Cara Mencegah Stroke Pada Wanita

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Mencegah Stroke Pada Wanita, Meskipun pria banyak yang memiliki kebiasaan yang bisa menyebabkan stroke seperti merokok, dan jarang berolahraga namun wanita ternyata memiliki kasus yang lebih banyak, hingga mencapai dua kali lipat lebih beresiko.

Pada wanita, ada beberapa resiko yang bisa mencadi pemicu munculnya stroke, misalnya saja komplikasi keamilan, seperti diabetes gestational, preeklampsia dan penggunaan pil KB. Dan penelitian terbaru juga menjelaskan bahwa depresi menjadi salahsatu faktor yang bisa meningkatkan resiko munculnya stroke pada wanita hingga mencapai 70% jika dibandingkan dengan pria yang juga mengalami depresi.

Cara Mencegah Stroke Pada Wanita

Gambar Ilustrasi

Cara Mencegah Stroke Pada Wanita

Dibawah ini merupakan 8 cara mencegah serangan stroke pada wanita yang dilansir dari situs prevention, sebagai berikut :

1.) Membiasakan Berjalan Sekitar 20 Menit Sehari
Sekarang ini banyak orang yang mulai meninggalkan kebiasaan berjalan dan memilih menggunakan kendaraanya setiap hari untuk berakitivitas. Namun, mulai sekarang luangkanlah waktu untuk berjalan dengan rutin setiap harinya sekitar 20 menit. Jika ditotal selama seminggu mencapai 2 jam, hal ini dipercaya bisa mengurangi resiko terserang stroke hingga mencapai 30 %, hal ini dipelajari terhadap 40.000 wanitra yang telah dilakukan selama 12 tahun periode penelitian. Bahkan berjalan dengan tempo yang cepat juga bisa mengurangi resiko stroke hingga mencapai 40 %.

2.) Kenali Gejala Stres Dan Redakanlah
Dalam sebuah studi yang dilakukan pada 80.000 waita, depresi atau stres bisa meningkatkan resiko terkena stroke hingga mencapai 29%. Karena biasanya wanita yang mengalami depresi akan memiliki kebiasaan-kebiasaan yang kurang sehat misalnya saja makan berlebihan, kurang berolahraga bahkan merokok.

Selain daripada itu, depresi juga bisa menjadi pemicu beberapa masalah kesehatan, misalnya saja tekanan darah tinggi dan juga diabetes, dan juga meningkatkan resiko terhdap stroke. Maka dari itu, Anda sebaiknya mengenali gejala awal stroke agar bisa mendapatkan pengobatan yang tepat.

3.) Tidur Selama 7 – 8 Jam Sehari
Memiliki kebiasaan tidur malam terlalu larut kemudian bangun pagi untuk bekerja sehingga tidur menjadi kurang dari 7 jam bisa meningkatkan resiko terkena stroke hingga mencapai 63%. Penelitian menunjukan bahwa seseorang akan memiliki 2 kali lebih memicu sindorm metabolik, yang merupakan keadaan dimana tubuh bisa mengingkatkan resiko terkena stroke, diabetes dan juga penyakit jantung apabila tidurnya kurang dari 7 jam setiap harinya.

4.) Memasak Menggunakan Minyak Zaitun
Manfaat minyak zaitun telah lama diketahui, salahsatunya bisa menurunkan resiko terkena serangan jantung dan ada juga studi yang menunjukan bahwa minyak zaitun bisa melindungi dari serangan stroke. Sebuah penelitian yang dilakukan di Prancis pada 7.600 orang dewasa dengan usia yang lebih dari 65 tahun, menunjukan bahwa orang yang memiliki kebiasaan menggunakan minyak zaitun dengan teratur bisa mengurangi resiko stroke hingga 40%.

Anda bisa menggunakan minyak zaitun ini untuk mengolah makanan, misalnya saja untuk menggoreng, memanggang dan juga menumis masakan. Selain itu Anda juga bisa menuangkan beberapa tetes pada hidangan salad Anda sehingga inyak zaitun bisa bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh Anda.

5.) Meredakan Migrain Dengan Cara Alami
Biasanya migrain sering terjadi pada wanita, mungkin inilah yang menjadi salahsatu faktor kenapa resiko stroke lebih tinggi terjadi pada wanita jika dibandingkan dengan pria. Hal ini dikarenakan adanya fluktuasi pada hormon dan juga konsumsi obat-obatan yang digunakan untuk meredakan sakit kepala bisa meningkatkan resiko stroke. Maka dari itu, Anda sebaiknya menggunakan cara yang lebih alami untuk meredakan migrain yang Anda alami dengan mengkonsumsi makanan sehat dan juga manajeman stres.

6.) Mulai Perhatikan Detak jantung Anda
Pada keadaan detak jantung yang kurang normal biasanya disertai dengan nyeri pada dada dan juga sesak napas yang bisa jadi merupakan tanda-tanda fibrasi atrium (AF), yang bisa meningkatkan resiko terhdaap stroke hingga 5 kali lipat. Apabila, keadaan detak jantung Anda tidak nomral maka segeralah untuk memeriksakan diri pada dokter sehingga resiko bisa segera diturunkan.

7.) Konsumsi Ubi Jalar
Ubi jalar, pisang, dan juga kismis memiliki banyak kandungan kalium dan juga membiasakan diri mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi ini bisa mengurangi resiko terhdarp stroke hingga mencapai 20%

8.) Mengelola Kondisi Emosi
Penelitian yang dilakukan dalam Journal Hypertension menunjukan bahwa orang yang memiliki sikap cepat marah dan terlalu agresif bisa memiliki resiko yang lebih tinggi mengalami stroke. Penelitian menunjukan bwaha orang yang memiliki nilai yang tinggi pada sifat antagonis ketika tes kepribadian stnadar memiliki resiko penebalan arteri pada leher yang lebih besar jika dibandingkan dengan orang yang memiliki kepribadian yang lebih sabar. Dan penebalan arteri pada bagian leher ini merupakan salahsatu dari faktor yang bisa memicu munculnya stroke. Maka dari itu, Anda harus benar-benar bisa mengelola emosi dengan baik.

Diatas merupakan Cara Mencegah Stroke Pada Wanita. Mulai sekarang sebaiknya Anda mulai menjaga gaya hidup Anda menjadi lebih sehat, selain menjaga kesehatan fisik, Anda juga harus bisa menjaga kesehatan mental pikiran Anda. Karena hal tersebut masih sangat erat hubungannya dalam menunjang kesehatan jiwa dan raga.

Baca juga : Gejala Awal Hipertensi

Mulailah konsumsi makanan sehat dan hindari makanan rendah gizi. Olahraga dengan teratur dan jaga kondisi badan agar tetap fit dalam menjalankan segala aktivitas. Sekian informasi tentang cara mencegah stroke pada wanita, semoga bisa bermanfaat. Jaga selalu kesehatan Anda dan Salam Sehat!


Lihat Juga :
Updated :