11 Cara Mencegah Penyakit Jantung secara Alami

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Alami Mencegah Penyakit Jantung, Penyakit jantung masih menjadi salahsatu penyakit yang tergolong menakutkan bagi setiap orang, sehingga mencegah lebih awal dari resiko penyakit jantung lebih baik dibandingkan mengobati. Tentu saja ada berbagai macam cara yang bisa ditempuh untuk melindungi salahsatu organ penting tubuh ini, misalnya dengan melakukan olahraga teratur dan membiasakan diri mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dan membiasakan diri melakukan gaya hidup sehat lainnya.

Pencegahan Penyakit Jantung

Gambar Ilustrasi

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Jantung?

Namun, berbeda dari cara pencegahan biasanya, cara-cara dibawah ini juga dipercaya dapat mencegah penyakit jantung. Dibawah ini merupakan beberapa cara yang dipercaya dapat mencegah penyakit jantung seperti yang dikutip hariansehat.com dari berbagai sumber.

1. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi
Mungkin banyak orang yang menyangka bahwa gigi dan gusi tak ada hubungannya dengan jantung, namun siapa sangka gigi dan gusi ternyata masih berhubungan dengan penyakit jantung dan stroke. Gigi dapat memicu penyakit jantung apabila terjadi peradangan maka bakteri gram bersifat negatif mengluarkan endotoksin (Lipopolisakardia) lalu Endotoksin yang keluar akan meleawti pembuluh darah ketika mulut melakukan aktivitas biasa misalnya mengunyah makanan, menyikat gigi, dan lain lain. Sehingga hal ini menjadi sebab timbulnya efek kurang baik terhadap jantung dan pembuluh darah dan bisa sampai berakibat stroke.

2. Pergi Berlibur
Untuk menhindari depresi atau stress Anda bisa meluangkan waktu untuk pergi berlibur. Anda bisa berlibur ke tempat-tampat yang dapat menenangkan pikiran seperti berkemah, jalan-jalan ke pantai dan tempat lainnya. Dengam pergi berlibur bisa menyenangkan pikiran tetapi juga bisa melepas lelah setelah melakukan berbagai aktivitas.

3. Tidur Cukup
Tidur juga menjadi aspek penting dalam memelihara kesehatan jantung. Setidaknnya dengan membiasakan tidur delapan jam setiap malam Anda bisa mencegah dari resiko terkena penyakit jantung, karena menurut salahsatu penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa orang yng tidurnya kurang dari enam jam memiliki resiko dua kali lipat terserang penyakit jantung.

4. Vaksin Flu
Bagi orang yang diberi vaksin, resiko penyakit jantung dapat berkurang 20 persen. Ini dikarenakan infeksi yang menjangkit pada saluran pernapasan bisa meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung dan juga penyakit stroke. Oleh karena itu melakukan vaksin tentu memiliki manfaat dan bisa melindungi kesehatan pernapasan dan juga kesehatan jantung Anda.

5. Konsumsi Cokelat
Orang yang mengkonsumsi cokelat dipercaya memiliki resiko penyakit jantung 37 persen lebih rendah, ini dibuktikan dari penelitian yang telah dilakukan di Inggris. Selain penyakit jantung cokelat juga bermanfaat bagi orang yang menderita diabetes namun syaratnya 70 cacao harus terhkandung dalam cokelat tersebut.

6. Berjemur Pagi
Sinar matahari adalah salahsatu dari sumber vitamin D yang dapat dengan mudah didapatkan. Selain mendapatkan asupaan vitamin D bagi tubuh, sinar matahari di pagi hari juga dapat menurnkan dari resiko seseorang terkena penyakit jantung. Ini dikarenakan beberapa penelitian yang telah dilakukan percaya bahwa jika tubuh kekurang vitamin D seseorang bisa beresiko terhadap munculnya penyakit jantung.

7. Tertawa
Agak aneh, apakah tertawa ada hubungannya dengan penyakit jantung? Tentu ada, salahsatu penyebab seseorang terkena penyakit jantung adalah stress atau depresi dan tertawa bisa membuat aliran pembuluh darah menjadi tenang sehingga resiko penyakit jantung pada seseorang yang tertawa dapat leih diminimalisir, baik itu dengan menonton film lucu, humor lucu, dan sesuatu yang bersifat lucu.

8. Olahraga Teratur
Banyak faktor yang membuat olahraga menyehatkan jantung. Salahsatunya olahraga bisa menurunkan kolesterol dan juga tekanan darah. Selain itu, dengan berolahraga secara teratur seseorang bisa memperolah berat badan yang ideal. Olahraga bisa dilakukan minimal 30 menit setiap harinya.

9. Mengurangi Kolesterol
Apabila pila makan yang biasa dilakukan penuh dengan konsumsi makanan-makanan yang mengandung banyak lemak dan kolesterol, sangat mungkin sekali apabila melakukan tes kolesterol darah berada diatas normal/ Maka dari itu, upayakan agar kolesterol dalam tubuh dibawah 200 mg/dl. Menurut Dr.Pauline Endang Praptini Sp.KG, menuturkan bahwa dengan mengkonsumsi 70 gr serat larut semisal oatmeal dengan rutin, bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

10. Menurunkan Tekanan Darah
Tekanan darah tinggi merupakan ssalahsatu hal yang berbahaya bagi tubuh. Tekanan daraih tinggi akan membuat jantung dan arteri bekerja secara berlebihan dan bisa meningkatkan resiko serangan jantung. Salahsatu cara agar tekanan darah bisa normal yaitu dengan mengurangi natrium atau garam dari makanan yang dikonsumsi.

11. Asam Folat, Vitamin B
Asam folat dan vitamin bisa bisa membantu mencegah terjadinya penyakit jantung dengan cara melindungi pembuluh darah dari adanya kerusakan yang bisa terjadi karena homositein yakni produk yang dibentuk dari metabolisme protein yang terjadi di dalam tubuh. Asam folat merupakan turunan dari foliage, yang dapat dengan mudah ditemukan pada daun sayuran yang memiliki warna hijau, jenis kacang-kacangan, dan buah yang memiliki kandungan citrus seperti jeruk.

Baca juga : Apa Penyebab Sering Nyeri Dada?

Anda bisa mencoba melakukan cara-cara diatas untuk mencegah penyakit jantung, selain itu tentu saja pencegahan dengan selalu rutin berolahraga, mengkonsumsi makanan bergizi seimbang juga lebih penting sehingga dengan mulai dengan membiasakan diri menjaga gaya hidup sehat sehingga dapat terhindari dari berbagai penyakit.

Memanfaatkan berbagai sumber makanan alami yang ada di lingkungan sekitar juga menjadi salahsatu cara menjaga hidup sehat karena sekarang telah banyak makanan-makanan instan yang dalam jangka panjang dan pelan-pelan bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Semoga artikel cara mencegah penyakit jantung ini bermanfaat, mari peduli kesehatan! salam sehat!


Lihat Juga :
Updated :