10 Cara Menghilangkan Jerawat Batu secara Cepat & Alami

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Menghilangkan Jerawat Batu secara Cepat dan Alami, Jerawat diklasifikasikan menjadi banyak jenis. Salah satu jenisnya yang umum dan terbilang sangat sulit untuk diatasi adalah jerawat batu. Bahkan, dengan penggunaan obat-obatan kimia, jerawat batu belum tentu bisa hilang begitu saja. Terlebih bila jerawat sudah dalam keadaan yang terlalu dalam, sehingga kotoran dan minyak menumpuk jauh lebih banyak.

Cara Mengatasi Jerawat Batu secara Alami

Gambar Ilustrasi Bahan Alami Penghilang Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat Batu secara Alami

Namun begitu, bukan berarti jerawat batu tidak bisa disembuhkan. Bahkan, dengan bahan dan metode alami Anda bisa langsung mengatasinya di rumah. Agar lebih mempermudah, Anda bisa mengikuti pembahasan mengenai cara menghilangkan jerawat batu secara alami di bawah ini.

1. Masker putih telur
Bagian putih dari telur memiliki banyak sekali khasiat bagi kulit kita. Kandungan riboflovin di dalamnya membuat kulit bisa mendapatkan protein dalam jumlah yang cukup, sehingga jerawat batu bisa dihilangkan jauh lebih cepat.

Cara penggunaannya pun mudah, hanya dengan memisahkan putih telur dengan kuningnya ke dalam mangkuk. Setelah itu, oleskan putih telur ke area kulit yang berjerawat menggunakan kuas bersih secara merata. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. (Baca juga : Manfaat Putih Telur untuk Kulit)

2. Masker madu
Madu memiliki sifat antiseptik alami, sehingga dapat melindungi kulit dari iritasi dan faktor-faktor lainnya penyebab jerawat batu. Selain itu, madu juga bisa menjadi bahan alami untuk eksfoliasi atau pengelupasan kulit, membuat sel-sel kulit mati penyebab jerawat tersingkirkan.

Untuk penggunaannya, Anda bisa mengoleskan madu ke lokasi kulit berjerawat. Tunggu sekitar 15 menit agar madu meresap. Lanjutkan dengan membilasnya dengan air hangat. (Baca juga : Manfaat Madu untuk Kulit)

3. Bubur Kentang
Jerawat batu atau kistik juga bisa dihilangkan secara alami dengan menggunakan kentang. Nantinya kentang akan membantu menyerap kotoran-kotoran yang ada pada kulit. Kentang juga memiliki sifat anti peradangan, termasuk membantu mengatasi gejala kemerahan akibat jerawat batu, sehingga rasa gatal dapat ditanggulangi.

Penggunaannya tidak terlalu sulit. Anda bisa membuat kentang menjadi bubur dengan cara dihaluskan. Setelah itu, oleskan bubur kentang tersebut ke area kulit yang bermasalah. Diamkan 10 menit, lalu bersihkan. Agar mendapatkan hasil terbaik, lakukan sebanyak 2 kali sehari.

4. Pijat dengan minyak kelapa
Ada banyak jenis minyak esensial di dunia dan minyak kelapa adalah salah satu yang sering kita gunakan, terutama di dapur. Namun begitu, tahukah Anda bahwa minyak kelapa juga ternyata bisa dijadikan cara menghilangkan jerawat batu cepat secara alami. Sifat antibakteri pada minyak kelapa bisa membunuh kuman-kuman penyebab jerawat. Bintik-bintik juga dapat diatasi dengan minyak ini.

Cara menggunannya sendiri dengan mengoleskannya ke wajah atau area kulit lainnya yang bermasalah. Oleskan sembari dipijat lembut selama beberapa menit. Diamkan hingga kering dan bersihkan. Anda bisa menggunakan cara ini beberapa kali dalam seminggu. Sifat pelembap pada minyak kelapa juga cocok untuk mengatasi kulit kering.

5. Minyak pohon teh
Selain minyak kelapa, ada pula obat herbal mujarab untuk jerawat batu, yaitu minyak pohon teh. Minyak ini dipercaya dapat melawan jerawat sejak lama dan sudah dibuktikan oleh banyak orang. Bahkan, tidak sedikit obat-obatan over-the-counter atau obat jerawat tanpa resep yang ada di apotek atau supermarket yang mengolah minyak ini menjadi ekstrak yang bermanfaat bagi kulit.

Lainnya :

Bila Anda berminat mencobanya, Anda bisa mencampurkan 1 sdm minyak pohon teh dengan segelas air. Setelah tercampur, oleskan pada kulit yang bermasalah. Diamkan selama 10 menit, lalu cuci bersih.

6. Terapi uap panas
Tidak banyak orang yang tahu ataupun percaya bahwa uap dapat benar-benar bermanfaat baik untuk kulit. Padahal, dengan mengukus kulit, pori-pori akan terbuka, sehingga memungkinkan kotoran untuk keluar. Seperti yang kita tahu, jerawat batu disebabkan oleh sumbatan sebum dan kotoran, sehingga penting bagi kita mengeluarkannya.

Cara penggunaannya dengan memanaskan dahulu semangkuk air. Setelah itu, tempatkan air pada mangkuk tersebut tepat di depan kulit yang terkena jerawat batu. Misalnya Anda bisa menghadapkan wajah ke mangkuk tersebut. Agar lebih mudah, tempatkan handuk di atas kepala. Lakukan metode ini sebanyak tiga kali dalam semingu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Pasta gigi
Mungkin cara menghilangkan jerawat batu cepat secara alami yang ketujuh ini terdengar aneh. Namun, percaya atau tidak, pasta gigi juga dapat membantu melawan jerawat batu. Pasta gigi umumnya mengandung berbagai senyawa, semisal fluoride yang memiliki sifat antibakteri. Itu berarti, pasta gigi juga dapat melawan bakteri penyebab jerawat batu hingga benar-benar mati.

Anda bisa membeli terlebih dahulu pasti gigi biasa. Jika sudah, oleskan sedikit pasta gigi ke atas jerawat. Diamkan selama 20 menit, lalu cuci bersih menggunakan air dingin.

Perlu diingat bersama, pastia gigi bila terkena luka bisa menyebabkan rasa perih yang sangat. Oleh sebab itu, bila jerawat batu Anda pecah atau memang ada luka terbuka, sebaiknya jangan menggunakan metode ini. Terlebih bila Anda memang tidak kuat menahannya.

8. Ramuan baking soda
Baking soda bukan hanya bermanfaat di dapur untuk membuat kue. Anda yang sedang dihadapkan dengan jerawat batu pun bisa menggunakannya sebagai obat alami. Baking soda sendiri memiliki sifat antiseptik, sehingga membuatnya dapat melawan bakteri-bakteri jahat penyebab jerawat.

Baking soda bisa digunakan dengan cara dicampur bersama dengan sedikit air. Oleskan ramuan ke area kulit berjerawat hngga merata. Diamkan kira-kira setengah jam, lalu bilas bersih menggunakan air hangat.

9. Masker lidah buaya
Ada banyak manfaat yang bisa kita ambil dari lidah buaya, termsuk untuk menyembuhkan jerawat batu. Tanaman bernama latin aloe vera ini dapat secara efektif membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan pada kulit akibat jerawat kistik. Sifat dingin pada aloe vera juga dapat menenangkan kulit.

Anda bisa coba mengambil bagian daging atau gel dari tanaman berduri ini. Setelah itu, oleskan gel ke bagian kulit berjerawat. Diamkan saja hingga mengering dan tidak perlu dibilas. Namun jika merasa kurang nyaman, Anda bisa mencucinya dengan air dingin ataupun hangat. Anda juga bisa mengobati jerawat menggunakan lidah buaya dari dalam. Dengan cara mengolahnya menjadi minuman. (Baca juga : Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Kulit)

10. Cuka sari apel
Pernah mendengar nama cuka sari apel? Ini adalah salah satu bahan yang sering kita temukan di dapur sebagai bumbu tambahan. Namun lebih daripada itu, ternyata cuka apel juga memiliki sifat-sifat yang baik untuk melawan jerawat batu, khususnya sifat antibakteri. Cara pengguaannya pun hanya dengan mengoleskan cuka apel tersebut ke bagian berjerawat menggunakan bola lapas. Diamkan semalaman, lalu cuci menggunakan air dingin pada pagi harinya.

Baca juga : Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Jerawat memang menjengkelkan, terlebih untuk jerawat batu. Selain dapat mengganggu kesehatan kulit, estetika juga berpengaruh. Lebih-lebih jika jerawat tumbuh di wajah atau area lainnya yang mudah terlihat.

Oleh sebab itu, bila Anda saat ini sedang mengalaminya, hendaklah untuk tidak berlama-lama berdiam diri. Cobalah menggunakan beberapa cara menghilangkan jerawat batu cepat secara alami di atas yang bisa jadi cocok dengan Anda.  Jangan gunakan baking soda dan pasta gigi terlalu sering karena berdampak kurang baik bagi kesehatan kulit Anda. Gunakan secukupnya saja, kecuali penggunaan madu dan minyak kelapa yang fleksibel bisa dicampur dengan bahan lain.

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :