Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Cepat

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Cepat, Selain permasalahan rambut rontok, ketombe juga merupakan masalah yang cukup umum dialami oleh banyak orang. Ketombe mengganggu rambut dan kulit kepala bahkan ketombe disinyalir merupakan penyebab rambut kusam dan bisa memicu kerontokan rambut yang pada akhirnya membuat rambut kepala menjadi semakin menipis.

Apabila rambut mengalami penipisan, maka rambut semakin kurang menarik hingga merusak rasa percaya diri Anda. Bahkan ketombe jika tidak dapat diatasi dapat menimbulkan radang pada kulit kepala yang cukup parah.

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Cepat

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Cepat

Gambar Ilustrasi

Ketombe dalam istilah medis bernama pytiriasis sicca yang disebabkan oleh jamur yang bernama Mallasezia. Serupa dengan jamur lainnya, jamur ketombe juga dapat diatasi dengan pengobatan. Dari sekian banyak cara menghilangkan ketombe, cara alami yang menggunakan bahan-bahan tradisional dan herbal masih diminati karena kandungan nutrisi pada bahan-bahan tersebut tidak terlalu berbahaya dibandingkan produk yang menggunkan bahan-bahan kimia.

Hingga saat ini banyak orang yang mengira berbagai penyebab munculnya ketombe dari mulai cuaca, jarang mencuci rambut, rambut terkena polusi, salah dalam memilih shampo dan yang lainnya. Namun, ternyata ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab munculnya ketombe pada kulit kepala. Diantaranya :

1. Jamur
Jamur yang disebut malasezia globosa adalah salahsatu penyebab munculnya ketombe. Baik laiki-laki atau perempuan sebenarnya pada bagian kulit kepalanya terdapat jamur jenis ini. Jamur jenis ini biasanya ada pada daerah folikel atau kantung rambut dan juga bagian batang rambut. Tak hanya pada bagian kulit kepala saja namun jamur ini juga terdapat di udara sekitar. Jamur dari udara sekitar ini juga akan membuat jumlah jamur pada bagian kulit kepala menjadi bertambah.

2. Minyak rambut
Sebenarnya pada bagian rambut terdapat minyak rambut yang merupakan bahan alami dari rambut itu sendiri, dan semua orang pasti memiliki minyak alami pada rambutnya. Minyak rambut atau ada juga yang menyebutnya sebum ini memiliki fungsi untuk membuat rambut menjadi lebih bercahaya. Namun, sebum ini dapat berdampak kurang baik apabila dihasilkan dalam jumlah yang cukup banyak. Apabila minyak ini diproduksi berlebihan maka akan membuat jamur yang ada pada bagian kepala menjadi berkembang biak, dan jamur tersebut menghasilkan sisa pencernaan yang berupa asam lemak.

3. Daya tahan kulit kepala
Semua orang memiliki jamur dan juga minyak rambut pada bagian kepala, nah, lalu kenapa ada orang yang memiliki ketombe dan ada juga yang tidak? Hal ini terjadi karena setiap kulit kepala memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda terhadap adanya asam lemak yang dihasilkan oleh jamur. Sehingga kulit kepala yang terlalu sensitif terhadap asam lemak ini akan menggangu dalam metabolisme dan pertumbuhan sel kulit kepala yang baru.

Ketika pertumbuhan sel kulit kepala menjadi terhambat, maka akan menyebabkan penumpukan pada kulit kepala sehingga akhirnya muncul ketombe. Namun, apabila sudah berketombe jangan terus menggaruk bagian kulit kepa karena akan membuat kulit kepala menjadi tambah parah.

Cara Alami Menghilangkan Ketombe

Penggunaan produk pasaran tertentu bisa menyebabkan masalah pada kulit kepala. Mungkin saja sementara waktu ketombe yang menempel pada kulit kepala dapat hilang, namun biasanya akan mudah muncul kembali.

1.) Yoghurt, Minyak Almond, dan Jeruk Nipis
Cara menghilangkan ketombe selanjutnya dengan menggunakan yoghurt, minyak almond dan air perasan jeruk nipis. Yoghurt bisa bermanfaat untuk menyembuhkan ketombe, sedangkan minyak almond bisa bermanfaat untuk menghilangkan sel-sel kulit yang mati dan kering yang merupakan penyebab munculnya ketombe. Cara penggunaanya yaitu dengan menyampurkan tiga bahan alami tersebut kemudian dioleskan pada rambut Anda. Lalu diamkan selama kurang lebih 1 jam kemudian bilas hingga bersih.

2.) Minyak Kelapa dan Jeruk Nipis
Kulit kepala kering bisa dilembapkan dengan menggunakan minyak kelapa, dan air perasan dari jeruk nipis merupakan bahan alami yang digunakan untuk menghilangkan ketombe. Cara penggunaan dua bahan alami tersebut untuk menghilangkan ketombe sangat mudah, pertama Anda siapkan minyak kelapa asli kemudian Anda bisa menambahkan beberapa tetes air lemon. Setelah itu Anda bisa menggunakan ujung jari untuk mengoleskan campuran tersebut pada kulit kepala Anda. Dengan menggunakan resep minyak kelapa dan air perasan jeruk nipis ini bisa meningkatkan sirkulasi darah pada bagian kulit kepala Anda dan bisa mempercepat terjadinya pertumbuhan rambut.

3.) Bunga Kembang Sepatu
Cara menghilangkan ketombe berikutnya dengan menggunakan bunga kembang sepatu. Di Asia bunga kembang sepatu merupakan bahan minyak yang cukup terkenal. Selain dapat mengatasi masalah rambut rontok, minyak ini juga bisa dimanfaatkan untuk melawan ketombe. Cara pengolahannya yaitu dengan menambahkan beberapa tangkai bunga sepatu. Lalu Anda bisa memasukan beberapa tetes minyak kelapa. Setelah itu rebus selama beberapa menit lalu diamkan hingga suhunya dingin. Setelah dingin Anda bisa menggunakan minyak rambut ini pada bagian akar rambut di bagian kulit kepala Anda. Biarkan selama kurang lebih 3-4 jam agar mendapatkan asil yang maksimal.

4.) Minyak Pohon Teh
Minyak pohon teh dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh salahsatunya untuk kesehatan rambut Anda. Pemakainnya pun cukup mudah yakni dengan menggunakan sekitar 5 tetes minyak pohon teh kedalam shampoo yang digunakan ketika keramas. Anda bisa melakukan cara ini namun jangan terlalu sering.

5.) Minyak Wijen
Cara menghilangkan ketombe selanjutnya yaitu menggunakan minyak wijen. Minyak wijen merupakan bahan alami yang ampuh dalam mengurangi kerontokan, masalah kulit kepala kering dan masalah ketombe. Anda bisa menggunakan minyak wijen ini dengan cara menghangatkannya terlebih dahulu kemudian Anda bisa oleskan pada kulit kepala Anda. Selain itu air perasan jeruk nipis juga bisa dicampurkan dengan minyak wijen. Diamkan hingga beberapa jam setelah itu bersihkan rambut Anda hingga bersih.

6.) Bawang Putih
Bawang putih memiliki sifat anti jamur sehingga bisa menghilangkan bakteri yang memicu ketombe. Penggunaan bawang putih sangat mudah yakni dengan menggunakan beberapa siung bawang putih kemudian dihaluskan. Kemudian Anda bisa menggunakan bawang putih yang telah dihaluskan ini pada kulit kepala Anda dan diamkan untuk beberapa menit. Setelah itu keramaslah seperti biasanya. Agar aroma dari bawang ini tidak menyengat, Anda bisa menggunakan minyak zaitun atau bisa juga mencampurnya dengan madu.

7.) Lidah Buaya
Penggunaan lidah buaya untuk mengatasi berbagai masalah rambut telah dilakukan banyak orang sejak lama. Lidah buaya merupakan bahan alami yang sangat baik untuk kesehatan rambut. Lidah buaya selain berguna untuk menebalkan rambut, menghitamkan rambut, dapat melembutkan rambut juga bisa mengatasi ketombe membandel. Cara penggunaanya pun cukup mudah, yakni dengan mengambil satu daun lidah buaya kemudian cuci sampai bersih dan jangan lupa untuk mengupas kulitnya. Buang kulit dan getahnya kemudian ambil daging/gelnya saja dan haluskan dan saring. Hasil saringan ini bisa Anda gunakan untuk measker pada kulit kepala Anda agar mendapatkan hasil yang maksimal. Anda bisa menggunakannya dua hari sekali.

8.) Hindari Stress
Stress merupakan pemicu berbagai penyakit termasuk menyebabkan munculnya ketombe, maka dari itu Anda harus mencoba untuk menghindari stress agar pikiran dan tubuh Anda tetap sehat. Selain itu usahakan untuk menghindari makanan-makanan yang tidak sehat karena bisa memicu masalah pada kulit, kulit kepala Anda dan juga rambut Anda.

Diatas merupakan Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Cepat. Tentu saja cepat atau lambatnya tergantung dengan kecocokan dengan bahan alami yang Anda gunakan. Apabila cocok dengan kulit kepala Anda, ketombe dapat hilang dengan cepat. Jangan lupa untuk percaya bahwa ketombe Anda dapat diatasi dan hilang, karena efek kepercayaan sembuh sangat berpengaruh besar dalam kesembuhan seseorang ketika mengalami masalah kesehatan.

Apabila terjadi iritasi, segera hentikan penggunaan bahan alami yang Anda gunakan. Karena beberapa jenis kulit tidak cocok dengan penggunaan bahan alami tertentu.

Menjaga asupakan makanan sehat dan bergizi seimbang juga menjadi salahsatu faktor kesehatan kulit kepala dan rambut Anda, karena itu jangan abaikan pola makan dan pola hidup sehat.

Baca juga : Cara Mengatasi Rambut Rontok

Semoga artikel berjudul Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Cepat ini bisa bermanfaat untuk para pembaca situs Harian Sehat. Mari selalu jaga kesehatan tubuh dengan cara membiasakan diri melakukan gaya hidup sehat setiap harinya. Salam sehat!


Lihat Juga :
Updated :