Cara Mencegah Serangan Flu di Musim Hujan

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Mencegah Serangan Flu di Musim Hujan, Saat musim penghujan telah tiba menyebabkan udara menjadi dingin dan lembab, serangan flu atau pilek pun bisa menyerang siapa saja yang kekebalan tubuhnya menurun. Selain itu, tak jarang flu juga disertai dengan datangnya demam. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk Anda yang ingin mencegah serangan flu tersebut.

Cara Mencegah Serangan Flu

Gambar Ilustrasi

Cara Mencegah Flu di Musim Hujan

Virus influenza merupakan salahsatu virus yang cukup mudah menular, apalagi jika kondisi tubuh kurang fit dan sistem kekebalan tubuh seseorang menurun, maka virus ini bisa menyerang kapan saja. Dibawah ini beberapa cara mencegah flu, meskipun cara-cara dibawah ini cukup sederhana namun memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh Anda dalam mencegah serangan virus flu. Simak uraian lengkapnya dibawah ini :

1. Mencuci Tangan
Untuk menjaga agar tangan senantiasa bersih jangan lupa untuk selalu mencuci tangan, meskipun Anda sedang berada diluar rumah. Agar virus flu tidak menyerang atau bisa dicegah, menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memberikan anjuran untuk sering mencuci tangan dengan cara menyeluruh hingga bersih.

Selalu perhatikan terutama ketika Anda melakukan aktivitas yang berkaitan dengan tangan dan jari. Tangan dan jari bisa menjadi media dari penyebaran bakteri dan juga virus. Jika tangan dan jari mengandung virus dan bekteri, resiko masuknya virus kedalam tubuh menjadi semakin besar apalagi jika menyentuh bagian mata, hidung atau mulut.

2. Selalu Sedia Hand-sanitizer
ketika Anda berada diluar rumah dan tidak juga mendapatkan tempat untuk mencuci tangan dengan bersih, maka Anda bisa menggunakan hand-sanitizer. Penggunaan hand-sanitizer merupakan pembersih tangan yang disarankan juga oleh Centers for Disease Control and Prevention.

Meskipun fungsi yang didapat tidak akan sama bersihnya dengan mencuci tangan dengan air biasa dan sabun, namun penggunaan hand-sanitizer bisa menjadi alternatif daripada Anda tidak membersihkan tangan sama sekali.

3. Hati-hati dengan Benda Tertentu
Seringkali aktivitas sehari-hari membuat tangan dan jari harus melekat dan bersentuhan dengan berbagai macam benda yang tidak diketahui kebersihannya. Misalnya saja penggunaan keyboard komputer, meja dan juga gagang pintu. Benda-benda ini merupakan benda yang sering disentuh setiap harinya.

Walaupun virus flu tidak bertahan hidup lama pada permukaan benda tersebut namun sebaiknya Anda selalu menjaga kebersihan tangan Anda sebagai pencegahan dari penyebaran bakteri dan virus yang mungkin bisa saja disebarkan oleh benda tersebut.

4. Vaksinasi Flu
Banyak yang menyebutkan bahwa vaksinasi flu untuk usia remaja hingga usia dewasa sudah tidak diperlukan lagi. padahal menurut penelitian yang telah dilakukan oleh Dr Cameron R. Wolfe, yang merupakan seoranng asisten profesor dari kedokteran Duke, AS. menyebutkan bahwa vaksinasi flu sangat berguna bagi tubuh manusia agar terhindari berbagai resiko terjangkitnya dari berbagi penyakit serius.

5. Jaga Jarak
Sebagai bentuk pencegahan dari flu dan pilek yaitu dengan menjaga jarak dengan orang yang sedang mengalami flu atau pilek tersebut. Penyebaran virus flu bisa terjadi melalui udara, atau bisa juga dari bersin dan batuk seseorang yang sedang mengalami flu. Namun dengan menjaga jarak, Anda telah melakukan pencegahan flu dan berada pada zona yang lebih aman.

Cara Mencegah Flu dengan Bahan Alami

Untuk cara-cara alami mencegah flu dan pilek bisa dengan mengkonsumsi berbagai sumber makanan-makanan sehat lainnya, karena dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan tersebut bisa membuat kekbalan tubuh menjadi lebih meningkat :

1. Jeruk
Jeruk merupakan buah yang banyak mengandung vitamin C yang bisa membantu dalam pembentukan sel darah putih dan berperan cukup pentinf dalam melawan infeksi serta dalam memelihara kesehatan dan kebugaran tubuh.

2. Paprika
Kandungan vitamin C yang dua kali lebih banyak pada paprika dibandngkan jenis buah dan sayur lain membuat paprika baik dikonsumsi dan bisa mengingkatkan sistem kekebalan tubuh, selain itu paprika juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit.

3. Brokoli
Salahsatu sumber vitamin A, C, E, dan antioksidan serta mineral lainnya adalah brokoli. Brokoli memiliki manfaat baik dalam melawan serangan kuman dan bisa mencegah infeksi virus.

4. Bawang Putih
Manfaat bawang putih salahsatunya dapat melawan infkesi. Selain itu bisa menurunkan tingkat kolesterol dalam darah dan mencegah terjadinya pengerasan pada bagian pembuluh darah arteri. Bawang putih mengandung allicin yang cukup baik untuk menginaktkan kekebalan tubuh seseorang.

5. Jahe
Vitamin C pada jahe bisa membuat tubuh menjadi lebih hangat, sehingga untuk mencegah flu ketika udara dingin, Anda bisa mengkonsumsi jahe ini.

6. Bayam
Kandungan vitamin C, antioksidan dan betakaroten berguna dalam meningkatkan fungsi sel-sel yang ada dalam tubuh untuk melawan terjadinya infeksi pada sistem kekebalan tubuh. Namun, perhatikan dalam mengolah brokoli jangan terlalu lunak karena akan menghilangkan nutrisi yang ada dalam brokoli tersebut.

7. Yoghurt
Yoghurt juga tak kalah dengan produk olahan susu lain. Menurut penelitian mengkonsumsi yoghurt bisa membantu dalam melawan penyakit dan menjaga kebugaran tubuh.

8. Almond
Almond memiliki kandungan vitamin C dan kandungan Vitamin E yang merupakan kunci yang cukup pentinf untuk menjagaga agar sistem kekebalan tubuh bisa berfungsi dengan baik dalam melawan berbagai jenis penyakt termasuk diantaranya flu.

9. Kunyit
Kunyit merupakan salahsatu bahan rempah-rempah yang telah diyakini sejak dulu sebagai anti-inflamasi yang bisa mengobati osteoathritis dan rheumatoid arthritis. Kurkumin yang terkadnung dalam warna kunyit memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh dan bisa melawan rasa dingin pada tubuh.

10. Teh Hijau
Kandungan flavonoid padajenis teh hijau dan teh hitam memiliki sifat anti-oksidan yang cukup kuat. Kandungan theanine asam amino pada teh hijau dan teh hitam bisa melawan virus yang menyerang sel-sel dalam tubuh.

Baca juga : Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat Karena Flu

Diatas merupakan cara mencegah serangan flu dimusim penghujan. Anda bisa menerapkan cara-cara diatas sebagai pencegahan agar flu tidak menyerang Anda. Selalu jaga dan perhatikan kebersihan tangan Anda. Selain itu, perbanyaklah konsumsi makanan-makanan yang memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh dan hindari makanan-makanan rendah gizi yang bisa membuat tubuh menjadi drop.

Semoga artikel diatas bisa menambah pengetahuan Anda tentang kesehatan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan Anda. Salam Sehat!


Lihat Juga :
Updated :