11 Cara Mengatasi Masuk Angin secara Alami

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Mengatasi Masuk Angin secara Alami, Masuk angin merupakan istilah masyarakat Indonesia bagi gejala-gejala yang berhubungan dengan sakit flu. Misalnya saja muncul demam, menggigil, mual, pusing, panas dingin, nyeri pada persendian tulang, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, batuk, dan masih banyak lagi.

Cara Mengatasi Masuk Angin

Gambar Ilustrasi

Masuk angin sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal,misalnya saja radang tenggorokan, bronkitis, atau mungkin pneumonia.

DAFTAR ISI
1. menggunakan jahe
2. menggunakan susu
3. menggunakan bawang putih
4. menggunakan sup
5. menggunakan bawang merah
6. menggunakan daun pepaya
7. menggunakan Lada
8. menggunakan kayu manis
9. Istirahat yang cukup
10. Menghindari dingin
11. Pola makan teratur
12. Pijat
13. Kerokan

Biasanya, obat-obatan warung menjadi solusi cepat. Namun begitu, ada cara yang lebih aman dan nyaman untuk mengobati penyakit ini, yaitu dengan menggunakan obat-obatan alami, seperti yang ada pada daftar cara mengatasi masuk angin secara alami berikut ini.

Cara Mengatasi Masuk Angin secara Alami

1. Jahe
Gejala-gejala masuk angin, semisal demam dan pilek bisa diatasi menggunakan jahe. Perlu diketahui, jahe memiliki sifat antivirus, ekspektoran, dan anti-inflamasi. Anda bisa mengonsumsi jahe mentah secara langsung atau mengolahnya menjadi teh. Tambahkan jus lemon dan madu agar rasanya lebih lezat. (Baca juga : Manfaat Jahe)

2. Susu
Selain teh jahe, Anda juga dapat mengatasi masuk angin dengan mengonsumsi segelas susu hangat. Untuk meningkatkan hasilnya, Anda bisa mencampurkan susu dengan kunyit dan jahe bubuk. Kombinasi ketiganya dapat membantu mengatasi sakit kepala dan nyeri pada persendian tubuh kala masuk angin menyerang.

Untuk pengolahannya Anda bisa mendidihkan dahulu susu, lalu tambahkan 1 1/2 sdt kunyit dan 1 1/2 sdm bubuk jahe. Anda bisa mengonsumsinya selagi hangat. Lakukan sebanyak dua kali sehari, terutama sebelum tidur.

3. Bawang Putih
Bawang putih terkenal akan sifat antivirus dan antibakteri-nya yang dapat membantu gejala masuk angin. Selain itu, kandungan pada bawang putih juga membuatnya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bawang putih juga bisa membantu membuka saluran pernapasan dan mengeluarkan racun dari tubuh.

Anda bisa mengolah bawang putih dengan mencampurkan setiap 1 siungnya dengan 2 sdt jus lemon, 1 sdt madu, dan 1/2 sdt lada atau cabe merah bubuk. Konsumsi obat herbal tersebut setiap hari hingga masuk angin mereda. Anda juga bisa mencincang 4 atau 5 siung bawang putih, lalu campurkan dengan secangkir air dan 1 sdt madu. Konsumsi 2-3 kali dalam sehari. (Baca juga : Manfaat Bawang Putih)

4. Sup Ayam
Bila Anda sedang masuk angin, cobalah untuk membuat sup ayam. Selain bisa menghangatkan, sup ayam umumnya kaya akan nutrisi penting, termasuk vitamin yang bisa membantu mengatasi gejala-gejala umum dari masuk angin. Selain itu, konsumsi sup ayam juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga proses penyembuhan dari dalam dapat berjalan lebih cepat. Anda bisa membuat sup ayam dengan tambahan sayuran dan nasi hangat.

5. Bawang Merah
Selain bawang putih, masuk angin juga bisa diatasi dengan menggunakan ramuan bawang merah. Nantinya bawang merah akan membantu meredakan gejala-gejala dari masuk angin, semisal flu.

Untuk cara mengolahnya sendiri tidak terlalu sulit. Anda bisa memotong tipis 2 sampai 3 siung bawang merah di dalam mangkuk, lalu tambahkan madu mentah. Setelah itu, diamkan selama 12 sampai 15 jam sembari ditutup. Nantinya setelah dibuka Anda akan melihat cairan seperti sirup. Konsumsi cairan tersebut beberapa dalam sehari. Obat herbal bawang merah ini juga dapat menyembuhkan sakit tenggorokan yang merupakan salah satu penyebab masuk angin.

6. Daun Pepaya
Percaya atau tidak, rasa pahit dari daun pepaya juga bisa menyembuhkan masuk angin. Hal ini mungkin disebabkan kandungan dari daun pepaya yang bersifat antibiotik. Anda sendiri bisa mengolah daun pepaya dengan cara direbus. Gunakan sekitar 4 sampai 5 lembar saja. Setelah itu, saring dan konsumsi airnya.

7. Lada
Cara mengatasi masuk angin selanjutnya datang dari lada. Kandungan capsaicin pada lada dapat membantu mengatasi gejala-gejala umum masuk angin. Misalnya saja flu. Lada dapat membantu mengencerkan lendir, sehingga pernapasan dapat berjalan lebih lancar. Lada atau merica bisa dikonsumsi bersama makanan lainnya. Anda juga bisa memilih lada hitam, lalu mencampurkannya dengan segelas air hangat. Konsumsi hingga masuk angin mereda.

8. Kayu Manis
Rasa nyeri akibat masuk angin, pilek, sakit tenggorokan, dan batuk bisa diatasi dengan kayu manis. Anda bisa coba mencampurkan 1 sdm bubuk kayu manis dengan segelas air mendidih. Dimkan selama 15 sampai 20 menit, lalu saring dan konsumsi selagi hangat. Agar hasilnya lebih baik dan rasanya lebih lezat, Anda bisa menambahkan beberapa sendok madu. Konsumsi sebanyak 1 sampai 3 kali dalam sehari.

9. Istirahat yang Cukup
Istirahat adalah kunci penting dalam proses penyembuhan masuk angin secara alami. Dengan beristirahat Anda sudah secara tidak langsung memberikan ruang dan waktu bagi organ internal tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri, membuat tubuh Anda kembali ke keadaan normal. Sebaliknya, bila Anda tidak beristirahat atau malah melakukan pekerjaan berat, maka tubuh akan semakin lelah, kepala menjadi pusing, hingga akhirnya masuk angin berubah menjadi penyakit lain yang lebih parah.

10. Menghindari Dingin
Masuk angin salah satu penyebabnya adalah karena udara yang dingin, bisa juga karena makanan maupun minuman yang terlalu dingin. Oleh sebab itu, bila Anda ingin cepat sembuh dari masuk angin, hendaknya hindari hal-hal tersebut. Bila terpaksa harus keluar rumah, cobalah menggunakan jaket tebal. Hindari minuman dengan es ataupun soda, juga kopi, karena bisa membuat Anda susah tidur.

11. Pola Makan Teratur
Selain ramuan-ramuan herbal pada pembahasan di atas, penting bagi Anda juga mengetahui bahwa pola makan bisa mempengaruhi cepat tidaknya Anda sembuh dari masuk angin. Hendaknya Anda konsumsi makanan hangat dan hindari makanan yang dapat membuat Anda mual ataupun muntah. Anda juga harus konsumsi makanan dengan teratur, yaitu setidakya tiga kali dalam sehari. Hal ini karena salah satu penyebab masuk angin adalah karena perut yang kosong.

12. Pijat
Tentunya Anda yang pernah mengalami masuk angin juga mengingat bahwa penyakit ini biasanya menimbulan nyeri pada persendian beberapa bagian tubuh, juga membuat kepala menjadi pusing. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa coba melakukan pijatan pada area yang nyeri. Dengan memijat, aliran darah akan lebih lancar dan nyeri juga berkurang. Agar hasilnya bekerja lebih baik, tidak ada salahnya Anda memijat menggunakan balsem, krim, ataupun minyak kayu putih, sehingga tubuh pun dapat menjadi lebih hangat.

13. Kerokan
Selain memijat, banyak orang percaya bahwa kerokan juga bisa menjadi cara alternatif untuk mengobati masuk angin secara alami. Biasanya kerokan dilakukan di bagian punggung, leher, dan dada. Anda bisa menggunakan koin dan balsem sebagai alatnya. Minta bantuan pada keluarga untuk bagian punggung dan leher. Sebagian penelitian ilmiah menunjukkan bahwa setelah kerokan tubuh akan memproduksi senyawa bernama thiamin. Senyawa ini dapat mengurangi rasa nyeri akibat masuk angin.

Baca juga : Cara Mengatasi Tumit Kering dan Pecah-pecah

Masuk angin bisa menjadi penyakit yang mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Oleh sebab itu, cobalah menggunakan cara mengatasi masuk angin secara alami di atas bila Anda mengalaminya. Terlebih untuk poin istirahat. Anda lebih baik mengambil beberapa jam atau hari untuk beristirahat daripada tidak istirahat sama sekali dan mengalami sakit yang lebih parah.


Lihat Juga :
Updated :