Cara Mengatasi Mata Ikan Secara Alami Tanpa Operasi

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Mengatasi Mata Ikan Secara Alami Tanpa Operasi, Mata ikan atau corn adalah sebuah kulit mati yang menebal dan muncul pada bagian sisi-sisi jari kaki ataupun bagian atas jari. Ada beberapa tipe mata kaki yang umumnya terjadi pada masyarakat Kita saat ini. Namun begitu, sebenarnya prosesnya dan ciri-cirinya hampir sama. Mata ikan dan kutil seringkali disamakan dengan kutil padahal antara keduanya jelas memiliki perbedaan. Hal ini bisa terlihat apabila mata ikan dan kutil dikuliti maka akan terlihat bahwa keratin keduanya memiliki berbedaan sampai dasarnya terlihat. Jika pada mata ikan akan terlihat memiliki dasar yang bening namun pada kutil terlihat dengan jelas papilla dermal memanjang yang lebih khas.

Cara Mengatasi Mata Ikan Secara Alami

Mata ikan seringkali muncul pada telapak kaki atau sela-sela jari. Ada dua jenis mata ikan ini, yakni mata ikan yang memiliki tekstur keras dan mata ikan lunak yang bertekstur lunak ketika terkena air keringat. Biasanya mata ikan disandingkan dengan kapalan, hal tersebut karena biasanya jika kaki terkena mata ikan maka permukaan atau alas kakinya juga terkena kapalan, namun hal tersebut tidak mesti selalu terjadi. Dalam banyak kejadian, mata ikan dapat diakibatkan oleh penggunaan sepatu yang kurang sesuai. Selain itu, penggunaan sepatu dengan hak tinggi dapat memperburuk keadaan mata ikan, hal tersebut dikarenakan tekanan pada jari-jari kaki yang membuat risiko pembengkakan menjadi lebih besar.

Cara Mengatasi Mata Ikan Secara Alami

Gambar Ilustrasi

Banyak orang yang menginginkan masalah mata ikan pada kulit kaki atau bagian telapak kaki ini tanpa operasi atau dengan memanfaatkan cara tradisional, karena operasi dianggap lebih menakutkan bagi sebagian orang. Maka cara alami dibawah ini bisa dicoba sebagai alternatif. Karena apabila dibiarkan dan tidak diobati mata ikan cukup menggangu karena terasa cukup nyeri yang diakibatkan dari inti mata ikan itu sendiri.

Sebisa mungkin hindari penggunaan sepatu yang kurang nyaman dan sepatu yang basah. Seperti yang Kita tahu bersama, aktivitas sehari-hari membuat kaki Kita lebih banyak tertekan dibandingkan istirahat. Membuat kaki lama tertutup dalam keadaan yang lembab membuat bakteri dan jamur mudah berkembang dan melakukan infeksi. Tentunya bakteri-bakteri tersebutlah yang membuat kulit Anda bermasalah, sehingga mata ikan muncul dan melepaskan cairan atau nanah. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menerapkan beberapa cara alami mengatasi mata ikan di bawah ini.

1.) Batu apung
Memijat menggunakan batu apung dipercaya mampu mengobati mata ikan secara efektif. Batu apung sendiri diteliti mampu menghapus kulit mati maupun kulit yang mengeras. Selain itu, memijat menggunakan batu apung juga dirasa mampu mengurangi rasa nyeri pada bagian jari yang terkena mata ikan.

Sebelum tidur, cobalah rendam bagian kaki yang terkena mata ikan menggunakan air hangat selama 10 menit. Fungsi dari merendam ini nantinya akan membuat kaki Anda lebih nyaman dan kulit yang keras berubah menjadi lebih lembut. Selanjutnya coba untuk menggosokkan batu apung ke bagian kulit yang terkena mata ikan selama tiga hingga lima menit.

2.) Cuka putih
Tingkat keasaman yang tinggi pada cuka putih diteliti mampu membuat mata ikan dan kulit yang keras menjadi lebih lembut. Selain itu, sifat antibakteri dan antijamur yang terdapat pada cuka ini juga dipercaya dapat menumpas serta mengurangi risiko infeksi.

Anda dapat mencampurkan cuka putih dengan air pada takaran satu banding tiga. Oleskan campuran cuka tersebut ke bagian mata ikan sebelum hendak tidur. Anda dapat menutupi bagian yang sudah diolesi cuka menggunakan plester, lalu diamkan semalaman. Pada pagi harinya, lepaskan plester lalu oleshkan minyak zaitun atau minyak kelapa agar keadaan jari kaki lebih lembab.

3.) Baking soda
Baking soda sudah dipercaya sejak dahulu kala sebagai agen alami untuk mengelupas kulit yang mati ataupun kering. Seperti yang Kita tahu, mata ikan sebenarnya termasuk dari kulit mati. Itu mengapa baking soda dapat dijadikan obat yang efektif untuk menghilangkan mata ikan. Selain itu, baking soda juga mengandung sifat antijamur dan antibakteri, sehingga dapat membantu jari-jari kaki Anda terbebas dari infeksi.

Untuk cara penggunaannya mudah saja, Anda hanya perlu mencampurkan 2 sdm baking soda ke dalam baskom berisi air hangat. Rendam kaki Anda pada campuran air baking soda tersebut selama 10 hingga 15 menit. Lakukan cara ini sembari menggosok sela-sela jari yang terkena mata ikan menggunakan batu apung.

4.) Bawang putih
Cara alami mengatasi mata ikan selanjutnya yang dapat Anda lakukan di rumah adalah menerapkan bawang putih. Perlu diketahui bersama bahwa bawang putih mengandung senyawa antioksidan alami yang dapat membantu melawan mata ikan. Selain itu, bawang putih juga dapat mengurangi risiko infeksi, karena sifat antibakteri dan antijamur-nya yang cukup kuat. Anda hanya perlu menggosokkan beberapa siung bawang putih langsung ke area yang terkena mata ikan.

5.) Daun Dewa
Selanjutnya Anda bisa mencoba herbal daun dewa 5 lembar yang ditumbuk sampai halus dan kemudian bisa dioleskan pada kulit yang terkena mata ikan. Selanjutnya hasil baluran daun dewa tadi dibalut dengan menggunakan perban dan biarkan hingga meresap.

Mata ikan tentu bukan penyakit yang begitu mengkhawatirkan, namun karena bentuknya yang cukup menggangu dan nyeri yang ditimbulkan begitu sangat sakit, sudah sepantasnya beberapa cara alami mengatasi mata ikan di atas Anda terapkan secara konsisten dan maksimal. Namun jika cara-cara tersebut masih gagal, mungkin Anda membutuhkan bantuan medis dan beberapa obat ataupun salep.

Baca juga : Cara Mengatasi Tumit Kering Dan Pecah-Pecah

Apabila dengan menggunakan cara alami diatas belum berhasil secara maksimal Anda bisa mengunjungi dokter kulit untuk berkonsultasi tentang solusi menghilangkan mata ikan tersebut. Biasanya dokter akan menyarankan beberapa metode seperti pembedahan listrik, laser atau pembedahan dingin.

Sebelum itu Anda juga bisa mencoba menggunakan salep yang memiliki kandungan asam salisilat yang cukup tinggi dan dioleskan pada mata ikan atau alternatif lain yang cukup ampuh yakni dengan menggunakan plester untuk mata ikan, dengan cirinya bagian tengah plester ada bulatan yang digunakan untuk menutup bagian mata ikan. Biasanya dapat dengan mudah ditemukan diberbagai toko obat. Anda bisa menanyakannya di apotek terpercaya Anda.


Lihat Juga :
Updated :