Cara Mencegah Bau Mulut Ketika Puasa

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Mencegah Bau Mulut Ketika Puasa, Umat Islam diberbagai belahan dunia menunaikan ibadah puasa pada bulan Ramadhan. Biasanya masalah yang kerap muncul pada saat puasa yaitu halitosis dalam bahasa medisnya atau keadaan bau mulut yang kurang sedap.

Bagaimana cara agar tidak bau mulut saat puasa?

Ada banyak yang menjadi penyebab munculnya aroma bau mulut muncul, diantara penyebabnya seperti penyakit diabetes, penyakit ginjal, kebiasaan merokok atau ada masalah kesehatan pada bagian perut. Selain itu, umumnya bakteri pada mulut yang aktif juga bisa menimbulkan bau mulut tak sedap ketika puasa.

Cara Mencegah Bau Mulut Ketika Puasa

Gambar Ilustrasi

Hal yang perlu diketahui selanjutnya setelah mengetahui penyabab bau mulut muncul tersebut sehingga bisa diketahui bagaimana cara mengatasi bau mulut tersebut. Dibawah ini beberapa cara mengatasi bau mulut tidak sedap ketika melaksanakan puasa.

1.) Rutin Menyikat Gigi
Kebersihan gigi merupakan salahsatu faktor penting yang dapat mencegah timbulnya bau mulut ketika puasa. Setiap orang dianjurkan menjaga kesebersihan gigi dan mulutnya dengan cara rutin menyikat gigi. Menyikat gigi bisa dilakukan setelah makan sahur dan setelah makan ketika berbuka puasa. (baca : cara menyikat gigi yang benar)

2.) Membersihkan Sela Gigi dengan Flossing
Kebiasaan yang sebaiknya dilakukan juga untuk membersihkan mulut yakni dengan membersihkan bagian sela-sela gigi dengan menggunakan dental floss, ketika sela-sela gigi bersih maka penyebab bau mulut yang diakibatkan oleh makanan yang terselip pada sela-sela gigi bisa dicegah. (baca : manfaat flossing)

3.) Gunakan Sikat Lidah
Untuk menjaga kebersihan mulut sekaligus mencegah bau mulut selanjutnya yaitu dengan menyikat lidah dengan menggunakan sikat yang lembut. Menyikat lidah bertujuan untuk membersihkan bakteri pada lidah. Bakteri ini jika dibiarkan dapat menimbulkan bau mulut dan membuat lidah Anda menjadi berwarna kuning.

4.) Menggunakan Obat Kumur Anti-Bakteri
Obat kumur anti bakteri non alkohol bisa digunakan untuk mencegah timbulnya bau mulut. Anda bisa menggunakannya untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut.

5.) Menghilangkan Flak Gigi Ke Dokter
Selanjutnya masalah plak yang menempel pada gigi juga merupakan hal yang perlu diperhatikan. Sebisa mungkin untuk membersihkan plak yang menempel pada bagian gigi dengan bantuan dokter setidaknya enam bulan sekali.

6.) Minum air putih minimal 2-3 gelas pada saat sahur
Ketika sahur sebaiknya membiasakan diri untuk mengkonsumsi air putih dengan cukup. Hal ini sangat bermanfaat untuk membersihkan mulut. Selain itu membuat tubuh tetap terhidrasi ketika puasa. (baca : manfaat air putih)

7.) Mengkonsumsi Apel atau Buah Beri
Pada saat sahur maupun berbuka berbagai makanan dikonsumsi. Hal ini bisa menjadi penyebab munculnya bau mulut. Maka dari itu, Anda sebaiknya mengkonsumsi berbagai buah-buahan seperti buah apel, buah beri atau bisa juga mengkonsumsi jeruk pada saat sahur maupun berbuka puasa.

Mengkonsumsi buah-buahan tersebut ketika sahur ataupun berbuka akan menambah produksi air liur dalam mulut sehingga bau mulut bisa dicegah. Kandungan berbagai vitamin yang ada pada buah-buahan tersebut juga bisa mencegah terjadinya sariawan dan masalah kesehatan mulut lainnya yang bisa menjadi pemicu munculnya bau mulut tak sedap.

Baca juga : Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Diatas merupakan cara mencegah bau mulut saat puasa, semoga bisa memberikan referensi tentang merawat mulut dengan baik sehingga terhindar dari bau mulut yang menyangat. Meskipun disebutkan dalam agama bau mulut ketika puasa lebih harum daripada kasturi, namun jangan abaikan kebersihan gigi dan mulut. Karena bagimanapun juga kebersihan sebagian daripada iman, yang berarti setiap orang dianjurkan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut bahkan seluruh anggota tubuh lainnya agar senantiasa sehat.


Lihat Juga :
Updated :