11 Cara Menghilangkan Komedo di Hidung, Dagu dan Wajah

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Menghilangkan Komedo di Hidung, Dagu dan Wajah – Siapapun dan berapapun usianya, semua orang dapat memiliki risiko yang cukup besar untuk terkena serangan masalah komedo pada kulit Mereka, terkhusus pada bagian hidung, dagu dan sekitar wajah lainnya. Namun menurut penelitian, komedo banyak berkembang pada masa-masa remaja atau masa menjelang dewasa. Hal ini terkait dengan masa pubertas pada rentar tersebut.

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung, Dagu dan Wajah

Komedo sendiri adalah sebuah benjolan kecil hampir seperti bintik yang warnanya kadang hitam dan terkadang kuning bahkan putih. Komedo terbentuk akibat penyumbatan pada lahan folikel rambut akibat terlalu banyaknya sel kulit mati, kotoran maupun minyak. Selain itu, komedo pun biasanya tampak gelap. Namun gelapnya bukan karena tumpukan kotoran, namun lebih kepada hasil dari oksidasi terpaan oksigen yang menyumbat pori-pori.

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung Dagu dan Wajah

Gambar Ilustrasi

Masih ada lagi faktor-faktor lainnya yang dapat menyebabkan timbulnya komedo, seperti hormonal, produk kosmetik yang salah, perawatan kulit yang kurang tepat, genetika dan stres. Apabila wajah memiliki komedo biasanya wajah akan lebih mudah terkena jerawat dan tampak kusam, maka dari itu untuk menanggulangi masalah ini, Anda dapat melakukan beberapa cara menghilangkan komedo di hidung, dagu dan wajah yang sudah dirangkum dari berbagai sumber seperti yang dibahas pada pembahasan berikut ini :

1.) Pore cleansing strips

Strip pembersih pori-pori atau biasa disebut pore cleansing strips adalah sebuah alat yang berbentuk strip. Biasanya dibuat dengan bahan katun yang lengket pada satu sisinya. Cara penggunaannya cukup mudah, Anda hanya perlu melekatkan strip tersebut ke area yang berkomedo, seperti di dagu dan hidung. Tunggu beberapa lama, lalu tarik strip tersebut hingga terlepas. Nantinya komedo, kotoran dan minyak berlebih akat terangkat bersama dengan strip tersebut. Produk ini dapat Anda cari di supermarket dengan banyak merek yang sudah terkenal.

2.) Kayu manis
Cara menghilangkan komedo di hidung, dagu dan wajah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan menerapkan ramuan kayu manis. Cinnamon atau kayu manis dipercaya sebagai bahan alami yang dapat menghilangkan komedo sekaligus mencegahnya datang kembali. Anda dapat membuat ramuan kayu manis dengan cara mencampurkan 1 sdt kayu manis dengan jus lemon. Anda juga bisa menambahkan sejumput bubuk kunyit jika perlu. Terapkan ramuan pasta tersebut ke seluruh bagian wajah atau bagian-bagian wajah tertentu yang menjadi sarang komedo. Diamkan selama lebih dari 10 menit, lalu bilas.

3.) Microdermabrasion
Anda dapat melakukan perawatan menggunakan spa yang nantinya dapat membersihkan secara khusus sel-sel kulit mati penyebab komedo. Biasanya cara ini dilakukan di salon spa dan dokter kulit. Perlu diingat bahwa microdermabrasion menggunakan peralatan berupa sikat dan dukungan dari bahan-bahan kimia.

4.) Jus lemon
Ramuan jus lemon ternyata bukan saja dapat melawan jerawat, namun juga dapat menghilangkan komedo sekaligus menghalaunya datang kembali. Kandungan vitamin serta nutrisi penting lainnya yang terdapat pada lemon diteliti memiliki andil yang baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Untuk mengolah lemon, Anda dapat mencampurkan setengah buah lemon dengan beberapa tetes madu. Lanjutkan dengan menggosokkan ramuan tersebut ke area wajah yang berkomedo, termasuk dagu dan hidung. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas. Anda dapat menerapkan cara ini sebanyak dua kali dalam seminggu. Selain itu, Anda juga dapat mengganti madu dengan bahan-bahan lainnya, seperti air mawar dan susu.

5.) Baking soda

Baking soda dipercaya dapat menjadi obat yang efektif untuk menghilangkan komedo dan jerawat. Selain itu, baking soda juga mampu membantu Anda manghilangkan puing-puing kotoran yanga terdapat pada kulit wajah, termasuk pada bagian-bagian yang sensitif, seperti dagu dan hidung.

Untuk membuat baking soda menjadi obat komedo, Anda dapat mencampurkan 2 sdt baking soda dengan air hingga menjadi pasta. Setelah itu oleshkan campuran tersebut ke area hidung, dagu dan wajah secara keseluruhan. Lakukan cara tersebut sembari memijat. Diamkan sebentar, lalu bilas dengan air hangat.

6.) Retinoid cleanser
Cara menghilangkan komedo di hidung, dagu dan wajah yang terakhir pada pembahasan kali ini adalah dengan menggunakan pembersih retinoid. Anda dapat menemukan produk yang mengandung senyawa tersebut di toko kecantikan ataupun dokter kulit. Biasanya retinoid cleanser mengandung banyak sekali vitamin A yang dapat mencegah penumpukan minyak, sekaligus meningkatkan pertumbuhan kulit.

7.) Masker Putih Telur dan Madu
Untuk menghilangkan komedo, Anda juga bisa membuat masker antikomedo dengan menggunakan campuran antara putih telur dan madu dengan jumlah takaran yang sama. Kemudian gunakan campuran tersebut dengan menggunakan kapas dibagian T , terutama pada bagian hidung. Lalu, diamkan hingga masker menjadi kering. Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat. Penggunaan masker putih telur dan madu ini bisa mengangkat komedo yang menempel pada bagian hidung, dagu dan bagian wajah secara alami.

8.) Bersihkan Muka Secara Teratur
Membersihkan muka dengan teratur merupakan cara yang sangat mudah untuk perawatan wajah. Anda bisa membersihkan wajah dua kali sehari, namun jangan terlalu sering membersihkan wajah karena jika terlalu sering kelembaban alami yang terdapat pada kulit bisa hilang.

9.) Hindari Memencet Bagian Yang Berkomedo
Sebagian besar orang yang memiliki komedo biasanya memencet bagian komedonya khususnya komedo yang terdapat pada bagian hidung. Namun jangan lakukan hal ini karena bisa membuat bagian kulit hidung bahkan kulit wajah menjadi meradang dan akhirnya bisa infeksi.

10.) Hindari Makanan Bersantan
Salahsatu penyebab munculnya komedo adalah konsumsi makanan. Makanan-makanan tertentu misalnya yang mengandung santan dan makanan berminyak bisa menjadi penyebab munculny komedo maka dari itu lebih baik dihindari. Jika pun terpaksa harus mengkonsumsinya sebaiknya tidak berlebihan.

11.) Kunjungi Dokter Kulit
Apabila sudah tak sabar ingin menghilangkan komedo yang ada, baik pada bagian dahi, hidung, dagu atau bagian wajah lain, yang bisa dijadikan pilihan yaitu pergi ke dokter kulit dan melakukan konsultasi untuk mendapatkan perawatan tertentu hingga komedo bisa hilang, baik dengan facial menggunakan obat tertentu atau menggunakan teknologi yang lebih canggih seperti laser.

Dengan beberapa cara di atas untuk menghilangkan komedo pada area-area yang rawan, seperti dagu dan hidung, serta wajah secara umumnya, Anda dapat menjaga kulit wajah tetap sehat. Namun begitu, cara-cara di atas tidak akan berhasil secara cepat dan efisien jika tidak dibarengi dengan pola hidup yang sehat.

Menghilangkan komedo secara tuntas dan permanen agar tidak kembali lagi tentu harus dilakukan dengan perawatan wajah yang rutin sehingga wajah akan tetap terjaga kebersihannya dan senantiasa sehat terhindar dari berbagai masalah wajah seperti komedo, jerawat dan masalah wajah lainnya.

Baca juga : Cara Menghilangkan Jerawat Pada Hidung

Komedo akan menjadi bandel dan susah dihilangkan apabila wajah atau kulit yang muncul komedo tidak dirawat dengan baik. Hidung dan dagu merupakan tempat yang umumnya terkena komedo, selain itu bagian wajah lainnya bahkan dada. Anda harus pintar-pintar dalam memilih cara yang efektif untuk menghilangkan komedo ini.  Gaya hidup sehat harus diterapkan, seperti melakukan olahraga secara teratur, menjaga pola makan sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat dan menjaga kebersihan kulit tubuh Anda khususnya kulit wajah Anda.


Lihat Juga :
Updated :