Cara Mengatasi Kulit Kering secara Alami dengan Mudah

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Mengatasi Kulit Kering secara Alami dengan Mudah, Setiap dari kita memiliki jenis kulitnya masing-masing. Sebagian orang dan mungkin termasuk Anda memiliki jenis kulit yang kering.

Biasanya kulit kering ditandai dengan kasarnya permukaan kulit, bahkan juga mudah mengelupas serta kulit kusam. Untuk mengatasi hal tersebut, kulit membutuhkan asupan nutrisi yang dapat melembapkan, baik dari luar maupun dalam, sehingga produksi minyak cukup untuk melindungi permukaan kulit. Caranya dengan menggunakan produk-produk perawatan kulit yang sudah tersedia dipasaran.

Cara Mengatasi Kulit Kering secara Alami

Cara Mengatasi Kulit Kering secara Alami

Gambar Ilustrai : Kulit Kering

Namun bila Anda bosan dengan produk kimia, Anda bisa mengolah obatnya sendiri di rumah. Misalnya saja dengan menggunakan beberapa cara mengatasi kulit kering secara alami dengan mudah di bawah ini.

1. Madu dan alpukat
Alpukat merupakan buah dengan kandungan minyak alami yang tinggi, sehingga bisa melembapkan kulit. Alpukat juga kaa akan nutrisi yang penting bagi kulit seperti vitamin A dan E, sehingga kulit kering Anda lebih sehat.

Cara penggunaan: Siapkan terlebih dahulu 1/2 buah alpukat dan 1/2 cangkir madu. Setelah itu, hancurkan alpukat di dalam mangkuk hingga benar-benar lembut. Tambahkan madu dan campir hingga merata. Oleskan pada kulit Anda dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air hangat. (Baca juga : Manfaat Madu )

2. Minyak almond dan geranium
Minyak almond berguna untuk melembapkan kulit, termasuk juga menghaluskan dan melenturkan kulit. Sedangkan minyak geranium memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik, sehingga cocok untuk merawat kulit dari berbagai macam masalah kulit, semisal eksim.

Cara penggunaan: Siapkan 20 ml minyak almond manis, 2-3 tetes minyak geranium, dan botol kaca kecil yang bersih (steril). Tuangkan minyak almond ke dalam botol, lalu tambahkan minyak geranium. Kocok botol agar bahan tercampur. Setelah itu, gunakan ramuan tersebut sebagai obat pelembap.

3. Yogurt, madu, dan gula
Kulit kering Anda membutuhkan scrubing yang baik dan tidak kasar, sehingga kerusakan dapat dicegah. Oleh sebab itu, scrub terbaik bagi kulit kering adalah yang lembut, melembapkan, sekaligus dapat mengusir sel-sel kulit mati. Di sani, yogurt dipercaya dapat berperan baik. Kandungan asam laktat pada yogurt dapat membantu mengelupas kulit Anda. Selain itu, ada juga madu yang dapat dijadikan ekfoliator alami, ditambah madu sebagai hidrat bagi kulit.

Cara penggunaan: Siapkan dahulu 3 sdm gula pasir, 1/4 cangkir yogurt polos, dan 3 sdt madu. Campurkan yogurt dengan madu, lalu aduk merata dan tambahkan gula pasir. Oleskan ramuan ke kulit Anda sembari dipijat memutar selama kurang lebih lima menit agar proses scrubing berjalan dengan baik. Jika sudah, bila smenggunakan air dingin. Metode ini bisa Anda gunakan sebanyak sekali dalam seminggu.

4. Paket masker telur
Kulit kita dibentuk berdasarkn senyawa protein. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga kadar protein pada kulit Anda. Di sana, telur dapat mengatasi hal tersebut. Pada paket perwatan menggunakan telur ini, kita juga akan menggtnakan jus jeruk, yang kaya akan vitamin C, sehingga dapat berguna untuk membersihkan noda. Ditambahkan juga madu, minyak zaitun, dan minyak jarak sebagai pelembap alamim bahkan bisa membuat kulit lebih kenyal.

Bahan yang disiapkan:

  • 1 butir telur
  • 1 sdm jus jeruk
  • 1 sdt minyak zaitun
  • 1 sdm madu
  • 1 sdt mnyak jarak
  • 1 sdt air jeruk nipis
  • 1 sdt air mawar

Cara penggunaan: Pisahkan kuning telur, allu campurkan dengan semua bahan lainnya. Gunakan ramuan ini dengan cara dioles pada kulit setiap pagi sebelum mandi. Diamkan sekitar 10 menit, lalu bilas. (baca juga : Manfaat Putih Telur)

5. Buah mangga
Percaya atau tidak, Anda juga bisa menggunakan buah mangga sebagai cara mengatasi kulit kering secara alami dengan mudah. Mangga kaya akan vitamin A, sehingga dapat membantu menghidrasi dan melembapkan kulit. Vitamin A dan nutrisi lainnya pada mangga juga bisa membantu mengatasi kulit yang mengelupas, sekaligus meremajakan kembali kulit yang kusam.

Cara penggunaan: Siapkan satu buah mangga yang matang, 1 sdm madu, dan 3 sdt minyak zaitun. Lanjutkan dengan mengambil bagian pulp atau daging dari buah mangga, lalu mixer hingga lembut. Campurkan 1 sdm bubur mangga tersebut dengan madu dan minyak zaitun. Setelah itu, oleskan pada wajah sebagai masker. Diamkan salama 1 jam, baru setelah itu bilas hingga bersih.

6. Pisang dan minyak kelapa
Buah pisang bisa menjadi ramuan instan untuk mengatasi kulit kering, dikarenakan sifat pelembapnya. Agar hasilnya semakin baik, kita bisa tambahkan minyak kelapa yang kaya akan lemak, sehingga bisa membuat kulit semakin lentur dan halus.

Cara penggunaan: Siapkan terlebih dahulu 1/2 bagian buah pisang dan 1 sdm minyak kelapa. Lembutkan pisang, lalu aduk dan campurkan dengan minyak kelapa. Baru setelah itu oleskan ramuan tersebut ke area kulit, terutama wajah sebagai masker. Diamkan sekitar 20 menit, lalu bersihkan menggunakan air dingin.

7. Minyak jojoba
Minyak jojoba dipercaya cocok dijadikan sebagai obat pelembap alami berbagai jenis kulit, termasuk untuk kulit kering. Selain itu, jojoba juga memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga dapat menenangkan kulit yang bermasalah.

Cara penggunaan: Pertama Anda bisa memijat kulit wajah menggunakan handuk yang sebelumnya sudah direndam air hangat. Selanjutnya ganti dengan memijat kulit wajah menggunakan minyak jojoba. Lakukan dengan gerakan melingkar dan lembut selama 10 menit. Setelah itu, bersihkan minyak menggunakan handuk.

8. Paket masker coklat
Cara mengatasi kulit kering secara alami dengan mudah selanjutnya adalah dengan menggunakan coklat. Nantinya cokelat dapat membantu melembutkan serta membuat kulit tampak lebih bercahaya. Agar hasil lebih maksimal, kita bisa tambahkan madu dan alpukat.

Cara penggunaan: Siapkan masing-masing 5 sdm cokelat bubuk dan madu. Siapkan juga masing-masing 2 sdm tepung jagung dan alpukat yang sudah dihaluskan. Campurkan semua bahan tersebut hingga membentuk bubuk. Jika sudah, oleskan ke kulit Anda dan diamkan kira-kira setengah jam. Akhiri dengan membilasnya menggunakan air hangat. Untuk mendapatkan hasil terbaik, gunakan cara ini setiap hari sebelum ingin mandi.

9. Minyak zaitun dan jarak
Minyak-minyak esensial memang dapat dengan baik diterapkan pada tipe kulit kering, tidak terkecuali dengan minyak jarak dan zaitun. Kedua minyak itu bisa melembapkan serta mengobati kerusakan kulit, misalnya akibat cuaca dingin yang membuat kulit kering semakin rapuh. (baca juga : manfaat minyak ziatun)

Cara penggunaan: Siapkan dahulu 3 sdt minyak zaitun dan 1 sdt mnyak jarak. Baru setelah itu campurkan keduanya dan oles pada wajah. Diamkan sembari wajah ditutup dengan handuk hangat. Anda dapat melakukan metode ini setiap hari bila perlu. Selain minyak di atas, Anda juga bisa mencoba menggunakan minyak lavender. Minyak tersebut juga bisa membantu melembapkan kulit. Bahkan, lavender juga ditelitti memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi, sehingga iritas dan gatal bisa dihilangkan.

Baca juga : Cara Mengatasi Tumit Kering dan Pecah-pecah

Memiliki kulit yang baik dan sehat merupakan keinginan setiap orang. Oleh sebab itu, bagi Anda yang berkulit kering, cara mengatasi kulit kering secara alami dengan mudah di atas hendaknya Anda coba. Terlebih kulit kering umumnya lebih mudah rusak. Bila tidak dirawat dengan baik bisa membuatnya tampak tua dan kusam.


Lihat Juga :
Updated :