Tips Dan Cara Memilih Sabun Mandi yang Baik

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Tips Dan Cara Memilih Sabun Mandi yang Baik, Sabun mandi sudah menjadi kebutuhan kebanyakan masyarakat, bahkan hampir setiap orang. Tentunya masyarakat di Indonesia sudah sangat paham mengenai produk pembersih tubuh ini. Terlebih sangat banyak merek-merek dengan produk yang sekarang hadir dan diperjualbelikan dengan segala slogan-slogan kelebihannya masing-masing. Selain itu, sabun juga kini hadir dengan bentuk, varian, komposisi dan warna yang berbeda-beda. Tentunya hal tersebut bisa membuat Kita lebih mudah mencari. Namun di lain sisi, Kita akan kesulitan mencari mana sabun yang terbaik dan mana yang kurang baik.

Cara Memilih Sabun Mandi yang Baik dan Aman

Untuk dapat memilih jenis sabun mandi yang baik dan benar, Anda harus tahu dulu tujuan membeli sabun tesebut. Karena memang sabun memiliki banyak jenisnya. Misalnya saja ada sabun khusus untuk bayi, sabun untuk jerawat, sabun untuk perawatan wajah dan berbagai jenis sabun lainnya. Selain itu, Anda juga harus mengetahui jenis dari kulit Anda yang sekarang, sehingga nantinya sabun bisa memberi manfaat yang positif dan tidak menimbulkan dampak negatif.

Cara Memilih Sabun Mandi yang Baik dan Benar

Gambar Ilustrasi

Untuk lebih mengetahui mengenai sabun dan bagaimana cara memilihnya. Anda dapat menyimak beberapa tips dan cara memilih sabun untuk mandi di bawah ini. Namun tetap ingat, pada dasarnya semua jenis sabun memiliki efeknya tersendiri pada kulit setiap orang. Maka gunakanlah sabun seperlunya saja dan jangan berlebihan.

1.) Pilih bentuknya
Ada beberapa jenis sabun mandi yang tersebar dipasaran dan diantaranya dibedakan menurut bentuknya. Anda bisa memilih jenis sabun bar atau batang, sabun cair dan gel. Pilih bentuk yang sesuai dengan keinginan Anda. Namun yang paling direkomendasikan adalah sabun gel. Selain praktis, sabun jenis ini juga biasanya lebih hemat. Namun sabun cair dan batangan pun tidak kalah baik, tergantung kualitas dari sabun itu sendiri.

2.) Tingkat keasaman
Sebelum membeli suatu produk sabun mandi, ada baiknya Anda melihat terlebih dahulu label komposisi produksinya. Pastikan tidak ada bahan kimia berbahaya atau alergi yang dapat menimbulkan penyakit pada kulit Anda. Selain itu, perhatikan pula tingkat keasamannya. Tingkat pH kulit adalah faktor penting nan utama yang mempengaruhi apakah kulit Anda akan sehat atau akan muncul masalah.

Sabun yang baik memiliki tingkat keasaman yang sedikit, sekitar 4,5 hingga 5,5 saja. Dengan tingkat normal tersebut, bakteri propionibacterium acnes akan berkembang sangat minimal. Namun begitu, kebanyakan produk sabun mandi saat ini memiliki tingkat pH sebesar 9 hingga 11, sehingga penggunaan berlebihan dapat menyebabkan masalah.

Lainnya :

3. Merek dan harga
Tidak bisa dipungkiri bahwa harga dan merek bisa sangat menentukan kualitas dari suatu produk sabun mandi. Oleh sebab itu, tips memilih sabun untuk mandi selanjutnya adalah dengan melihat apakah merek sabun tersebut sudah terkenal atau belum. Biasanya sabun yang terkenal memiliki review positif yang banyak, sehingga lebih aman untuk digunakan. Selain itu, harga juga menentukan meskipun mungkin saat ini harga sabun masih sangat bersaing.

4. Sesuaikan dengan jenis kulit
Kita memiliki jenis kulitnya masing-masing. Ada jenis kulit yang kering, berminyak dan jenis kulit lainnya. Oleh sebab itu, perawatannya pun berbeda-beda. Anda dapat mengetahui jenis-jenisnya dan sabun apa yang paling cocok untuk digunakan terlebih dahulu sebelum membeli.

A. Kulit berminyak
Kulit berminyak diakibatkan produksi sebum berlebih. Namun jumlah setiap orang dapat berbeda-beda, tergantung keadaan kulitnya masing-masing. Selain itu, orang-orang yang memiliki kulit berminyak biasanya lebih rentan terkena jerawat. Oleh sebab itu, produk sabun mandi yang paling cocok untuk jenis kulit ini adalah sabun dengan kandungan yang kuat. Biasanya komposisi yang tepat adalah garam laut, gula merah dan oatmeal. Anda bisa memilih salah satunya. Selain itu, jika kulit tidak terlalu sensitif, gunakan saja sabun yang dapat mengelupas kulit kering secara ringan sebanyak 2 hingga 4 kali dalam seminggu.

B. Kulit kering
Kulit kering adalah kebalikannya untuk kulit berminyak. Karena terlalu sedikit memproduksi sebum atau minyak alami, kulit dapat menjadi sangat kering dan mudah mengelupas. Oleh sebab itu, jenis sabun yang terbaik untuk jenis kulit ini adalah yang memiliki sifat melembabkan. Selain itu, cari sabun mandi yang dapat menyerap air. Anda dapat mencari sabun dengan salah satu komposisinya berupa cocoa butter, minyak nabati, lidah buaya, minyak jojoba, minyak kelapa ataupun alpukat.

C. Kulit kombinasi
Seperti namanya, jenis yang terakhir ini adalah gabungan dari kulit berminyak dan kering. Pilihan sabun yang terbaik untuk jenis kulit ini adalah yang berbahan gliserin, yang mana mampu menyesuaikan jenis kulit Anda.

Sabun merupakan salah satu kebutuhan bagi setiap orang. Memilih sabun dengan tepat adalah suatu keharusan jika Anda tidak ingin mengalami suatu penyakit atau masalah kesehatan kulit. Oleh sebab itu, menerapkan beberapa tips dan cara memilih sabun mandi yang baik di atas sangatlah di sarankan. Selain itu, Anda pun bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan informasi lainnya yang lebih lengkap.

Baca juga : Cara Tepat Memilih Produk Pembersih Wajah

Penggunaan sabun sekarang ini semakin penting, mengingat suhu udara seringkali panas menyebabkan banyaknya keluar keringat ditambah lagi dengan banyaknya polusi udara maka penggunaan sabun sangatlah wajib untuk membersihkan seluruh kulit tubuh agar kebersihan tubuh tetap terjaga. Sekian artikel tentang cara memilih sabun yang baik, selamat memilih sabun yang cocok untuk kulit Anda.

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :