Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat Karena Flu

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat Karena Flu, Hidung tersumbat adalah gejala yang terjadi ketika hidung serta jaringan yang letaknya berdekatan dengan pembuluh darah menjadi bengkak oleh cairan yang berlebih. Hal tersebut menyebabkan tersumbatnya aliran udara dari luar maupun dalam. Biasanya hidung tersumbat karena flu juga akan mengeluarkan semacam cairan hidung atau biasa disebut dengan nama pilek.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Pada dasarnya hidung tersumbat hanyalah masalah umum dan gangguan yang sering didapat baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Namun begitu, terkadang hidung tersumbat juga bisa menjadi pertanda suatu penyakit yang lebih serius. Tapi pada dasarnya kebanyakan kejadian menyimpulkan bahwa hidung yang tersumbat lebih diakibatkan oleh infeksi pada jaringan hidup seperti influenza dan sinusitis. Selain itu, asap tembakau ataupun masalah hidung meler kronis juga terkadang bisa menyebabkan hidung tersumbat.

Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat Karena Flu

Gambar Ilustrasi

Hidung tersumbat biasanya terjadi sebelah bahkan tak jarang dua-duanya juga bisa terjadi penyumbatan. Hal yang sering terjadi ketika hidung tersumbat biasanya bersin-bersin. Selain itu, ada juga yang disertai dengan sakit tenggorokan. Maka dari itu Anda harus bisa mencari cara efektif dan aman untuk mengatasi hidung mampet tersebut.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat secara Alami

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hal ini. Sebagian orang mungkin akan menggunakan obat dan sebagainya. Namun tahukah Anda, bahwa masih ada banyak cara ampuh mengatasi hidung tersumbat karena flu yang mudah dilakukan di rumah. Ingin tahu apa sajakah itu? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

1.) Mengeluarkan lendir
Cara tercepat untuk mengatasi hidung tersumbat adalah dengan mengeluarkan lendir atau pilek dari hidung Anda. Dengan cara ini, kemacetan akan teratasi dan membuat keluar masuk udara akan kembali lancar. Anda hanya butuh menyiapkan sapu tangan atau tisu untuk membersihkannya.

2.) Mengkonsumsi sesuatu yang pedas
Makanan pedas diteliti mampu menipiskan lendir serta membersihkan hidung yang tersumbat. Jika Anda suka dengan makanan pedas, hal ini akan sangat mudah. Anda hanya perlu mengonsumi makanan sejenisnya saja, seperti paprika, wasabi, jahe, fanugreek ataupun bawang merah dan bawang putih.

3.) Mengoleskan salep hangat
Salep yang hangat atau beraroma mentol memiliki uap yang dapat melonggarkan pernapasan sekaligus membuat jalan bernapas tidak lagi tersumbat. Anda bisa menggunakan balsem atau minyak kayu putih untuk dihirup ataupun dioleskan ke dekat hidung.

4.) Gunakan kompres hangat
Anda bisa merendam handuk yang bersih ke dalam air hangat. Peras dan sisakan handuk dalam keadaan lembab, namun tidak terlalu basah. Lanjutkan dengan Anda duduk ataupun berbaring, lalu letakkan handuk tersebut di atas wajah selama beberapa menit. Dengan kompres hangat ini, ketidaknyamanan akibat hidung tersumbat dapat teratasi dan saluran hidung akan lebih lancar.

5.) Mandi dengan air hangat
Cara ampuh mengatasi hidung tersumbat karena flu selanjutnya yang dapat Anda lakukan di rumah adalah dengan mandi menggunakan air hangat. Nantinya uap hangat yang dihasilkan oleh air mandi tersebut akan melewati paru-paru serta rongga hidung. Secara tidak langsung uap tersebut akan membuat setiap rongga menjadi lancar dan lendir akan hilang.

6.) Minum air atau jus
Bantuan cepat untuk hidung tersumbat yang dapat Anda lakukan lainnya adalah dengan rajin mengonsumsi air ataupun jus. Anda bisa mengonsumsi air putih sebanyak 6 hingga 8 gelas per hari. Dengan cara ini, hidung Anda bukan hanya menjadi lebih lega, namun juga bengkak yang menyebabkan cairan berlebih akan mengecil dan sistem kekebalan tubuh akan meningkat.

7.) Air garam
Air garam dapat menjadi obat praktis untuk membantu mengatasi hidung tersumbat dan masalah sakit tenggorookan. Air garam terbukti cukup manjur untuk mengencerkan lendir ataupun dahak yang dapat menyumbat pernapasan. Caranya dengan berkumur larutan garam 3 kali dalam sehari. Gunakan campuran setengah sendok teh air hangat dengan air hangat secangkir penuh, lalu gunakan untuk berkumur beberapa detik kemudian keluarkan. Anda bisa melakukan hal ini 3 kali dalam sehari untuk hasil yang optimal.

8.) Tidur
Dengan tidur yang cukup, Anda telah memberikan waktu bagi tubuh untuk dapat menyembuhkan secara alami, sekaligus memerangi dingin. Selain itu, tidur cukup juga bukan hanya bisa mengatasi flu yang menyebabkan hidung tersumbat, namun juga mengatasi stres yang membuat sistem kekebalan tubuh menurun. Semakin baik sistem imun, maka penyakit-penyakit umum, termasuk flu akan sulit untuk kembali.

Flu adalah penyakit umum yang terjadi akibat infeksi virus ataupun bakteri. Oleh sebab itu, cara mengatasi hidung tersumbat yang disebabkan oleh flu yang paling efektif adalah dengan mengatasi terlebih dahulu penyakit flu itu sendiri. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat flu atau membuat obat herbal sendiri di rumah.

Baca juga : Mengapa Kehujanan Bisa Menyebabkan Sakit Kepala?

Namun, sebenarnya pilek tersebut bisa sembuh dengan sendirinya. Meskipun begitu pengobatan tentu saja harus dilakukan agar pilek atau hidung tersumbat dan masalah seperti sakit tenggorokan bisa cepat diredakan sehingga tidak menggangu Anda ketika berakitivitas.


Lihat Juga :
Updated :