10 Cara Mengatasi Rambut Bercabang Dan Kering

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Mengatasi Rambut Bercabang Dan Kering, Rambut bercabang adalah salah satu kondisi kesehatan rambut kurang baik yang mungkin terjadi pada siapa saja. Penyebabnya tentu banyak, misalnya saja karena kesalahan dalam memakai produk perawatan rambut atau kurangnya kesadaran untuk rutin berkeramas. Bahkan, penggunaan sisir yang salah juga dapat membuat rambut Anda menjadi bercabang dan kurang sedap untuk dipandang.

Cara Mengatasi Rambut Bercabang Kering Dan Rusak

Penyebab lainnya yang mungkin bisa membuat rambut Anda rusak dan bercabang adalah karena kurangnya asupan nutrisi pada rambut. Konsumsi makanan ataupun minuman sangat berpengaruh pada keadaan rambut Anda. Oleh sebab itu, carilah makanan yang memang mengandung banyak nutrisi, entah itu vitamin maupun mineral. Anda bisa mendapatkannya pada berbagai macam jenis makanan, termasuk dari buah, sayur dan kacang-kacangan.

Cara Mengatasi Rambut Bercabang Dan Kering

Gambar Ilustrasi Salahsatu Bahan Alami Mengatasi Rambut Bercabang

Apa sebenarnya yang menjadi penyebab rambut bercabang? Sebenarnya masih ada banyak penyebab mengapa rambut dapat menjadi bercabang, misalnya karena bentuk atau style rambut yang salah, penggunaan alat-alat kecantikan yang berlebihan dan kebiasaan atau pola hidup yang buruk. Untuk itu, melihat begitu banyaknya penyebab dari rambut bercabang ini, alangkah baik untuk Anda melakukan pencegahan secara rutin. Namun jika sudah terlanjur, Anda dapat menerapkan beberapa cara mengatasi rambut bercabang kering dan rontok seperti yang dijelaskan dalam point-point di bawah ini.

1.) Potong secara teratur
Untuk menghilangkan rambut bercabang tanpa dipotong tentu kurang direkomendasikan karena rambut bercabang biasanya hadir pada bagian ujung-ujungnya. Oleh sebab itu, untuk menghilangkan rambut yang bercabang, Anda harus melakukan pemotongan rambut secara berkala. Banyak ahli kecantikan yang merekomendasikan untuk memotong rambut sekitar enam hingga delapan minggu sekali. Potong minimal 1 inci atau sekitar 0,6 hingga 2,5 cm. Dengan cara ini, split atau rambut bercabang akan dapat dihindari dan rambut yang baru akan tumbuh dengan sehat dan kuat.

2.) Hindari bahan kimia
Ada banyak produk yang khusus dibuat untuk mempercantik rambut, termasuk sampo, kondisioner, pewarna dan lain sebagainya. Sebagian besar dari produk-produk tersebut mengandung bahan kimia sebagai salah satu komposisinya dan memang diteliti berguna dengan baik. Namun begitu, akan ada dampak kerusakan lainnya yang muncul, misalnya saja rambut menjadi kering, mudah rontok, patah dan bercabang. Oleh sebab itu, usahakan untuk Anda mencari produk kecantikan rambut yang alami atau setidaknya tidak terlalu banyak mengandung bahan kimia.

3.) Gunakan air yang benar-benar bersih
Ketika Anda hendak mencuci rambut, cobalah untuk mencari tahu apakah air itu bersih atau sudah dicampur dengan zat kimia. Anda juga bisa menggunakan filter untuk menyaring air saat mencuci rambut. Fungsi dari filter tersebut adalah untuk mengurangi jumlah klorin pada air yang dapat merusak rambut dan membuatnya bercabang. Selain itu, hindari konsentrasi tinggi kalsium karbonat, karena dapat membuat air menjadi bersifat keras.

4.) Memijat dengan minyak
Minyak mampu mengembalikan kelembapan rambut, sehingga rambut dapat tumbuh dengan sehat serta bebas kering dan bercabang. Anda dapat memilih jenis minyak yang mungkin cocok atau ada di dapur, misalnya minyak zaitun, almond dan kelapa. Anda juga bisa mengkombinasikan ketiganya untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Gunakan pijatan dengan minyak ini sebelum tidur, setelah itu diamkan semalaman. Pada pagi harinya Anda dapat membilasnya hingga bersih. Namun jika Anda tidak memiliki banyak waktu, menggunakannya selama satu jam saja dan diakhiri dengan memijat menggunakan sampo sudah lebih dari cukup.

Lainnya :

5.) Masker telur
Cara mengatasi rambut bercabang selanjutnya adalah dengan menggunakan telur. Anda dapat mencampurkan kuning telur dengan 3 sdm minyak zaitun dan 1 sdm madu. Gunakan olahan herbal ini untuk memijat rambut dan kulit kepala Anda. Diamkan hingga menjadi masker yang kering selama setengah jam sembari menggunakan shower cap. Lanjutkan dengan mencucinya menggunakan sedikit sampo.

6.) Masker pepaya
Selain menggunakan masker telur, Anda juga bisa mengatasi rambut bercabang dengan masker dari buah pepaya. Anda dapat menghaluskan dua potong pepaya dengan blender. Setelah itu tambahkan 2 sdm yogurt untuk meningkatkan khasiatnya. Oleskan ramuan tersebut ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Tutup menggunakan shower cup, lalu diamkan hingga 30 menit. Lanjutkan dengan membilasnya menggunakan sampo dan air bersih. Pepaya juga dipercaya dapat membuat rambut lebih bersinar, lembab dan tumbuh dengan sehat.

7.) Masker Yoghurt
Yoghurt juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk merawat rambut Anda. Karena rambut yang tidak terhidrasi dengan baik dan kekurangan nutrisi akan beresiko mengalami kerusakan bahkan terjadi kerontokan. Cara penggunaanya juga sangat mudah yakni dengan menggunakan campuran buah pepaya yang telah dihaluskan sekitar 250gram yang dicampur dengan sekitar setengah cangkir yoghurt, kemudian Anda bisa menggunakannya sebagai masker untuk rambut. Gunakan handuk atau alat yang bisa digunakan untuk membungkus rambut Anda dan diamkan selama 30 menit. Lalu bersihkan rambut Anda dengan air hingga bersih.

8.) Masker Madu
Masker madu bisa digunakan untuk mengatasi rambut bercabang, caranya juga sangat mudah yakni dengan menggunakan dua sendok makan madu, kemudian dua sendok makan yoghurt dan satu buah lemon kecil. Lalu campurkan madu dan yoghurt dan peras lemon diatasnya. Campurkan hingga menyerupai pastda kemudian gunakan pada kulit kepala serta bagian rambut. Apabila masker yang telah dibuat terlalu kental, bisa menambahkan sedikitt air lalu biarkan selama 1/4 jam dan bilas menggunakan air hingga bersih.

9.) Masker Alpukat
Cara mengatasi rambut bercabang selanjutnya yakni dengan menggunakan buah alpukat, dengan campuran setengan sendok teh minyak zaitun. Kemudian basahi bagian rambut sedikit dan gunakan campuran bahan tersebut hingga menutupi tepat bagian rambut yang bercabang lalu diamkan selama kurang lebih setengah jam dan bilas dengan air hingga rambut bersih.

10.) Folic Acid dan Biotin
Agar rambut tetap sehat dan terjaga sebaiknya mempebanyak asupan makanan yang memiliki kandungan folic acid dan biotin. Folic acid memiliki manfaat dalam menambah jumlah sel darah merah sehingga rambut dapat bertumbuh menjadi lbeih sehat. Kandungan zat ini dapat ditemukan pada berbagai makanan misalnya sayuran hijau, gandum atau jeruk. Sedangkan biotin bisa membantu memperkuat tiap helai rambut dan dapat ditemuakan dengan mudah, seperti pada benih bunga matahari, kacang-kacangan dan nasi merah.

Rambut adalah mahkota, baik untuk wanita maupun pria. Oleh sebab itu, sudah sepantasnya beberapa cara mengatasi rambut bercabang di atas Anda praktekan pada kehidupan sehari-hari. Namun begitu, semua cara di atas rasanya tidak akan berhasil jika Anda belum terlebih dahulu mengubah pola hidup menjadi lebih baik.

Anda disarankan untuk tidak sering dalam melakukan smoothing atau rebonding karena jika terlalu sering lambat laun rambut akan bermasalah, seperti bercabang bahkan rambut terlihat kusam. Maka dari itu, dengan adanya beberapa penggunaan bahan alami diatas diharapkan rambut bercabang dapat diatasi. Namun, apabila masalah rambut bercabang Anda sudah sangat parah sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter ahli untuk mendapatkan solusi perawatan rambut yang tepat.

Baca juga : Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Selain itu, jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian Anda. Makanan seperti salmon, kacang-kacangan, sayuran dan buah-buahan merupakan beberapa makanan sehat yang bisa Anda konsumsi untuk memperbaiki kebutuhan nutrisi rambut bahkan seluruh organ tubuh Anda. Hindari makanan-makanan cepat saji karena kurang baik untuk kesehatan berbagai organ tubuh Anda. Jaga selalu kesehatan Anda dan Salam Sehat!

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :