Cara Memilih Resep Makanan Sehat Saat Sahur Dan Berbuka Puasa

ADVERTISEMENT

HarianSehat.ComCara Memilih Resep Makanan Sehat Saat Sahur Dan Berbuka Puasa, Biasanya pada bulan Ramadhan banyak orang yang tidak bisa mengendalikan diri dari berbagai asupan masakan ketika sahur maupun berbuka puasa. Bahkan ketika berbuka seringkali orang menyantap menu makanan secara berlebihan, hal ini tentu saja beresiko mengganggu kesehatan tubuh.

Cara Memilih Resep Makanan Sehat Saat Sahur Dan Berbuka Puasa

Gambar Ilustrasi

Ketika makan sahur ataupun berbuka puasa dianjurkan untuk tetap bisa memilah dan memilih resep makanan yang akan dikonsumsi, hal ini dianjurkan agar ibadah puasa yang dilakukan tetap berjalan dengan baik tanpa terganggu oleh adanya rasa lemas bahkan mengantuk berlebihan. Apabila ketika sahur mengkonsumsi makanan yang sehat, maka pada saat puasa tubuh akan tetap sehat dan bugar. Oleh sebab itu, memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi merupakan hal yang seharusnya dilakukan.

Resep Makan Sahur dan Berbuka Sehat Ketika Bulan Ramadhan

Diantara resep makanan yang disajikan dan akan dikonsumsi ketika sahur, dianjurkan untuk mencukup gizi dan vitamin harian tubuh yakni mengandung karbohidrat dan juga protein. Karbohidrat bisa didapatkan dari nasi, sedangkan protein bisa didapatkan dari lauk-pauk semisal ikan dan daging-dagingan. Selain itu jangan lupa untuk mengkonsumsi sayur-sayuran. Sayuran penting dikonsumsi agar tubuh mendapatkan gizi dan vitamin lainnya. Makanan tersebut bisa bermanfaat untuk menambah energi pada tubuh ketika berpuasa.

Untuk menu makanan ketika berbuka sebaiknya menu makanan berbuka puasa disajikan secukupnya agar tidak bersisa ketika sahur, pasalnya banyak orang yang menghangatkan makanan sisa berbuka puasa untuk dikonsumsi ketika makan sahur. Hal ini boleh saja, namun tidak dianjurkan karena ketika makanan dimasak berkali-kali maka akan kehilangan kandungan gizi yang berada didalamnya. Jika makanan tersebut kurang baik, bahkan bisa membuat ibadah puasa menjadi terganggu. Maka dari itu, lebih dianjurkan untuk memasak secukupnya untuk sekali waktu, misalnya makanan berbuka puasa dicukupkan hanya untuk berbuka, ketika sahur dicukupkan untuk sahur sehingga makanan tidak ada yang dihangatkan kembali atau terbuang sia-sia.

Ketika mengkonsumsi makanan dibulan ramadhan, sebaiknya hindari konsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak berlebih, dan lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan seperti buah-buahan atau sayuran.  Kemudian, untuk minuman sebaiknya kebutuhan air tubuh bisa terpenuhi dengan baik yakni dengan minum air putih dengan cukup pada saat berbuka maupun ketika sahur. Hal ini bertujuan agar tubuh terhidrasi kembali dapat terhidar dari dehidrasi ketika sedang berpuasa. Sebisa mungkin untuk meminimalkan makanan yang mengandung gula ketika berbuka puasa maupun sahur, hal ini dikarenakan tubuh bisa menjadi lebih cepat lapar, karena tubuh akan cepat melepaskan insulin. Dimana insulin memiliki peran untuk memasukan gula dari dalam darah pada sel-sel pada bagian tubuh untuk digunakan sebagai energi, namun apabila insulin dilepaskan dengan cepat maka akan menyebabkan tubuh menjadi terasa mudah berenergi namun juga menjadi lebih cepat menghabiskan cadangan energi dalam tubuh.

Baca juga : 11 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Jika ingin, maka lebih baik konsumsi buah-buahan yang berserat daripada mengkonsumsi makanan yang bergula.  Ketika berbuka puasa maupun ketika sahur konsumsi makanan secukupnya dan jangan berlebihan, karena jika dilakukan akan beresiko mengganggu puasa dan kesehatan tubuh. Selain itu yang terakhir, Jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan makanan sebelum diolah menjadi masakan atau sebelum dikonsumsi. Sekian cara memilih resep makanan sehat ketika sahur dan berbuka puasa. Jaga selalu kesehatan Anda, Selamat Melaksanakan Puasa..


Lihat Juga :
Updated :