Cara Mengobati Bisul secara Mudah dan Alami

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Mengobati Bisul secara Mudah, Cepat dan Alami, Bisul merupakan sebuah penyakit yang menyerang organ kulit. Ketika kulit terjangkit penyakit ini, maka akan muncul benjolan merah kecil, keras, dan juga terasa nyeri. Bila tidak diobati maka benjolan ini akan semakin besar, halus, dan bernanah.

Cara Mengobati Bisul secara Cepat dan Alami

Gambar Ilustrasi Campuran Minyak Kelapa untuk menyembuhkan bisul

Bisul bernanah sendiri diakibatkan oleh infeksi kulit, tepatnya di bagian folikel rambut. Infeksi tersebut umumnya disebabkan oleh bakteri bernama Staphylococcus aureus. Penyakit ini bisa menyerang bagian punggung, leher, wajah, bahu, bokong, hingga ketiak. Bisul juga bisa muncul pada kelopak mata.

Cara Mengobati Bisul secara Cepat dan Alami

1. Minyak pohon teh
Minyak dari ekstrak pohon teh merupakan salah satu bahan herbal yang secara tradisional dipercaya bisa mengatasi bisul. Hal ini karena minyak pohon teh memilik sifat antijamur, antimikroba, dan antibiotik, sehingga berbagai macam penyakit kulit, termasuk kurap, psoriasis, dan bisul bisa dengan baik disembuhkan.

Cara penggunaan: Pertama Anda harus mencuci bagian kulit yang mengalami bisul dengan air hangat. Setelah itu, teteskan minyak pohon teh sembari digosok perlahan di area bisul dan sekitarnya. Bila Anda merasa minyak pohon teh murni terlalu panas atau perih, Anda bisa mencampurkannya dahulu dengan air. Jika sudah, tutupi luka dengan perban elastis. Ulangi sebanyak 2-3 kali sehari. Jangan lupa untuk mencuci tangan setelahnya.

2. Minyak habbatussauda
Selain minyak pohon teh, Anda juga bisa coba menyembuhkan bisul dengan minyak habbatussauda. Habbatussauda atau jinten hitam memang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Ekstrak dari minyak ini didapat dari biji Nigella Sativa yang terkenal di jazirah Arab dan Asia Selatan. Habbatussauda sendiri memiliki sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan. Dengannya infeksi dapat dilawan dan sistem kekebalan tubuh menguat.

Cara penggunaan: Anda bisa mencampurkan habbatussauda sebanyak 1/2 sdt dengan air panas ataupun dingin. Bisa juga dicampurkan dengan teh herbal ataupun jus. Konsumsi sebanyak dua kali dalam sehari hingga bisul sembuh dan menghilang.

3. Bawang putih
Cara mengobati bisul secara cepat dan alami selanjutnya adalah dengan menggunakan bawang putih. Kandungan senyawa bernama allicin, alliin, dan ajoene pada bawang putih dipercaya memiliki banyak sifat baik, seperti antivirus, antibakteri, dan anti-inflamasi. Hal tersebut membuat bawang putih cocok untuk malawan infeksi pada kulit, termasuk juga bisul.

Cara penggunaan: Hancurkan 2-3 siung bawang putih hingga lembut bersama dengan air. Setelah itu, rebus bawang putih tersebut, lalu terapkan pada bisul. Bungkus area bermasalah dengan menggunakan kain bersih. Perhatikan agar tidak menerapkan bawang putih ketika terlalu panas. Diamkan selama 10 sampai 15 menit. Lakukan cara ini sebanyak 3-4 kali dalam sehari hingga sembuh. (Baca juga : Manfaat Bawang Putih)

4. Kompres hangat
Cara mudah nan alami untuk mengatasi bisul selanjutnya adalah dengan menggunakan kompres hangat. Dengan hawa hangat dari kompres, bisul akan melunak, hingga akhirnya pecah dengan sendirinya. Anda juga bisa menambahkan garam pada air kompresannya untuk mempercepat proses pemecahan, sekaligus membantu menarik nanah ke permukaan. Kompres hangat juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri. Anda bisa berendam juga di dalam air hangat untuk mendapatkan hasil yang sama.

Cara penggunaan: Gunakan air hangat sebanyak 3-4 liter atau sekitar 15 sampai 16 cangkir. Tambahkan 1 sdt garam bila perlu. Jangan lupa pastikan kain yang digunakan bersih dan gunakan sabun serta air hangat untuk mencucinya setiap habis digunakan. Hal ini untuk mencegah infeksi bertambah parah karena kontaminasi bakteri.

Lainnya :

5. Minyak jarak
Minyak jarak merupakan ekstrak dari biji tanaman jarak. Pengobatan khas India banyak menggunakan minyak ini sebagai obat untuk berbagai macam penyakit, termasuk juga penyakit kulit. Minyak jarak memiliki kandungan asam yang bersifat anti-inflamasi. Dengannya minyak jarak dapat membantu meredam rasa nyeri dari bisul. Minyak jarak juga mengandung senyawa yang bersifat anti virus, antibakteri, dan antijamur.

Cara penggunaan: Pertama-tama gunakan beberapa tetes minyak jarak ke atas bola kapas. Setelah itu, tempatkan kapas tersebut ke bagian bisul. Diamkan dan sangga menggunakan kain kasa ataupun perban.

6. Kunyit
Selain dijadikan rempah-rempah dapur, kunyit juga ternyata dapat dijadikan obat bagi bisul. Bahkan, senyawa curcumin pada kunyit dipercaya sejak lama oleh masyarakat Cina dan India dalam mengobati berbagai macam penyakit kulit. Curcumin sendiri diteliti memiliki sifat anti-inflamasi, yang dengannya dapat dengan cepat menyembuhkan bisul.

Cara penggunaan: Anda bisa menerapkan kunyit secara topikal atau dengan dioles. Untuk membuat ramuannya hanya dengan mencampurkan bubuk kunyit dengan air. Gunakan sebanyak tiga kali dalam sehari. Anda juga bisa menggunakan ramuan ini setelah mandi untuk mencegah bisul datang kembali. Diamkan beberapa menit, lalu cuci menggunakan sabun dan air. (Baca juga : Manfaat Kunyit)

7. Margosa
Margosa dalam bahasa latin disebut Azadirachta indica. Ini meruupakan sebuah tanaman yang masuk ke dalam salah satu jenis bahan herbal India yang populer. Menurut penelitian, margosa memiliki banyak sekali properti baik, mulai dari anti-inflamasi, antiulcer, antimutagenik, antijamur, antibakteri, hingga anti kanker dan imunomodulator. Itu mengapa, selain dapat menyembuhkan kulit dari bisul, margosa juga dapat mengobati sakit gigi, demam, peradangan, dan berbagai macam infeksi.

Cara penggunaan: Anda bisa melembutkan daun margosa dengan 1 atau 2 gelas air, lalu rebus hingga tersisa setengah bagian dari airnya. Diamkan dahulu agar tidak terlalu panas, baru setelah itu cuci bisul dengan ramuan ini. Lakukan sebanyak 3 sampai 4 kali dalam sehari.

8. Kentang
Kentang memiliki banyak nutrisi baik, seperti vitamin B-kompleks, vitamin C, kalsium, zat besi, mangan, fosfor, hingga magnesium. Kentang juga mengandung flavonoid, tanin, dan alkaloid yang dipercaya baik untuk kulit secara keseluruhan. Sifat alkali pada kentang juga menjadikan sayuran ini memiliki kandungan antiseptik, yang cocok untuk mengobati bisul.

Cara penggunaan: Pertama-tama potong tipis kentang. Setelah itu terapkan potongan kentang tersebut ke area bisul. Ganti kentang agar terus segar. Anda juga bisa memarut terlebih dahulu kentangnya atau membuatnya menjadi jus. Lakukan setidaknya 4 sampai 5 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil terbaik.

9. Garam epsom
Garam epsom dalam rumusan zat kimia disebut dengan nama Magnesium Sulfat. Garam ini dipercaya bisa menyembuhkan bisul dengan cepat. Garam epsom bisa membantu menarik semua racun pada bisul, termasuk juga nanah. Garam ini juga dapat mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri akibat infeksi.

Cara penggunaan: Tuangkan 2 cangkir garam epsom ke dalam baskom berisi air hangat. Setelah itu, rendam bagian tubuh yang terkena bisul menggunakan air tersebut. Lakukan setiap hari hingga bisul hilang. Bila Anda mandi dalam bak, tuangkan garam epsom langsung ke bak tersebut.

Baca juga : Cara Mengatasi Kuku Cantengan

Bisul bisa jadi masalah yang sangat mengganggu, terlebih bila berada di area-area yang membuat kita sulit beraktivitas selain itu adanya bisul pada kulit tidak nyaman dipandang. Oleh sebab itu, semoga cara mengobati bisul secara mudah dan alami di atas dapat membantu Anda atau keluarga yang terkena penyakit ini. Dengan menerapkan salah satu metode di atas secara rutin, Anda mungkin tidak perlu menggunakan obat-obatan kimia lagi.

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :