Bila Anda sedang hamil, hindari penggunaan biji adas ini.

6. Teh peppermint
Cara cepat mengobati sakit perut secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan teh peppermint. Nantinya peppermint dapat membantu mengendurkan otot-otot perut. Obat herbal juga dapat membantu meningkatkan alirn empedu, sehingga sistem pencernaan dapat bekerja dengan lebih baik. Teh peppermint cocok digunakan untuk masalah sakit perut akibat gangguan pencernaan ataupun kembung.

Cara penggunaan: Campurkan 1-2 sdt teh peppermint kering dengan secangkir air mendidih. Diamkan selama 5 sampai 10 menit sembari diaduk. Konsumsi selagi hangat. Anda juga bisa menggunakan daun peppermint segar, namun dengan langsung dikunyah.

7. Jeruk nipis
Sama seperti lemon, Anda juga bisa menyembuhkan sakit perut dengan cepat dan alami menggunakan jeruk nipis. Agar lebih berkhasiat, Anda bisa mencampurkannya dengan soda. Mungkin terlihat aneh. Namun, seperti kita kenal bersama, soda dapat membantu mendorong kita untuk bersendawa. Dengannya tekanan pada perut dan kembung dapat ditanggulangi. Ramuan ini juga dapat membantu melawan penyakit dispepsia dan sembelit.

Cara penggunaan: Siapkan dahulu 8 ons soda dingin dan jeruk nipis segar. Setelah itu, campurkan kedua bahan tersebut bersama dengan air secukupnya. Aduk hingga merata, lalu minum secara perlahan. Baca juga : Manfaat Jeruk Nipis

8. Air beras
Air beras merupakan air sisa memasak beras, tentunya dengan air matang. Air beras ini dipercaya dapat membantu meredakan rasa nyeri. Zat di dalamnya juga dipercaya dapat mengurangi peradangan, dengan cara membuat penghalang pada membran atau lapisan, termasuk yang ada pada perut.

Cara penggunaan: Anda bisa memasak nasi dengan jumlah air dua kali dari jumlah biasanya. Untuk jenisnya bisa menggunakan nasi putih. Setelah nasi mulai lembut, air lebihnya bisa Anda pisahkan. Diamkan dahulu air sekitar tiga menit sembari ditutup di dalam panci. Tiriskan dan minum selagi hangat. Anda bisa menambahkan madu untuk menambah lezat dan manfaatnya.

9. Cuka sari apel
Cuka sari apel bukan hanya bisa digunakan untuk manambah rasa pada masakan, juga dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit perut. Sifat asam pada cuka apel dapat mengurangi kemungkinan pati dicerna, sehingga pati dapat mengalir ke usus dan menjaga usus tetap sehat dari serangan bakteri.

Cara penggunaan: Konsumsi cuka sari apel 1 sendok setiap hari sebagai cara menyembuhkan sakit perut dengan cepat. Bisa juga digunakan sebagai tindakan preventif atau pencegahan. Agar rasanya lebih lezat dan berkhasiat, Anda bisa mencampurnya dengan air dan 1 sdt madu. Konsumsi secara perlahan.

10. Lidah buaya
Jus lidah buaya dipercaya bisa membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit berkenaan dengan pencernaan, seperti kembung, buang gas, kram, sembelit, dan diare.

Cara penggunaan: Anda bisa mengolah bagian daging dari lidah buaya dengan cara dijus. Tambahan bahan lainnya, semisal madu agar rasanya tidak terlalu hambar.

Baca juga : Gejala Penyakit Maag & Cara Menjaga Kesehatan Lambung

Seperti disebutkan sebelumnya, sakit perut merupakan istilah umum untuk menyebutkan berbagai macam penyakit berkenaan dengan pencernaan yang membuat bagian-bagian perut mengalami rasa sakit atau nyeri. Oleh sebab itu, bila cara cepat mengobati sakit perut secara alami di atas belum manjur, hendaknya menghubungi dokter. Karena bisa jadi sakit tersebut disebabkan oleh masalah yang lebih serius. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dengan cara berolahraga dan mengkonsumsi makanan-makanan sehat setiap harinya. Jaga selalu kesehatan Anda dan Salam Sehat!

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :