Cara Menambah Tinggi Badan secara Alami

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Menambah Tinggi Badan Secara Alami, Tinggi badan memiliki peran penting bagi penampilan serta kepribadian seseorang. Namun begitu, orang pendek pun bisa tampil cantik dan mempesona. Hanya saja sebagian orang lebih pantas memiliki tinggi yang lebih dari orang lain. Terlebih jika memang lingkungan sekitarnya menuntut untuk memiliki tinggi yang proposional. Ketika orang tersebut tidak mampu untuk mengimbangi karakteristik wilayah sekitar, maka rasa percaya diri akan berkurang.

Cara Menambah Tinggi Badan secara Alami

Tinggi rendahnya badan seseorang sendiri muncul akibat banyak faktor dan beberapa diantaranya adalah faktor utama yang dapat mempengaruhi sebagian besar kemungkinan-kemungkinan. Faktor yang pertama adalah genetika. Biasanya faktor jenis ini didasari pada pengaruh keturunan, entah itu dari orang tua, kakek maupun nenek. Faktor yang kedua adalah non genetika. Faktor jenis ini bisa Kita rubah jika Kita ingin dan perkembangannya akan meningkat pada masa-masa pertumbuhan.

Cara Alami Menambah Tinggi Badan

Gambar Ilustrasi

Ada banyak cara yang bisa Kita lakukan untuk mempengaruhi faktor non genetika, sehingga tinggi badan Kita bisa ditingkatkan. Beberapa diantaranya bisa dilakukan menggunakan obat-obatan dan alat-alat canggih. Namun begitu, obat kimia biasanya memiliki efek samping yang terkadang berbahaya. Oleh sebab itu, jika Anda menginginkan tinggi tubuh yang proposional, beberapa cara menambah tinggi badan secara alami di bawah ini mungkin akan sangat membantu.

1.) Olahraga
Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan tinggi badan adalah melakukan berbagai macam latihan. Ada banyak olahraga yang diteliti mampu membantu tubuh untuk meningkatkan panjang tulang dan otot. Beberapa diantaranya bahkan sangat sering Kita jumpai, seperti berenang dan senam.

a. Berenang
Olahraga yang satu ini bukan hanya akan membuat otot Anda menguat dan membesar, namun juga membuat badan meregang. Jika Anda melakukan renang secara konsisten, maka tinggi badan berangsur-angsur akan bertambah. Jika Anda memiliki kolam renang sendiri di rumah, melakukan berbagai macam gaya renang sebanyak dua jam setiap hari dapat secara signifikan menambah tinggi badan.

b. Bergantung
Anda dapat mencoba hanging exercises atau latihan menggantung. Caranya mudah saja, Anda tinggal menggenggam sebuah tiang vertikal yang tingginya sekitar 2 meter. Setelah itu Anda genggam tiang tersebut dengan kedua tangan, lalu Anda bisa mengangkat kaki dari tanah.

c. Menyentuh kaki
Kebanyakan olahraga jenis ini dilakukan di sekolah saat jam pelajaran olahraga senam. Anda bisa mencoba berdiri tegak, setalah itu membungkukan badan serendah mungkin. Julurkan tangan dengan bentuk lurus hingga jari jemari dapat menyentuh kaki.

2.) Nikmati yoga
Yoga. Melakukan berbagai macam latihan kebugaran dapat meningkatkan tinggi badan Anda secara efektif. Dengan melakukan yoga, Anda bukan hanya dapat meningkatkan kesehatan fisik, namun juga kesehatan mental. Yoga sendiri diteliti mampu memberikan kekenyalan bagi tubuh, sehingga otot mudah meregang dan memanjang. Selain itu, proses latihan pernapasan dan keseimbangan pada latihan yoga juga berpengaruh pada hormon pertumbuhan.

Pada penelitian lainnya disebutkan bahwa banyak sekali gerakan dari yoga yang berpengaruh pada peningkatan tinggi badan. Sebut saja bhujangaasana, sukhasana, vrksasana, talasana dan trikonasana.

Lainnya :

3.) Konsumsi makanan bergizi dan diet sehat
Cobalah untuk berusaha mengkonsumsi banyak makanan bergizi. Tubuh Anda memerlukan banyak asupan nutrisi agar pertumbuhan berjalan dengan lancar. Beberapa nutrisi tersebut juga dapat mempengaruhi tinggi badan, misalnya saja protein, vitamin, kalsium, zinc dan magnesium.

Anda dapat mengkonsumsi makanan berupa sayur, buah, ikan, gandum, telur, ayam dan kacang-kacangan. Selain itu, jika Anda tidak menyukai makanan-makanan tersebut, Anda dapat membeli suplemen herbal yang kaya akan nutrisi, khususnya senyawa zinc.

Beberapa makanan yang bisa membantu merangsang pertumbuhan badan diantaranya sebagai berikut :

a. Ikan
Ikan merupakan salahsatu makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi terutama ikan laut yang biasanya memiliki kandungan protein dan vitamin yang cukup tinggi. Diantara ikan yang mengandung banyak vitamin D dan protein adalah ikan salmon dan tuna, maka dari itu ikan sangat baik untuk menambah tinggi badan.

b. Telur
Kandungan kalsium dan vitamin D dari produk ayam ini cukuo baik untuk menambah tinggi badan dan juga membantu dalam memperkuat tulang, maka dari itu jangan lupa untuk menyertakan telur rebus kedalam menu makan harian Anda. Karena metode persebusan adalah meode memasak makanan yang lebih baik untuk mempertahankan vitamin dan nutrisi yang ada didalamnya.

c. Kedelai dan Tahu
Supaya tulang dapat menyerap kalsium dan juga vitamin secara cepat, Anda membutuhkan makanan yang memiliki kandungan kedelai misalnya saja kacang yang telah diolah menjadi sayur atau bisa juga susu kedelain. Selain itu, lebih dianjurkan lagi mengkonsumsi tahu yang memiliki kandungan lemak yang renda namun tinggi kalsium. Selain bermanfaat untuk menambah tinggi badan, tahu juga bisa membantu dalam menurunkan berat badan Anda.

4.) Tidur nyenyak
Cara menambah tinggi badan secara alami selanjutnya adalah dengan tidur nyenyak setiap malam. Dengan tidur dan bangun lebih awal, sekitar 7 hingga 8 jam, tubuh Anda bukan hanya sehat, namun juga metabolisme serta hormon pertumbuhan akan bekerja dengan efisien. Bahkan, dalam penelitian lainnya disebutkan bahwa tidur berkualitas dapat mempertahankan tinggi dan berat badan yang baik, termasuk melancarkan proses regenerasi jaringan.

5.) Hindari pola hidup kurang sehat
Menghindari sumber masalah-masalah kesehatan adalah cara menambah tinggi badan secara alami dan efektif. Tentu Kita tahu bahwa hormon yang mempengaruhi tinggi badan Kita membutuhkan asupan yang bergizi dan sehat. Ketika makanan yang bergizi dibarengi dengan makanan yang tidak sehat, maka walhasil pola hidup sehat yang Anda lakukan menjadi tidak berguna. Diantara makanan tidak sehat yang paling sering Kita jumpai adalah minuman beralkohol, rokok dan junk food.

Diatas merupakan Cara Menambah Tinggi Badan menggunakan cara Alami, meskipun faktor keturunan masih mempengaruhi tinggi badan namun dengan menjalankan latihan-latihan tertentu dan juga asupan makanan yang bisa menstimulasi pertumbuhan maka seseorang bisa memiliki tinggi badan yang lebih tinggi.

Beberapa faktor yang merupakan faktor penting terjadinya pertumubuhan otot dan tulang diantaranya asupan protein dan kalsium. Protein yang baik bisa didafatkan dari sumber hewani diantaranya daging, unggas, ikan, telur dan susu. Dan dari sumber nabati yakni dari kedelai yang biasanya diolah menjadi tahu, tempe, ataupun susu soya serta kacang-kacangan. Dan untuk kalsium bisa didapatkan dari sus dan biji sesame.

Baca juga : Cara Cepat Menambah Berat Badan secara Alami

Maka dari itu agar tinggi badan bisa optimal biasanya menjaga faktor-faktor tertentu. Faktor yang penting dan harus dipertahankan agar anak yang lahir bisa tumbuh dengan optimal diantaranya adalah menjaga agar asupan nutrisi dan kesehatan tetap baik. Sekian artikel tentang cara menambah tinggi badan secara alami. Anda bisa membaca berbagai informasi seputar kesehatan lainnya di situs Harian Sehat.

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :