Cara Mencegah Gigi Berlubang Secara Alami

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Mencegah Gigi Berlubang Secara Alami, Banyak orang yang mengalami masalah kesehatan pada giginya. Salahsatu yang sering dialami yaitu gigi berlubang. Rasa sakit yang ditimbulkan dari gigi berlubang sangatlah membuat nyeri yang amat sangat, selain itu apabila dibiarkan, gigi berlubang akan meluas dan bertambah besar bahkan dalam kondisi tertentu gigi berlubang bisa berdarah dan bertambah parah. Bahkan masalah lainnya juga biasa ditimbulkan dari gigi berlubang ini yaitu bau mulut tak sedap.

Cara Mencegah Gigi Berlubang Secara Alami

Gambar Ilustrasi

Maka dari itu, upaya pencegahan sebaiknya dilakukan lebih dini agar gigi berlubang tidak muncul dikemudian hari. Pencegahan bisa dilakukan sejak usia anak-anak dan dilanjutkan perawatan rutin secara terus menerus.

Cara Mencegah Gigi Berlubang Secara Alami

Kali ini HarianSehat akan memberikan tips alami untuk mencegah timbulnya gigi berlubang, seperti yang dilansir dari Mag For Woman dan sumber lainnya :

1.) Meningkatkan asupan air minum
Setiap harinya, asupan air putih harus cukup, sehingga aliran air ludah yang terjadi dalam mulut akan lebih banyak. Apabila hal ini terjadi maka air ludah akan berfungsi sebagai bahan alami untuk membersihkan gigi-gigi Anda, selain itu berfungsi juga sebagai penetral keadaan rongga mulut.

2.) Menyikat gigi setelah makan
Kebiasaan menyikat gigi setelah makan merupakan salahsatu cara mencegah gigi berlubang. Hal ini berguna untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi sehingga gigi terbebas dari kuman yang bisa saja tumbuh akibat makanan yang menempel pada sela-sela gigi tersebut. Namun, sebaiknya perhatikan, setelah mengkonsumsi makanan asam jangan langsung menyikat gigi hal ini bisa menyebabkan gigi menjadi mudah keropos. Apabila mengkonsumsi asam, sebaiknya tunggu hingga setengah jam sebelum menyikat gigi.

3.) Sikat gigi minimal 2 kali sehari
Banyak orang yang mulai membiasakan diri menyikat gigi minimal 2 kali dalam sehari. Cara ini dipercaya sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi. Maka dari itu, jangan malas untuk menggosok gigi minimal 2 kali dalam sehari, yaitu ketika bangun tidur dan sebelum tidur. Namun, akan lebih baik lagi jika setelah makan, seseorang memiliki kebiasaan menyikat gigi.

4.) Mengkonsumsi makanan sehat
Makanan sehat merupakan salahsatu sumber nutrisi penting bagi kesehatan dan kekuatan organ gigi bahkan makanan sehat baik untuk kesehatan seluruh tubuh. Kalsium dibutuhkan gigi agar gigi senantiasa tetap kuat. Jadi selain, gigi harus dirawat dengan menyikat gigi dengan rutin, kebutuhkan nutrisi tubuh juga harus dipenuhi dengan baik setiap harinya.

5.) Menggunakan benang gigi
Penggunaan dental floss atau benang gigi adalah salahsatu cara sehat untuk menghilangkan partikel-partikel kecil yang tersangkut pada sela-sela gigi. Hal ini lah yang menjadi alasan kenapa benang gigi sangat ampuh untuk mencegah gigi berlubang. Penggunaan dental floss bisa memberishkan daerah-daerah gigi yang tak terlihat. Apabila sisa-sisa makanan tersebut dibiarkan dan tidak dibersihkan maka kerusakan biasanya akan terjadi bahkan kerusakan bisa terjadi pada dua gigi sekaligus. (baca : manfaat flossing gigi)

6.) Menjauhi makanan yang menempel
Sebisa mungkin untuk menghindari jenis-jenis makanan yang dapat menempel pada bagian gigi. Contohnya permen karamel dan jenis makanan lainnya. Makanan-makanan yang dapat menempel pada gigi, dipercaya bisa menyebabkan terjadinya kerusakan yang cukup parah pada gigi dan membuat gigi bisa lebih cepat berlubang.

7.) Berkumur setelah makan
Setelah makan, sebaiknya membiasakan diri untuk berkumur. Hal ini akan membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel dan mengurangi kadar asam yang menempel pada gigi.

8.) Kurangi mengkonsumsi makanan bergula dan tepung
Makanan yang mengandung gula dan tepung biasanya akan menempel pada bagian gigi yang bisa menyebabkan asam yang biasa membuat gigi menjadi berlubang. Maka dari itu, khususnya bagi Anda yang memiliki hobi nyemil sebaiknya selalu memperhatikan kebersihan gigi. (baca : bahaya gula bagi kesehatan)

9.) Nginang
Cara alami yang menggunakan bahan tradisonal untuk membuat gigi kuat yaitu dengan nginang. Nginang merupakan cara orang jadul (jaman dulu) merawat gigi dengan menggunakan daun sirih ataupun buah sirih yang diberikan tambahan apu yang telah melalui proses perendaman air.

Cara lainnya :

10.) Kunjungi dokter
Langkah pencegahan selanjutnya yaitu, jangan lupa untuk mengunjungi dokter secara berkala, minimal 2 kali dalam setahun untuk memerikasakan kondisi kesehatan gigi Anda. Dokter biasanya mampu mendeteksi adanya lubang yang tak kasat mata yang bisa saja tidak diketahui oleh Anda dan beresiko menyebabkan gigi berlubang.

Diatas merupakan beberapa cara mencegah gigi berlubang yang bisa Anda lakukan. Tentunya lebih baik mengambil langkah pencegahan daripada membiarkan gigi yang Anda miliki dikemudian hari berlubang dan merasakan rasa nyeri yang sangat. Selain nyeri yang dirasakan, kantong Anda juga terkuras oleh biaya perawatan gigi berlubang Anda.

Baca juga : Cara Mengobati Sakit Gigi secara Alami

Jika giig terlanjur berlubang, dan memiliki lubang yang cukup besar sebaiknya dilakukan pencabutan gigi oleh dokter ahli untuk membersihkan sisa-sisa gigi berlubang tersebut agar tidak terjadi infeksi pada organ tubuh lain. Nantinya, setelah dilakukan pencabutan, Anda bisa berkonsultasi tentang penggantian gigi tiruan.


Lihat Juga :
Updated :