Cara Mengatasi Panu di Badan secara Alami

ADVERTISEMENT

HarianSehat.ComCara Mengatasi Panu di Badan secara Alami, Panu atau dalam bahasa medis sering disebut Tinea Versicolor adalah sebuah kondisi kulit yang ditandai dengan munculnya bercak putih pada tubuh. Panu sendiri diakibatkan sebagian besar oleh sebuah infeksi jamur Malassezia globosa dan Malassezia furfur. Selain itu, banyak penelitian yang menemukan bahwa panu diidap oleh kebanyakan masyarakat dengan letak geografis beriklim tropis yang suhunya hangat dan lembab.

Gejala umum dari panu sebenarnya cukup banyak, mulai dari bercak putih seperti bunga, casling hingga pengelupasan. Selain itu, pasien juga akan merasa gatal yang sangat pada daerah panu tersebut, terlebih ketika panu terkena keringat. Bahkan warnanya cenderung dapat memerah muda hingga merah membara. Terlebih jika terkena sinar matahari ataupun sumber panas lainnya.

Cara Mengatasi Panu Membandel secara Alami agar Cepat Sembuh

Panu adalah salahsatu penyakit kulit yang sangat menggangu karena keberadaan panu pada seseorang dapat menurunkan rasa percaya diri, terlebih apabila panu muncul pada wajah, tangan, menyebar pada punggung, selangkangan ataupun bagian badan lainnya. Jika dibiarkan tentu panu akan semakin membandel.

Cara Menghilangkan Panu di punggung, dada, perut, wajah, lengan, selangkangan secara Alami

Gambar Ilustrasi

Oleh sebab itu, melihat begitu cukup mengganggunya penyakit Tinea Versicolor atau panu ini, sudah sepantasnya Kita melakukan tindakan preventif atau tindakan pencegahan. Salah satunya adalah dengan selalu menjaga kebersihan, terlebih terhadap barang-barang yang dikenakan oleh tubuh, seperti baju dan celana. Namun begitu, jika Anda sudah terlanjut terkena penyakit panu ini, Anda dapat melakukan beberapa cara menghilangkan panu secara alami dengan menggunakan bahan-bahan ramuan herbal atau bahan dari alam dan dapat ditemukan dengan mudah disekitar Anda. Dibawah ini merupakan beberapa cara pengobatannya agar panu cepat hilang :

1.) Yogurt
Yogurt diteliti mengandung banyak bakteri baik untuk tubuh Kita. Itu mengapa yogurt dapat membantu tubuh mengatur metabolisme dan pencernaan. Selain itu, bakteri pada yogurt juga ternyata dapat membantu menjaga kealamian ragi serta mengontrol pertumbuhan jamur.

Anda dapat mengkonsumsi yogurt tanpa gula ataupun perasa buatan secara konsisten. Nantinya dengan mengkonsumsi yogurt, kandungan bakteri dan jamur penyebab panu dapat dikontrol. Selain itu, Anda juga dapat mengoleskan yogurt secara langsung pada daerah kulit yang terkena panu. Diamkan selama setengah jam, lalu cuci bersih dengan cara mandi menggunakan sabun.

2.) Cuka sari apel
Cuka apel sangat terkenal oleh masyarakat Kita sebagai obat banyak jenis penyakit. Selain itu, ternyata cuka sari apel juga dapat dijadikan agen pembersih bagian dalam tubuh dengan sangat kuat. Anda juga dapat menggunakan larutan cuka dengan air untuk dijadikan air mandi setiap hari. Selain itu, menggosokkan campuran cuka dan air ke seluruh bagian yang terkena infeksi juga sangat efektif untuk menyingkirkan panu. Anda dapat melakukan cara ini secara rutin.

3.) Minyak pohon teh
Cara menghilangkan panu secara alami selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan minyak pohon teh. Minyak esensial ini diteliti memiliki sifat anti jamut, sekaligus berkhasiat sebagai obat tradisional untuk menghilangkan infeksi pada kulit. Anda dapat menerapkannya secara langsung, namun efek alaminya mungkin dapat menimbulkan sensasi terbakar pada kulit. Untuk menanggulangi hal tersebut, Anda dapat mencampurkan minyak pohon teh dengan minyak kelapa ataupun lavender.

4.) Lidah buaya
Lidah buaya tentunya sudah Kita kenal sejak lama memiliki banyak sekali manfaat, mulai dari menjaga kesehatan rambut hingga menghilangkan jerawat. Namun lebih dari itu, ternyata lidah buaya atau aloe vera juga mengandung sifat anti mikroba, yang mana mampu melindungi tubuh Kita dari jamur dan bakteri.

Anda dapat mengaplikasikan daging atau gel lidah buaya langsung ke area panu. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak lavender untuk meningkatkan khasiat dan aromanya. Lakukan cara ini sebanyak 2 hingga 3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang efektif.

5.) Kunyit
Bahan dapur kunyit juga dapat Anda jadikan cara mengobati panu secara alami yang efektif. Salah satu obat tradisional ini mampu menyembuhkan cedera fisik dan infeksi, termasuk infeksi panu. Anda dapat menerapkan kunyit ke daerah kulit yang terkena panu. Namun perlu diingat, warna kuning dari kunyit mungkin akan melekat sangat kuat dan akan hilang dalam beberapa hari atau dalam beberapa kali cuci. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan kunyit dengan metode lainnya, yaitu dengan mengkonsumsi kunyit yang dicampur dengan susu hangat.

6.) Belerang
Sulfur atau lebih dikenal dengan nama belerang merupakan hasil dari adanya proses vulkanisme. Belerang merupakan salahsatu bahan yang dapat membunuh jamur pada kulit dan dipercaya sangat ampuh. Caranya pun sangat mudah yakni dengan menyiapkan belerang sesuai kebutuhan, jeruk nipis dan juga minyak kelapa. Kemudian belerang ditumbuk hingga halus lalu air hasil perasan dari jeruk nipis dan minyak kelapa dicampurkan dengan belerang yang telah dihaluskan tadi. Anda dapat menggunakan campuran bahan tadi secara teratur dengan cara mengoleskannya 3-5 kali dalam sehari.

7.) Belimbing
Belimbing merupakan salahsatu buah yang memiliki banyak kandungan gizi termasuk memiliki kandungan vitamin C yang bisa membantu dalam meregenerasi sel kulit mari, selain daripada itu belimbing juga mampu membunuh bakteri. Anda bisa menggunakan buah belimbing yang dicampur dengan kapur sirih, lalu Anda haluskan. Kemudian Anda bisa menggunakan bahan yang telah dicampur ini pada area panu Anda lalu biarkan beberapa saat setelah itu gunakan air bersih untuk membilasnya.

8.) Lengkuas
Lengkuas biasanya digunakan didapur sebagai bahan bumbu dapur. Namun, lengkuas juga bisa menghilangkan panu di area seperti wajah, tangan, badan ataupun punggung. Penyebaran panu bisa ditekan pertumbuhannya dengan menggunakan air yang terkandung dalam lengkuas. Anda bisa menggunakan air lengkuas ini pada kulit yang terkena panu. Lemduian Anda bisa mendiamkan selama 6-10 menit kemudian bersihkan dengan air bersih. Agar panu dapat hilang tentu saja Anda harus melakukannya secara rutin.

9.) Bawang putih
Cara menyembuhkan panu secara alami yang terakhir adalah dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih selain sering digunakan sebagai bumbu masakan memiliki manfaat juga sebagai obat yang dapat menghilangkan keberadaan panu. Bawang putih memiliki kandungan anti-bakteri yang dapat membunuh jamur. Anda dapat menerapkan secara langsung bawang putih ke area panu setiap hari secara teratur. Lakukan sebelum mandi dengan mengolah terlebih dahulu bawang putih menjadi minyak ataupun jus.

Terlepas dari banyaknya cara mengatasi panu secara alami yang Anda ketahui, berusaha mengubah gaya hidup menjadi lebih baik adalah solusi sederhana yang penting. Anda juga dapat mencegah munculnya panu dengan cara selalu menjaga kulit tetap kering dengan cara menggunakan bubuk anti jamur. Jika Anda terkena panu jangan berbagi pakai penggunaan handuk, sabun batang dan pakaian karena bisa menular.

Pengobatan panu dengan menggunakan bahan alami diatas harus dilakukan dengan telaten karena tidak mungkin hanya satu sampai tiga hari dapat hilang. Pengobatan harus dilakukan dengan rutin, apabila ada perkembangan menjadi lebih baik, maka pengobatan bisa dilanjutkan hingga panu benar-benar hilang. Pilihlah pengobatan yang Anda anggap cocok dan yakin kan diri Anda bahwa panu bisa segera hilang dan lekas sembuh.

Baca juga : Cara Mengatasi Tumit Kering Dan Pecah-Pecah

Semoga beberapa cara mengobati panu dengan menggunakan bahan alami diatas bisa bermanfaat bagi Anda agar masalah panu dapat segera teratasi. Jika bahan-bahan diatas tidak cocok bagi Anda atau tidak boleh digunakan karena alasan tertentu sebaiknya Anda langsung saja berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan kulit yang sesuai, biasanya dokter akan memberikan obat dan juga salep yang mungkin sesuai dan cocok untuk kulit Anda.


Lihat Juga :
Updated :