Cara Mencegah & Menghilangkan Jerawat dengan Masker Alami

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Mencegah dan Menghilangkan Jerawat dengan Masker Alami, Masalah komedo dan juga jerawat yang menimbulkan flek hitam dan noda pada wajah merupakan masalah yang biasanya dihadapi banyak Orang dan menjadi masalah kulit yang cukup banyak menimpa pria maupun wanita.

Selain penggunaan obat yang dapat menghilangkan jerawat namun Anda juga sangat perlu melakukan berbagai perawatan yang rutin untuk menghilangkan dan mencegah munculnya kembali jerawat pada wajah Anda salahsatunya dengan menggunakan masker.

Sekarang ini dipasaran telah banyak dijual masker jerawat yang dipercaya bahwa masker tersebut dibuat dengan bahan-bahan alami, namun Anda tentu belum mengetahui pasti apakah bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan alami atau menggunakan campuran lain. Sehingga lebih baik Anda membuat masker alami dibuat sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami dan tradisional yang sehat seperti dengan menggunakan buah-buahan dan campuran madu.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Masker Alami

Cara Mencegah dan Menghilangkan Jerawat dengan Masker Alami

Gambar Ilustrasi

Beberapa buah yang mungkin sering Anda konsumsi memiliki kandungan anti-oksidan yang cukup tinggi sehingga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat pada wajah Anda. Penggunaan masker buah dan bahan alami lain ini akan membuat kulit wajah lebih bercahaya dan dapat mencegah munculnya jerawat juga. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal Anda bisa menggunakan dan mengaplikasikan masker alami ini pada wajah Anda dua kali dalam seminggu.

Cara Membuat Masker Alami Penghilang Jerawat

Dibawah ini merupakan masker alami yang dapat mencegah dan mengatasi jerawat pada wajah Anda, simak uraian lengkapnya!

1.) Masker Pisang
Pisang memiliki kandungan anti-oksidan dan juga mucopolysaccharides yang bisa membuat wajah Anda menjadi lebih bersinar, selain itu jerawat juga dapat dibasmi dengan menggunakan masker ini. Buah pisang yang terkenal dengan kandungan potasium ini juga bisa digunakan pada kulit yang sensitif selain itu tidak membuat kulit menjadi kering.

Cara membuat masker pisang untuk megatasi jerawat ini cukup mudah yakni dengan menumbuk dua buah pisang dengan ukuran yang sedang, kemudian ditumbuk hingga halus, kemudian Anda bisa menempatkan pisang yang telah dihaluskan tadi pada wadah seperti mangkok atau baskom. Lalu Anda bisa menambahkan dua sendok teh madu agar bisa terbentuk menjadi pasta. Setalah itu, Anda bisa mengolskannya pada kulit wajah Anda, lalu diamkan sekitar 15 sampai 20 menit kemudian Anda bisa membilasnya dengan menggunakan air hangat.

2.) Anggur
Selain buah pisang, anggur juga memiliki kandungan anti-oksidan yang baik untuk kulit. Selain itu kandungan lainnya pada anggur yaitu vitamin C dan vitamin E yang dapat membuat kulit yang berjerawat dapat diperbaiki dan menjadi lebih lembap.

Anda bisa membuat masker anggur ini dengan cara menghaluskan beberapa butir anggur kemudian Anda bisa menambahkan dua sendok teh madu sebagai campurannya. Penggunaan madu ini berguna untuk mempermudah masker tadi ketika digunakan pada kulit, selain itu penggunaan madu juga bermanfaat dapat melembutkan kulit dan juga sebagai anti-bakteri. Lalu Anda bisa menggunakan masker anggur yang telah dibuat tadi pada wajah Anda, Anda bisa diamkan sekitar 10 sampai 15 menit kemudian Anda bersihkan dengan menggunakan handuk yang hangat setelah itu Anda bisa mengoleskan toner.

3.) Nanas
Nanas merupakan salahsatu jenis buah-buahan yang memiliki banyak vitamin dan juga mineral salahsatunya memiliki enzim yang bernama bromelain. Enzim yang ada pada nanas ini dipercaya bisa untuk meregenerasi kulit sekaligus dapat menghilangkan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori kulit Anda.

Lainnya :

Cara pembuatan masker yang berbahan nanas ini cukup mudah. Anda bisa menggunakan beberapa porong nanas kemudian diblender kemudian Anda bisa mencampurnya dengan tepung, penggunaan tepung sekitar 2-3 sendok makan agar bisa menjadi lebih kental. Kemudian Anda bisa menggunakan bahan yang telah dicampur tadi pada wajah Anda, lalu diamkan sekitar 10 sampai 15 menit dan jangan lupa untuk membilasnya dengan air hangat setelah selesai. Anda bisa menggunakan masker ini ketika wajah Anda nampak kusam dan timbul jerawat.

4.) Wortel
Wortel merupakan salahsatu sayuran yang memiliki kandungan vitamin A yang tidak hanya baik untuk kesehatan mata tetapi baik juga untuk kesehatan kulit. Penggunaan masker wortel bisa bermanfaat untuk mengatasi peradangan yang terjadi akibat jerawat dan juga bisa sekaligus menghilangkan jerawat tersebut.

Cara membuat masker dari wortel ini sangat mudah, Anda cukup gunakan 2-3 wortel ditambah dengan 3-4 sendok teh madu. Kemudian Anda bisa merebus wortelnya hingga matang kemudian setelah matang diangkat dan diamkan hingga menjadi dingin. Setelah itu Anda bisa menghancurkannya dengan menggunakan sendok atau garpu hingga menjadi halus. Lalu tuangkan madu perlahan-lahan sembari diaduk agar tercampur dan bisa menjadi pasta. Setelah jadi Anda bisa oleskan masker wortel tadi pada wajah Anda, kemudian diamkan 15-20 menit dan apabila telah selesai bersihkan dengan air hangat.

5.) Kayu Manis
Sejak dahulu kayu manis sudah digunakan oleh nenek moyang untuk mengatasi maslah kulit seperti jerawat. Selain dapat menyembuhkan jerawat penggunaan kayu manis juga bisa berguna untuk menghilangkan dari timbulnya bekas jerawat.

Cara membuat masker dari kayu manis ini bisa dibuat dengan bahan yang cukup mudah didapatkan, Anda hanya membutuhkan kayu manis yang sudah bubuk dan tambahan madu. Kemudian dua bahan tadi dicampukan dan Anda bisa menggunakannya pada bagian kulit yang terkena jerawat. Agar manfaatnya dapat lebih maksimal Anda bisa menggunakan masker ini pada malam hari dan mendiamkannya semalam.

6.) Tomat
Tomatin yang berada pada tomat merupakan zat yang berperan sebagai anti-inflamasi. Seperti yang dkutip dari Care Fair bahwa dengan adanya kandungan zat tersebut pada tomat dapat membuat jerawat menjadi lebih cepat kering dan bisa menyembuhkan dari luka. Selain itu, tomat memiliki kandungan citamin C yang menyehatkan dan dapat mencerahkan kulit Anda sehingga noda yang disebabkan oleh jerawat dapat lebih cepat hilang.

Cara membuat masker tomat ini sangat mudah, Anda hanya perlu mencampurkan satu sendok makan jus tomat dengan 2-4 tetes jus lemon yang masih segar. Kemudan biarkan selama kurang lebih 15 menit dan setelahnya Anda bisa membilasnya dengan menggunakan air hangat.

Diatas merupakan Cara membuat masker alami untuk mencegah dan menghilangkan jerawat yang memanfaatkan buah-buahan, madu dan bahan alami lainnya. Tentu saja dengan adanya cara membuat masker alami ini semoga bisa menghilangkan jerawat dan merawat wajah Anda agar tetap sehat.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal selain melakukan perawatan dari luar Anda juga dianjurkan untuk melakukan pencegahan atau pengobatan dari dalam yakni dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat seperti jus yang bisa menyeimbangan kebutuhan energi tubuh Anda agar tetap seimbang. Selain itu menjaga gaya hidup sehat seperti rajin berolahraga dan menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan menjadi hal yang cukup penting agar tubuh Anda tetap sehat dan terhindari dari berbagai masalah kesehatan.

Baca juga : Cara Menghilangkan Jerawat secara Alami dan Cepat

Semoga artikel yang berjudul tentang “Cara Mencegah & Menghilangkan Jerawat dengan Masker Alami” bisa bermanfaat untuk para pembaca semua dan bisa membuat wajah Anda bebas dari jerawat.  Jaga selalu kesehatan Anda dan Salam Sehat!

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :