Cara Mencegah Munculnya Bekas Jerawat pada Wajah

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Mencegah Munculnya Bekas Jerawat pada Wajah, Banyak orang tentu memiliki keinginan mempunyai wajah yang putih, sehat dan bersih tanpa adanya flek-felk hitam akibat dari jerawat yang pernah ada pada wajah. Adanya bekas-bekas noda jerawat pada wajah tentu saja akan menggangu rasa percaya diri dan dapat mengganggu penampilan Anda.

Sekarang ini sudah banyak beredar berbagai produk yang dipercaya ampuh menghilangkan bekas jerawat, namun kandungan dalam produk-produk pembersih tersebut belum diketahui detail kandungannya, selain itu penggunaan bahan kimia juga diketahui kurang berefek baik pada kesehatan kulit dan wajah. Maka dari itu, alangkah lebih baik Anda melakukan langkah pencegahan dini untuk mencegah munculnya bekas jerawat pada wajah Anda.

Cara Mencegah Bekas Jerawat pada Kulit Wajah

Cara Mencegah Munculnya Bekas Jerawat pada Wajah

Gambar Ilustrasi

Selain jerawat yang agak susah untuk dihilangkan, ternyata noda bekas jerawat lebih susah lagi untuk dihilangkan. Dengan adanya noda-noda bekas jerawat, wajah menjadi terlihat menjadi lebih kusam dan nampak kurang bersih bakan pada beberapa jerawat bisa meninggalkan bekas luka yang cukup mencolok.

Cara Mencegah Munculnya Bekas Jerawat pada Kulit Wajah

Nah, beberapa cara bisa Anda lakukan untuk mencegah dari munculnya bekas jerawat pada wajah Anda, tentu saja langkah-langkah ini harus Anda lakukan agar noda-noda bekas jerawat tidak muncul setelah jerawat Anda hilang. Bagaimana caranya? Simak uraian lengkapnya dibawah ini!

1. Jangan Dipencet dengan Tangan Kosong
Seperti yang telah diketahui bahwa tangan melakukan berbagai aktivitas menyentuh pada berbagai barang, entah itu bersih atau kotor. Sehingga memencet jerawat dengan jari-jari tangan sangat tidak dianjurkan karena khawatir terjadinya infeksi pada kulit wajah Anda. Selain itu, apabila jari-jari Anda memiliki kuku yang panjang pasti akan melukai kulit wajah Anda dan beresiko besar terjadinya infeksi.

Cara mengatasinya yaitu dengan memastikan bahwa jerawat sudah matang dan tidak sedang dalam prorses peradangan. Ciri jerawat meradang dapat diketahui dengan warnanya yang merah dan masih kaku. Pada tahap ini Anda cukup dikompres saja dulu dengan menggungan tea tree oil.

Lainnya :

Apabila jerawat sudah mulai kering, kemudian Anda bisa mulai memencetnya. Cara memencet jerawat nya yaitu dengan menggunakan kapas yang terlah disterilkan dengan menggunakan alkohol. Kemudian setelah biji matanya keluar, Anda bisa mengkompresnya dengan toner lalu oleskan tea tree oil kembali setelahnya.

2. Segera Obati Jerawat
Meskipun jerawat yang tergolong ringan muncul sebaiknya Anda lekas mengobatinya. Apabila tidak, maka jerawat akan menjadi semakin merasang. Pada saat jerawat meradang, maka kulit yang ada pada bagian dalam beresiko terluka dan jaringan pada bagian tersebut bisa hilang dikarenakan jerawat. Maka dari itu untuk jaringan tersebut bisa kembali beregenerasi cukup sulit sehingga daerah tersebut bisa saja meninggalkan bolong. Anda bisa menggunakan cara alami menghilangkan jerawat atau menggunakan lotion, gel yang dijual di apotek untuk bisa mengatasi jerawat tersebut.

3. Hindari Terkena Sinar Matahari Langsung
Ada baiknya Anda menghindari sinar matahari langsung yang dapat menyebabkan munculnya keringat. Hal ini karena keringat yang tidak dibersihkan secara langsung akan menjadikan debu dan bakteri tinggal pada kulit.

4. Rajin Membersihkan Muka
Untuk mendapatkan wajah yang bersih, setidaknya dua kali dalam sehari Anda harus membersihkan wajah Anda dengan menggunakan sabun, atau minimal membasuhnya hanya dengan menggunakan air dingin agar kulit wajah tetap dalam keadaaan lembab.

5. Konsultasi ke Dokter
Apabila jerawat pada wajah Anda sudah dalam keadaan yang parah sebaiknya Anda mengkonsultasikannya dengan dokter. Dengan begitu Anda akan mendapatkan rekomendasi yang tepat untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya tersebut.

Dengan mengaplikasikan Cara Mencegah Munculnya Bekas Jerawat pada Wajah seperti diatas, diharapkan Anda bisa menjaga wajah Anda agar setelah terkena jerawat tidak menimbulkan bekas noda atau flek hitam yang membuat wajah Anda menjadi tampak kusam.

Selain itu, sebaiknya jaga pola hidup Anda dengan membiasakan diri melakukan gaya hidup sehat seperti olahraga dengan teratur dan mencukupi gizi harian yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Selain itu, jangan lupa untuk berisitrahat dengan cukup dan menghindari stres.

Baca juga : Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat Secara Alami

Semoga artikel berjudul ‘Cara Mencegah Munculnya Bekas Jerawat pada Wajah’ bisa bermanfaat untuk para pembaca HarianSehat.Com dan sekaligus bisa menambah pengetahuan tentang gaya hidup dan perawatan kesehatan tubuh Anda. Jaga Sellau kesehatan Anda dan Salam Sehat!

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :