Cara Mengatasi Tumit Kering Dan Pecah-Pecah Secara Alami

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Mengatasi Tumit Kering, Tumit adalah salah satu anggota tubuh terluar manusia. Tumit sendiri berada di bagian kaki. Biasanya masalah yang banyak terjadi pada tumit adalah permukaan kulit yang kering dan pecah-pecah. Meskipun tumit kering adalah masalah umum, namun jika dibiarkan saja dapat menjadi penyakit yang parah.

Cara Alami Mengatasi Tumit Kering dan Pecah-Pecah

Selain kering, tumit juga biasanya menjadi terlihat tebal, pecah-pecah kemerahan, gatal, meradang dan mengelupas. Mengambil tindakan pencegahan agar tumit tidak menjadi kering adalah suatu keharusan. Terlebih jika Anda tidak ingin merasahan kulit yang retak, nyeri dan mengalami pendarahan.

Cara Mengatasi Tumit Kering dan Pecah-Pecah Secara Alami

Gambar Ilustrasi

Ada banyak sekali penyebab tumit Anda menjadi kering, diantaranya adalah karena terpaan udara kering, penuaan, diet yang kurang sehat, berdiri terlalu lama di lantai yang keras, memakai jenis sepatu yang salah dan lain sebagainya. Selain itu, beberapa penyakit juga bisa menyebabkan tumit menjadi kering, seperti diabetes, eksim, psoriasis, kapalan dan penyakit tiroid. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menggunakan beberapa cara mengatasi tumit kering yang sudah dirangkum pada pembahasan di bawah.

1.) Madu
Madu memiliki banyak manfaat, salahsatunya sebagai pelembap alami dan mempunyai sifat antibakteri. Karena sifatnya itulah madu mampu menjadi obat yang cukup baik untuk tumit yang kering dan juga pecah-pecah. Cara penggunaanya pun sangat mudah yakni dengan menuangkan sekitar setengah cangkir madu kedalam ember yang terlah berisi air hangat kemudian Anda bisa merendam kaki Anda selama kurang lebih 20 menit. Kemudian pijatlah kaki Anda dan Anda bisa melakukan hal ini rutin dalam beberapa hari hingga akhirnya tumit kering dan pecah-pecah Anda hilang dan kembali halus lagi.

2.) Tepung beras
Tepung beras dapat dijadikan esfoliating scrub alami yang akan mengelupaskan kulit mati. Ketika kulit mati hilang, kulit Anda yang kasar akan menjadi halus dan tidak lagi pecah-pecah. Cara penggunaannya pun sangat mudah, Anda hanya perlu mencampurkan segenggam tepung beras dengan 1 sdt cuka sari apel dan sari madu. Aduk hingga mengental, setelah itu terapkan pasta tepung beras tersebut ke tumit dan telapak kaki Anda sembari digosok. Usahakan kaki sudah dalam keadaan bersih dengan merendamnya terlebih dahulu pada air hangat selama 10 menit. Anda juga bisa menambahkan minyak zaitun ke dalam adonan untuk meningkatkan efektifitasnya.

3.) Lemon
Kandungan asam yang terdapat pada lemon dipercaya dapat sangat efektif melembutkan kulit yang kasar, sekaligus menghilangkan bagian-bagian tumit yang pecah-pecah. Anda dapat merendam kaki ke dalam campuran air hangat dan jus lemon selama 10 hingga 15 menit. Hindari penggunaan air yang terlalu panas, karena dapat membuat kulit kaki semakin mengering.

4.) Gliserin dan air mawar
Cara mengatasi tumit selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah membuat ramuan alami menggunakan gabungan gliserin dan air mawar, gliserin nantinya berfungsi untuk melembutkan kulit, itu mengapa banyak kosmetik yang menggunakan gliserin sebagai salah satu komposisinya. Sedangkan untuk mawar, para peneliti menyimpulkan bahwa terdapat banyak kandungan baik di dalamnya, mulai dari vitamin A, B3, C, D, E, antioksidan, antiseptik dan anti-inflamasi. Untuk cara pengguaannya, Anda hanya perlu mencampurkan sejumlah air mawar dengan gliserin. Aduk hingga merata, setelah itu terapkan sembari digosok hingga semua bagian tumit yang kering terkena adonan. Lakukan cara ini setiap malam sebelum Anda hendak tidur.

5.) Pisang
Pisang yang sudah matang ternyata adalah pengobatan tradisional rumahan yang sudah dikenal sejak lama. Salah satu khasiat dari pisang matang ini adalah menyembuhkan tumir kering, sekaligus dijadikan pelembab, sehingga dapat mencegah tumit kembali pecah-pecah.

Gunakan pisang sebagai pelembab sekaligus obat tumit yang kering dengan cara dihaluskan terlebih dahulu. Setelah kaki Anda telah dibersihkan, terapkan ramuan pisang tersebut ke seluruh bagian tumit Anda hingga merata. Biarkan selama 10 hingga 15 menit hingga nutrisi pisang benar-benar terserap oleh kulit. Lanjutkan dengan mencuci kaki Anda menggunakan air hangat. Jika perlu, rendam kaki selama 10 hingga 15 menit. Lakukan tahapan tersebut sertiap hari selama beberapa minggu hingga tumit benar-benar lembut.

6.) Minyak sayur
Selain menghindari penyebab-penyebab tumit menjadi kering, Anda juga bisa mencegah serta mengobati tumit kering menggunakan minyak sayur. Ada berbagai jenis minyak yang dapat Anda gunakan, misalnya saja minyak zaitun, kelapa dan wijen. Untuk hasil yang terbaik, gunakan cara ini sebelum tidur, sehingga ada cukup waktu untuk minyak menembus kulit Anda yang bermasalah. Cara penerapannya cukup mudah, Anda hanya perlu membersihkan terlebih dahulu tumit menggunakan air sabun dan batu apung. Setelah itu oleskan minyak sayur ke bagian tumit dan telapak kaki. Gunakan kaus kaki yang bersih, lalu diamkan sembari tidur.

Memiliki tumit yang halus, lembut dan bersih adalah dambaan setiap orang. Oleh sebab itu, beberapa cara mengatasi tumit kering secara alami di atas adalah jalan pintas yang mudah dan aman dibandingkan Anda harus pergi ke spa ataupun dokter kulit. Selain itu, cara-cara herbal juga tidak memerlukan biaya yang mahal jika dibandingkan dengan pengobatan medis.

Rajin-rajinlah untuk melakukan perawatan kulit termasuk kulit kaki Anda. Biasanya kulit pada tumit mudah kering dan juga pecah-pecah. Gunakan alas kaki jika Anda hendak bepergian keluar karena alas kaki mampu melindungi dari berbagai bahaya yang mengancam kaki Anda sekaligus menghindari dari keringnya kulit tumit Anda.

Baca juga : Cara Mengobati Kapalan di Kaki Secara Alami

Selain itu, jagalah pola hidup sehat harian Anda dengan menjaga pola makan teratur dan mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang. Rutin berolahraga setiap harinya juga mampu menjaga kesehatan tubuh dan kulit Anda. Sekian artikel tentang cara mengatasi tumit kering dan pecah-pecah secara alami. Semoga bermanfaat. Jaga selalu kesehatan Anda dan salam sehat!


Lihat Juga :
Updated :