Cara Membuat Masker Bengkoang Sendiri di Rumah

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Membuat masker Bengkoang Sendiri di Rumah, Bengkoang dalam bahasa ilmiah dapat disebut juga dengan nama Pachyrhizus erosus, merupakan salah satu dari sekian banyak tanaman umbi yang dapat dikonsumsi. Di Indonesia, umbi putih atau cormus ini sangat terkenal untuk dijadikan asinan maupun rujak. Selain itu, ternyata kandungan baik yang terdapat pada bengkoang juga dapat dijadikan salah satu bahan dasar krim perawatan kulit dan masker alami.

Cara Membuat Masker Bengkoang

Gambar/Ilustrasi Bengkoang

Dalam banyak penelitian disebutkan bahwa bengkoang memiliki banyak sekali kandungan baik. Diantaranya dalam 100 gram bengkoang terdapat 55 kal energi, 1,4 g protein, 12,8 g karbohidrat, 18 mg fosfor, 0,2 g lemak, 0 SI vitamin A, 15 mg kalsium, 20 mg vitamin C dan 0,6 mg besi. Dengan beberapa kandungan penting di dalamnya, bengkoang sangat cocok untuk perawatan kulit tubuh maupun wajah.

Bagi Anda yang ingin melakukan perawatan kulit namun bingung ingin menggunakan apa dan malas untuk membeli produk-produk kecantikan yang bersifat kimia, maka bengkoang ini adalah salahsatu pilihan bahan alami yang tepat. Anda bisa mengonsumsinya secara teratur untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam. Selain itu, Anda juga dapat membuat masker alami menggunakan bengkoang dan menerpkannya secara konsisten. Ingin tahu bagaimana cara membuat masker bengkoang sendiri di rumah? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

Cara membuat masker bengkoang

Alat dan bahan yang harus dipersiapkan :

1. Sebuah Bengkoang (bisa lebih tergantung keperluan)
2. Parutan atau blender
3. Mangkuk atau cangkir
4. Saringan
5. Pisau

Cara Pembuatan :

1.) Siapkan semua peralatan yang ada pada daftar di atas. Anda bisa menggunakan lebih dari satu bengkoang. Nantinya sisa ekstrak bengkoang dapat disimpan di lemari pendingin untuk digunakan pada waktu lain.

2.) Cuci bengkoang menggunakan air bersih yang mengalir. Jangan lupa kupas seluruh bagian kulit bengkoang hingga tidak tersisa menggunakan pisau yang sudah disediakan sebelumnya.

3.) Setelah dicuci bersih, gunakan parutan untuk memarut bengkoang sembari dimasukkan ke dalam mangkuk ataupun cangkir. Jika Anda memiliki blender, maka alat ini bisa lebih mudah membantu. Jangan lupa untuk membuang sampah atau kulit ke dalam tong sampah.

4.) Diamkan jus bengkoang tersebut di dalam mangkuk dalam beberapa waktu. Nantinya air akan berpisah dengan ampas atau nantinya ampas akan mengendap ke bagian bawah cangkir. Jika sudah mengendap dengan sempurna, buang bagian airnya dan sisakan endapan ampas tersebut.

5.) Ampas bengkoang inilah yang digunakan sebagai bahan utama untuk membuat masker alami di rumah.

Memulai menerapkan masker bengkoang

1.) Bersihkan terlebih dahulu wajah Anda menggunakan krim pembersih ataupun hanya air bersih. Usahakan agar kotoran ataupun bekas riasan benar-benar sudah hilang dari permukaan kulit wajah.

2.) Jika sudah, terapkan krim bengkoang alami tersebut ke seluruh bagian wajah, termasuk ke bagian leher depan dan belakang. Jangan lupa untuk memastikan bahwa tangan Anda dalam keadaan bersih.

3.) Diamkan masker tersebut selama kurang lebih 30 menit hingga kandungan bengkoang menyerap dengan baik ke dalam kulit. Tanda penyerapan tersebut dapat Anda ketahui dengan mudah, yaitu ketika masker mulai mengering.

4.) Selanjutnya Anda hanya perlu mencuci bersih wajah dan leher hingga benar-benar bersih dari masker. Setelah itu keringkan menggunakan handuk yang lembut.

Baca juga : Cara Membuat Masker Wajah Alami

Dengan menerapkan masker bengkoang tersebut secara konsisten, Anda akan mendapatkan banyak sekali manfaat. Diantaranya yang paling umum dan sudah diteliti adalah sebagai pencegah penuaan dini. Hal tersebut dikarenakan kandungan vitamin C, rotenon dan vitamin B1 yang terdapat pada bengkoang dapat secara efektif melindungi wajah dari munculnya bintik-bintik hitam akibat jerawat. Selain itu, masker bengkoang juga diteliti dapat mencerahkan, mendinginkan serta menyehatkan kulit. Bahkan, bengkoang ini sudah sejak lama digunakan oleh para produsen kesehatan dan kecantikan kulit sebagai bahan utama untuk melawan penyakit-penyakit kulit, khususnya jerawat.

Cara membuat masker bengkoang sendiri di rumah pada pembahasan di atas tentunya dapat membuka wawasan Anda, bahwasanya merawat kesehatan kulit tidaklah harus menggunakan produk-produk yang mahal. Dengan hanya menyiapkan bengkoang dan menerapkannya, Anda sudah dengan sangat mudah menjaga kulit dari berbagai jenis penyakit. Terlebih lagi, bengkoang ini juga ternyata bukan hanya bisa dijadikan masker, namun juga bisa dijadikan produk kesehatan dan perawatan kulit lainnya, seperti sebagai lotion, sabun wajah, lulur dan pelembab yang bisa membuat kulit lebih terjaga kesehatannya.


Lihat Juga :
Updated :