Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami dan Cepat

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami dan Cepat, Napas segar merupakan salahsatu aspek penting bagi setiap orang, karena dengan memiliki napas segar dan terhindar dari bau mulut berarti Anda menjaga kebersihan badan dan penampilan Anda. Dalam kondisi tertentu, misalnya sedang berbincang dengan teman, bau mulut bisa saja tidak disadari oleh Anda dan dirasakan oleh lawan bicara. Bila Anda kemudian menyadarinya, Anda mungkin akan kehilangan percaya diri.

Banyak yang menjadi faktor penyebab bau mulut diantaranya disebabkan oleh makanan, mulut kering, merokok, kondisi medis, sinus, penyakit pada gusi dan mungkin masalah pada pencernaan Anda.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami dan Cepat

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami dan Cepat

Gambar Ilustrasi

Ketika Anda berbincang dengan teman, Anda mungkin pernah sesekali merasakan aroma kurang sedap dari bau mulutnya, tentu akan sangat mengganggu hidung dan pernapasan Anda. Nah, apa yang terjadi apabila mulut Anda ternyata mengeluarkan bau yang kurang sedap (bau mulut) ketika Anda berbincang dengan seseorang? Tentu saja Anda harus melakukan perawatan mulut yang baik dan benar untuk menghilangkan bau mulut tersebut agar ketika berbincang dengan seseorang bau mulut tidak mengganggu.

Rajin menggosok gigi dan menggunakan produk penghilang bau mulut merupakan sebagian cara yang biasanya Anda lakukan. Selain kebiasaan menggosok gigi, penggunaan berbagai bahan alami seperti mengkonsumsi buah-buahan dan makanan tertentu juga bisa menghilangkan aroma tidak sedap dari bau mulut.

Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut

Anda bisa mengkonsumsi makanan dibawah ini untuk menghilangkan bau mulut secara alami, selain itu makanan dibawah ini enak dan sehat untuk dikonsumsi, berikut uraian lengkapnya!

1.) Apel
Apel merupakan salahsatu buah yang bagus sebagai penghilang bau mulut. Aroma kurang sedap pada mulut dapat hilang dengan mengkonsumsi buah apel. Dengan mengkonsumsi apel kelembapan pada mulut dapat terjaga, kelembapan dalam mulut ini berfungsi untuk menghilangkan bakteri yang ada pada mulut. Selain itu, apel memiliki banyak manfaat lain bagi gigi dan kesehatan Anda.

2.) Yoghurt
Yoghurt merupakan salahsatu makanan yang dapat mencegah bau mulut. Penelitiam yang dilakukan oleh Dr Kenichi Hojo dan tim peneliti dari negara Jepang menyebutkan bahwa youghurt yang tidak memiliki gula dapat membantu dalam menurunkan kadar aroma busuk yang mengakibatkan adanya bau mulut. Selai itu, plak pada gigi dapat dikurangi dengan menggunakan Yoghurt.

3.) Stroberi
Stroberi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, salahsatunya mencegah mulut kering. Stroberi diketahui memiliki kadar vitamin C yang cukup banyak. Dengan adanya vitamin C maka bakteri dan kuman yang ada pada bagian mulut sulit untuk bertahan hidup, sehingga Anda terhindar dari bau mulut. Selain stroberi, mengkonsumsi buah-buahan lain yang mengandung vitamin C juga dapat mengurangi dari adanya resiko bau mulut.

4.) Teh
Teh juga bermanfaat sebagai penghilang aroma mulut yang kurang sedap. Menurut penelitian dengan mengkonsumsi teh, baik itu teh hijau (baca: manfaat teh hijau) atau teh merah tanpa menggunakan gula dapat berfungsi sebagai pencegah bau mulut. Teh hijau dan Teh merah memiliki senyawa antioksidan yang disebut juga dengan polifenol yang berfungsi membasmi dari pertumbuhan bakteri yang bisa menyebabkan bau mulut.

5.) Kayu Manis
Kayu manis memiliki aroma yang kuat dan dapat berfungsi untuk menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut yang kurang sedap. Adanya aroma kuat pada kayu manis ini dapat menyembunyikan bau mulut. Agar bau mulut Anda dapat hilang, gunakan kayu manis kedalam secangkir teh.

6.) Mint
Mint memiliki banyak manfaat bagi kesehatan termasuk dalam menghilangkan aroma tak sedap pada mulut. Agar lebih mudah Anda bisa menggunakan permen mint untuk mengharumkan aroma mulut Anda. Namun tentu saja penggunaan permen ini hanya untuk sementara waktu, sehingga jika bau mulut kembali Anda harus mengambil permen mint yang baru. (baca: manfaat daun mint)

7.) Hazelnut
Hazelnut memiliki kandungan protein dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh termasuk kesehatan gigi dan gusi, selain itu jika dikonsumsi dengan teratur dan dikunyah dengan baik hazelnut dapat mencegah dari adanya bau mulut.

8.) Tanaman Herbal
Tanaman herbal diantaranya Cilantro, peterseli, rosemary dan juga tanaman herbal lainnya juga dapat menghilangkan bau mulut. kandungan klorofil yang ada pada daun-daunan ini mampu membersihkan bakteri yang bisa menyebabkan bau mulut. Anda bisa mengunyahnya secara langsung atau bisa juga dengan menyeduh jenis tanaman herbal ini menggunakan air hangat dan mengkonsumsinya sebagai penghilang bau mulut.

9.) Jahe
Jahe juga merupakan salahsatu tanaman yang memiliki banyak manfaat (baca: manfaat jahe), diantaranya dapat mengatasi infeksi tenggorokan dan sakit perut. Selain itu jahe bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut. Anda bisa mencincang jahe segar, lemon dan air yang hangat. Kemudian Anda bisa mengkonsumsinya. Sehingga mulut Anda terhindar dari aroma kurang sedap.

10.) Air Mineral
Air mineral memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Air putih (baca: manfaat air putih) dapat berguna dalam mendorong tingkat produksi air liur dan dapat membasmi bakteri yang bisa mengakibatkan bau mulut sehingga air putih dapat dikatakan sebagai cairan pembersih mulut Anda.

Baca juga : Cara Memutihkan Gigi Kuning secara Alami dan Cepat

Diatas merupakan Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami dan Cepat. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami tersebut agar aroma mulut tidak bau dan Anda dapat berbincang dengan orang-orang dengan perasaan percaya diri. Selain menggunakan bahan-bahan alami diatas, jangan lupa untuk selalu merawat kebersihan mulut dengan cara rutin menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur.

Jika tidak ingin aroma bau mulut Anda mengganggu orang lain, hindari jenis makanan yang dapat menimbulkan bau mulut. Semoga artikel kesehatan kali ini bermanfaat dan dapat menambah pengatahuan tentang berbagai bahan alami yang bermanfaat bagi kesehatan Anda. Berbagai macam artikel kesehatan lainnnya bisa Anda baca setiap harinya di situs HarianSehat.Com

Terimakasih telah berkunjung, jaga selalu kesehatan Anda. Salam Sehat!


Lihat Juga :
Updated :