Tips Cara Menghilangkan Lemak di Perut Secara Alami

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Tips Cara Menghilangkan Lemak di Perut Secara Alami, memiliki bentuk perut yang ideal atau ramping dan kencang merupakan dambaan bagi setiap orang. Namun, tidak semua orang memiliki hal tersebut. Banyak Orang juga memiliki lemak di perut sehingga perut terlihat buncit. Hal ini terjadi karena berbagai faktor, salahsatunya pola makan yang kurang terkendali dan juga kurangnya melakukan berbagai aktivitas fisik.

Cara Menghilangkan Lemak di Perut Secara Alami

Gambar Ilustrasi Lemak Perut

Terjadinya penumpukan lemak pada bagian perut sebenarnya bisa menjadi salahsatu dampak bagi kesehatan seseorang. Ini disebabkan pada bagian perut merupakan lemak visceral yang apabila lemak pada bagian perut berjumlah banyak bisa semakin meningkatkan resiko diabetes tipe 2 dan juga resiko penyakit jantung.

Cara Menghilangkan Lemak di Perut

Hal ini harus diwaspadai, oleh karena itu dibawah ini merupakan beberapa tips dan cara menghilangkan lemak di perut secara alami :

1. Konsumsi Protein
Protein merupakan salahsatu yang memiliki peran penting jika seseorang ingin menurunkan berat badan. Menurut Louis Aronne yang merupakan direktur klinik obesitas, menuturkan bahwa “Seiring dengan bertambahnya usia seseorang, Tubuh akan menghasilkan insulin lebih banyak hal ini disebabkan otot dan juga sel lemak tak lagi merespon dengan baik.

Hormon insulin ini akan membuat penyimpanan lemak dengan lebih banyak terutama pada bagian perut. Menurut detikHealth dengan pola makan tinggi protein diketahui bisa melindungi tubuh dari adanya resistensi insulin. Oleh sebab itu, seseorang sebaiknya mengurangi konsumsi karbohidrat dan mulai memperbanyak knsumsi protein namun disertai pola makan sehat.

2. Hindari Lemak Jenuh
Lemak jenuh merupakan lemak yang berbahaya bagi tubuh jika terlalu banyak dikonsumsi. Lemak jenuh juga ditemukan lebih banyak pada lemak visceral dibandingkan lemak tak jenuh. Lemak jenuh, sekarang ini banyak ditemukan dalam berbagai makanan, misalnya makanan yang digoreng, mentega dan daging merah.

3. Selalu Beraktivitas
Lamak visceral memiliki salahsatu hal yang positif, yaitu mudah dibakar dengan aktivitas fisik seperti aerobik. Jadi, Anda bisa melakukan aerobik dengan intensitas rutin, misalnya bersepeda, berenang, jogging atau berbagai jenis olahraga lainnya yang bisa meningkatkan denyut jantung tubuh Anda.

4. Tidur Cukup
Kualitas tidur juga menjadi hal yang penting dan harus diperhatikan karena masih berkaitan dengan adanya lemak di perut. Tidur yang kurang berkualitas seperti terlalu sering tidur kurang dari 5 jam setiap harinya bisa meningkatkan kadar lemak visceral. Memiliki kualitas tidur yang baik juga bisa membuat jam biologis menjadi lebih baik. Tidur cukup yang diperlukan setiap harinya sekitar 7 jam dan hal ini bisa mencegah terjadinya perut buncit. (baca juga : Manfaat Tidur Malam )

5. Konsumsi Teh Hijau
Selain dengan rutin melakukan aktivitas olahraga dan berbagai aktivitas lainnya. Anda juga bisa mengkonsumsi teh hijau. Kandungan antioksidan pada teh bisa membantu tubuh dalam membakar lemak yang ada. (baca juga : Manfaat Teh Hijau)

6. Konsumsi Yoghurt
Salahsatu produk susu yang dipercaya bisa menghilangkan lemak pada perut yaitu yoghurt. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Michael Zemel PhD dari Univeritas Tennessee, Orang yang mengkonsumsi yoghurt setiap harinya selama 12 minggu membantu menghilangkan lemak sekitar 4,5 kg lemak perut.

Penelitian Zemel sebelumnya juga menunjukan kalsium terutama yang ada produk susu dapat memperlambat terjadinya lemak pada tubuh. Sehingga disaraknkan bagi yang sedang menjalani diet untuk mengkonsumsi tiga kali produk susu rendah lemak dan bebas lemak setiap harinya.

7. Hindari Stres
Anda sebaiknya meluangkan waktu untuk bersantai atau me-rileks-kan tubuh. Stres merupakan salahsatu hal yang terbukti bisa menyebabkan horom dalam tubuh tidak seimbang, terutama yang melibatkan hormon koristol yang dikeluarkan selama tubuh stres dan bisa menimbulkan terjadinya penyimpanan lemak disekitar bagian perut. (baca juga : Cara Mengatasi Keleahan dan Stres)

8. Pilih Makanan yang Baik
Cara menghilangkan lemak di perut juga harus dibarengi dengan kebiasaan sehat. Kebiasaan sehat tersebut yakni memilih makanan yang sehat, misalnya sayuran dan buah. Kedua jenis makanan ini memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebisa mungkin untuk menghindari makanan yang manis yang mengandung gula. Namun, jangan berlebihan mengkonsumsi sayuran dan buah ini, karena akan membuat pola konsumsi makanan menjadi kurang seimbang.

9. Vitamin C
Vitamin C bisa membantu dalam menyeimbangkan hormon koristol yang biasanya muncul ketika stress datang. Selain itu, vitamin C juga berperan penting dalam memproduksi karnitin, dimana fungsi karnitin ini yaitu untuk mengubah bentuk lemak yang ada pada tubuh menjadi bahan bakar.

10. Hindari Gula
Sebisa mungkin untuk mengurangi kalori dan memperbanyak asupan proteinn, sayuran dan jenis biji-bijian. Selain itu sarapan oatmeal di waktu pagi juga bisa membuat perut kenyang lebih lama dan mencegah Anda ngemil terlalu banyak setiap harinya.

Baca juga : Cara Menghilangkan Bau Badan secara Alami

Diatas merupakan cara menghilangkan lemak di perut secara alami. Lemak di perut sejatinya tidak akan menumpuk dengan banyak jika menerapkan pola makan sehat dan gaya hidup sehat lainnya seperti berolahraga dan kebiasaan-kebiasaan sehat lainnya. Maka dari itu, mulailah untuk membiasakan diri menerapkan gaya hidup sehat sehari-harinya, dengan pola makan yang sehat dan bergizi simbang.

Semoga lemak perut Anda cepat hilang dan memiliki bentuk badan yang ideal. Jaga selalu kesehatan Anda dan Salam Sehat!


Lihat Juga :
Updated :