Cara Mencegah Penyakit Osteoporosis Pada Wanita

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Mencegah Penyakit Osteoporosis Pada Wanita, Pada umumnya kasus osteoporosis sebagian besar dialami oleh wanita, dan biasanya osteoporosis akan semakin terlihat pada usia manula. Masalah osteoporosis seringkali menjadi perbincangan di kalangan sebagian besar orang, namun daripada hanya memperbincangkannya saja, alangkah lebih baik untuk memulai mencari tahu tentang bagaimana cara mencegah osteoporosis atau mengobati osteoporsis ini sebelum menjadi lebih parah.

Osteoporosis merupakan salahsatu penyakit yang menyerang tulang, osteoporosis memiliki ciri-ciri yang spesifik, yakni rendahnya masa tulang sehingga jaringan tulang mengalami penurunkan kualitas yang pada akhirnya akan mengakibatkan tulang menjadi rapuh. Diperikirakan saat ini 1 dari 3 wanita dan 1 dari 12 pria yang memiliki usia diatas 50 tahun di seluruh belahan dunia mengidap osteoporosis. Umumnya penderita osteoporosis pada saat usia manula atau lansia sehingga pencegahan harus dilakukan sejak dini sebelum masalah osteoporosis ini menyerang tulang.

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Osteoporosis Pada Wanita?

Cara Mencegah Penyakit Osteoporosis Pada Wanita

Gambar Ilustrasi

Beberapa penyabab osteoporosis diantaranya karena seseorang kekurangan esterogen atau osteoporosis postmenopausal (Esterogen adalah hormon utama pada wanita), yang fungsinya sebagai pendistribusi kalsium pada bagian dalam tulang wanita. Penyebab lainnya yaitu kurangnya kalsium merupakan osteoporosis senilis yang erat hubungannya dengan usia seseorang, disertai kecepatan hancur tulang dan pembentukan tulang terjadi secara tidak seimbang dan bisanya hal ini terjadi pada orang-orang yang berusia lanjut. Wanita lebih sering menderita osteoporosis jenis ini.

Osteoporosis biasanya akan mulai terlihat pada usia 40 sampai 45 tahun pada wanita dan sekitar 50 tahun pada pria. Namun, sekarang ini ada juga penderita penyakit osteoporosis yang masih berusia 30 tahun. Hal ini mungkin saja bisa terjadi karena kurangnya aktifitas fisik yang dilakukan sehari-hari, dulu sangat banyak taman dan tempat untuk bermain bagi anak-anak sehingga anak-anak lebih aktif namun sekarang anak-anak lebih sering bermain gadget dan games yang hanya duduk saja sehingga tubuh kurang aktif dalam beraktifitas, meskipun keutuhan anak-anak tersebut mungkin sudah terpenuhi akan tetapi kebiasaan kurang berakitifitas akan mempengaruhi tulang. Maka dari itu, orang tua dan guru harus lebih memperhatikan dan mengarahkan agar aktifitas seperti olahraga dan bergerak itu sangat penting selain kebutuhan gizi kalsium, agar tulang menjadi lebih kuat.

Cara Mencegah Penyakit Osteoporosis Pada Wanita

Lalu, bagaimana cara-cara pencegahan lainnya yang harus dilakukan agar resiko osteoporosis dapat diminimalisir? Dibawaha ini beberapa poin yang diuraikan seputar cara mencegah osteoporosis pada wanita, simak uraian lengkapnya dibawah ini!

Lainnya :

1.) Kontrol Berat Badan
Osteoporosis sangat berkaitan erat dengan obesitas, maka dari itu Anda harus selalu memastikan berat badan agar selalu terjaga agar tidak terkena obesitas, jika terjadi obesitas maka tulang akan terlalu besar mendapat tekanan.

2.) Mengkonsumsi Kalsium
Salahsatu penyebab seseorang terkena osteoporosis adalah kurangnya kalsium. Wanita biasanya akan dengan mudah kehilangan kalsium dari tubuh mereka, sehingga wanita harus mempunyai tingkat asupan kalsium yang lebih tinggi dari jenis-jenis makanan seperti wijen, bayam, brokoli dan makanan lainnya yang mengandung kalsium.

3.) Jangan Abaikan Nyeri Pada Tubuh
Pemicu osteoporosis selanjutnya adalah jenis nyeri yang mungkin Anda rasakan secara terus-menerus, pada umumnya nyeri sendi sehingga bisa menjadi pemicu munculnya masalah pada tulang atau osteoporosis. Maka dari itu, jika ada indikasi tersebut sebaiknya Anda langusng mengecek keadaan tulang Anda pada dokter.

4.) Jangan Lakukan Diet Ketat
Cara menurunkan berat badan dengan cepat merupakan hal yang tidak dianjurkan, karena tubuh mungkin akan merasa tersiksa. Anda tidak dianjurkan untuk melakukan diet ketat karena dengan melakukan diet seperti ini, nutrisi dalam tubuh misalnya kalsium akan kekurangan.

5.) Olahraga Secara Teratur
Agar tulang tetap sehat dan tetap fleksibel maka berolahraga dengan teratur merupakan salahsatu cara menjaga tubuh agar tidak terkena osteoporosis. Biasanya benda yang tidak digunakan atau diasah dengan rutin akan menyebabkan tumpul dan berkarat, begitupun dengan keadaan tulang pada tubuh Anda.

6.) Setelah enopause Konsumsi Suplemen Berkalsium
Pada saat setelah Anda mengalami menopause, kadar hormon estrogen dalam tubuh yang berfungsi sebagai pelindung tulang akan susut atau sebagian besarnya akan berkurang. Maka dari itu Anda bisa mengkonsumsi suplemen yang berkalsium pada saat setelah Anda berhenti menstruasi.

7.) Berjemur Dibawah Sinar Matahari
Tubuh membutuhkan vitamin D agar kalsium dapat diproses dalam tubuh. Salahsatu sumber vitamin D adalah sinar matahari ketika pagi. Anda bisa dengan rutin berjemur dipagi hari untuk mendapatkan vitamin D secara gratis.

Diatas merupakan Cara Mencegah Penyakit Osteoporosis Pada Wanita, Anda bisa mulai membiasakan diri melakukan beberapa kebiasaan diatas agar tulang Anda kuat ketika lansia. Karena mengutip dari pepatah bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Mulai mencegah sekarang sehingga tak ada yang harus diobati kemudian hari.

Selain mendapatkan asupan kalsium dan olahraga denga teratur, Anda juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi harian lainnya. Dengan membiasakan diri melakukan pola hidup sehat, resiko tubuh terserang penyakit hanya sedikit, maka dari itu menjaga pola hidup sehat sangat penting untuk kesehatan dikemudian hari.

Baca juga : Cara Menghilangkan Kantung Mata HitamĀ  secara Alami

Semoga artikel berjudul cara mencegah penyakit osteoporosis pada wanita, diatas memberikan informasi pengetahuan baru dan bisa mencegah terjadinya osteoporosis di hari tua nanti. Terimakasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat, tetap jaga kesehatan Anda dan salam sehat!

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :