Cara Mencegah Munculnya Komedo di Kulit Wajah

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Mencegah Munculnya Komedo di Kulit Wajah – Dari berbagai macam masalah yang menyerang kulit, khususnya kulit bagian wajah, komedo adalah salah satu yang umum menyerang dan bisa muncul kapan saja dan dalam waktu yang lama. Bahkan setelah komedo coba dihapus, bisa jadi ia muncul lagi dan lagi.

Cara Mencegah Komedo di Kulit Wajah

Komedo sendiri merupakan noda yang muncul pada kulit dan paling sering ada pada wajah. Terkadang komedo menimbulkan rasa nyeri. Namun yang lebih umum adalah menganggu penampilan dan kenyamanan. Sedangkan penyebabnya sendiri beragam. Namun yang pasti karena pori-pori tersumbat oleh sel kulit mati, kotoran, bakteri, dan minyak, sehingga muncul bintik-bintik yang berwarna hitam atau putih.

Cara Mencegah Komedo di Kulit Wajah

Gambar/Ilustrasi Mencuci Muka

Untuk mengatasi komedo kita bisa menggunakan banyak cara. Namun, seperti disebutkan sebelumnya komedo lebih mudah muncul kembali dan sangat mungkin meninggalkan bekas luka. Untuk itu, daripada mengobati, ada baiknya Anda coba mempelajari cara mencegah munculnya komedo di kulit muka pada pembahasan di bawah ini.

1. Membersihkan wajah secara teratur
Mencuci wajah secara teratur setiap hari sangat penting untuk menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran. Hal ini juga berpengaruh dalam mencegah terbentuknya komedo dan tersumbatnya pori-pori kulit.

Anda bisa memilih pembersih wajah dengan sifat yang lembut dan kadar pH netral. Bisa juga membeli produk pembersih yang mengandung asam salisilat, yang nantinya dapat membantu menjaga kebersihan pori-pori dan mencegah jerawat.

Bila tipe kulit Anda berminyak, maka gunakan pembersih bebas minyak. Sedangkan untuk kulit kering hendaknya mencoba gliserin atau pembersih berbasis krim. Jangan gunakan sabun biasa karena dapat menyumbat pori-pori. Saat membilas, gunakan air hangat, namun jangan terlalu panas. (Baca juga : cara mengecilkan pori-pori wajah )

2. Hindari mencuci berlebihan
Sejalan dengan pentingnya mencuci wajah, penting juga untuk menghindari mencucinya secara berlebihan. Terlalu sering dan keras mencuci wajah dapat mengiritas, menghilangkan minyak, bahkan memperparah komedo serta jerawat. Setidaknya cuci wajah hanya 2 kali dalam sehari.

3. Membersihkan riasan sebelum tidur
Tidur dalam keadaan riasan masih melekat di wajah dapat meningkatkan risiko munculnya komedo diakibatkan tersumbatnya pori-pori. Oleh sebab itu, sebelum tidur hendaknya hapus riasan atau makeup hingga benar-benar bersih. Anda bisa menggunakan makeup remover dan pembersih lembut lainnya.

Remover nantinya bisa membantu menghilangkan riasan tahan air. Jangan lupa, bersihkan perlengkapan makeup Anda sebulan sekali, khususnya aplikator makeup atau spons kosmetik dengan menggunakan air sabun. Gunanya mencegah perkembang biakan bakteri.

4. Mandi setelah beraktivitas
Setelah beraktivitas biasanya tubuh berkeringat, termasuk pada bagian wajah dan kulit kepala. Keringat sendiri bisa membawa bakteri dan minyak, sehingga kemungkinan munculnya komedo semakin besar. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mandi setelah beraktivitas berat, khususnya pada bagian-bagian wajah yang rawan komedo, seperti hidung, dahi, dan dagu.

5. Menerapkan pelembap setiap hari
Setelah mencuci wajah, hendaknya Anda menerapkan pelembap sesuai jenis kulit. Sifat hidrasi dari pelembap akan membantu mencegah komedo berkembang biak. Bahkan, bila jenis kulit Anda berminyak, Anda mungkin memerlukan pelembap. Namun pilihlah pelembap dengan label non-comedogenic dan bebas minyak. Untuk mengetahui jenis kulit wajah Anda jauh lebih akurat, Anda bisa coba berkonsultasi dengan dokter.

Lainnya :

6. Eksfoliasi secara teratur
Kulit mati dapat menyumbat pori-pori, yang meningkatkan risiko munculnya komedo. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan eksfoliasi secara teratur, guna menghilangkan kulit mati dan bakteri. Nantinya eksfoliator akan menghapus permukaan kulit dan tidak akan menembus ke lapisan yang lebih dalam.

Anda bisa memilih produk eksfoliator yang lembut, sehingga tidak mengiritasi kulit. Scrub yang terlalu keras bahkan bisa menyebabkan komedo. Untuk itu, Anda bisa rasakan dahulu eksfoliatornya, apakah terlalu kasar atau tidak. Untuk membersihkan hasil eksfoliasi bisa menggunakan kain lap yang lembut.

7. Menyerap minyak berlebih
Bila jenis kulit Anda adalah berminyak, maka cobalah menggunakan produk topikal yang berguna dalam menyerap kelebihan minyak. Selain menghilangkan minyak berlebih, produk seperti itu umumnya dapat meluluhkan bakteri dan kulit mati yang juga menjadi penyebab munculnya komedo.

Untuk ramuan penyerap minyak biasanya mengandung bahan benzoyl peroxide atau salisilat yang biasanya juga digunakan untuk menghilangkan jerawat pada tipe kulit wajah berminyak.

8. Gunakan produk anti alergi dan non-comedogenic
Kosmetik, tabir surya, toner, dan pelembap bisa jadi senjata makan tuan dalam mencegah komedo bila Anda tidak cermat dalam memilih produk. Namun ada cara mudah untuk memilihnya, yaitu hendaknya Anda membeli produk dengan label anti alergi dan non-comedogenic. Fungsinya agar produk-produk tersebut tidak menyumbat pori-pori dan tidak mengiritasi.

Produk non-comedogenic biasanya telah diuji tidak akan menimbulkan jerawat dan komedo atau memperburuknya. Sedangkan produk anti alergi atau hypoallergenic diperuntukan untuk kulit sensitif, sehingga kulit tidak teriritasi saat penggunaan produk.

9. Jangan menyentuh wajah
Baik ada atau tidak ada komedo, hendaknya jangan menyentuh wajah menggunakan jari. Mengapa? Karena menyentuh hanya akan memperparah keadaan kulit Anda, membuat minyak menyebar, dan bakteri bertambah. Bila terpaksa menyentuh, pastikan tangan dalam keadaan bersih.

10. Diet sehat
Sebagaimana pencegahan dari luar, pencegahan komedo dari dalam juga sangat penting. Faktor makanan dan minuman yang kita konsumsi bisa jadi sangat mempengaruhi ada tidaknya komedo. Misalnya saja bila Anda banyak mengonsumsi junk food, maka kemungkinan komedo muncul akan semakin besar. Mengapa? Karena pada junk food biasanya kaya akan gula dan lemak jahat. Keduanya dapat memperlambat pergantian sel, sehingga pori-pori lebih berisiko tersumbat. Oleh sebab itu, junk food seperti makanan digoreng dan permen hendaknya jangan berlebihan.

Vitamin A dan beta-karoten memiliki peran sebaliknya. Biasanya kedua senyawa ini ada pada buah dan sayur, seperti wortel dan raspberry. Keduanya berguna dalam pergantian sel, yang menyebabkan kulit lebih sehat.

Makanan kaya asam lemak esensial, semisal minyak zaitun dan wallnut dipercaya dapat menjaga kulit tetap terhidrasi. Jangan lupa juga konsumsi makanan kaya akan vitamin dan antioksidan, untuk melawan serangan radikal bebas. Konsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari juga sangat penting bagi kesehatan kulit.

11. Gunakan ramuan herbal
Ada banyak ramuan herbal yang bisa Anda gunakan untuk mencegah timbulnya komedo pada wajah. Misalnya saja Anda bisa membuat masker telur, campuran madu dan susu, kayu manis dan madu, air dan soda kue, serta ramuan-ramuan lainnya. Dengan rutin menggunakan pengobatan herbal, kulit Anda akan terjaga kesehatannya, yang di sisi lain perawatan ini juga terbilang lebih aman daripada menggunakan bahan-bahan kimia.

Baca juga : Cara menghilangkan komedo & Cara Memutihkan kulit wajah

Sebenarnya ada banyak cara mencegah munculnya komedo di kulit wajah yang bisa kita terapkan. Sebagian di antaranya sudah dijelaskan di atas dan bisa Anda terapkan. Namun yang terpenting yang harus Anda perhatikan adalah kesabaran, konsistensi, dan juga kehati-hatian. Bila Anda tidak sabar menerapkan metode di atas, maka sangat mungkin komedo mudah menyerang. Anda juga harus konsisten dan jangan meloncat-loncat dalam menggunakan produk wajah. Selain itu, kulit wajah juga terbilang lebih sensitif dari kulit lainnya, jadi Anda harus hati-hati dan cermat memilih produk.

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :