Cara Mudah dan Efektif Menghentikan Cegukan

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Tips dan Cara Mudah Efektif untuk Menghentikan Cegukan, Anda tentu pernah mengalami cegukan pada waktu-waktu tertentu yang tak pernah Anda duga sebelumnya. Cegukan atau dalam bahasa medis disebut singultus kadang muncul tiba-tiba dan kadang susah untuk dihentikan. Meskipun Anda sering mendengar kata cegukan, Anda mungkin belum mengetahui apa yang menjadi penyabab cegukan bisa muncul secara tiba-tiba. Beberapa pertanyaan seperti, apa penyebab terjadinya cegukan? Bagaimana cara ampuh agar cegukan dapat berhenti? merupakan segelintir pertanyaan yang mungkin banyak orang yang belum mengetahui jawabanya tersebut.

Cegukan terjadi akibat adanya kontraksi pada organ diafragma lalu menjadikan pita suara mengejang. Kontraksi yang mengakibatkan cegukan ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti terlalu banyak makan, terlalu cepat makan, mengkonsumsi minuman bersoda, perubahan suhu dan juga stress bisa mengakibatkan tubuh mengalami cegukan. Menurut Mayo Clinic.

Tips Cara Mudah dan Efektif Menghentikan Cegukan

Cara Meredakan Cegukan Secara Alami Cepat Dan Efektif

Gambar Ilustrasi

Lalu, Bagaimana Agar cegukan bisa cepat reda dan berhenti? Beberapa cara dibawah ini mungkin bisa menjadi referensi Anda apabila cegukan terjadi. Dilansir dari Huffington Post dan sumber lainnya, simak uraian lengkapnya dibawah ini !

1.) Bernafas
Dalam bernapas ada beberapa cara pernapasan yang dipercaya bisa meredakan cegukan yang terjadi. Dimulai dengan menahan napas, kemudian mengambil napas yang dalam atau dengan menahan napas sembari menututp telinga.

“Dengan menahan napas dapat memberikan tanda kepa otak agar kotraksi diafragma dapat berhenti sehingga cegukan bisa berhenti” Menurut Brian Udermann, Ph.D., Dr. Oz juga memberikan pendapat bahwa sedikit tambahan karbondioksida juga dapat membuat diafragma menjadi lebih santai.

2.) Minum
Banyak yang percaya bahwa air juga bisa menghentikan cegukan, seperti minum air dengan menggunkakan sedotan atau dengan menggunakan gelas yang besar tanpa berhenti.

Berdasarkan Reader Diggest Kanada, apabila tubuh Anda mengkonsumsi air maka akan membuat napas berubah secara tidak sengaja. Hal ini bisa berpengaruh pada kerja organ diafragma. Meskipun dengan menggunakan sedotan, gelas berukuran besar atau meminumnya secara langusng. Ketika minum kontraksi diafragma akan berubah sehingga dapat menghentikan cegukan.

3.) Makan
Makanan-makanan tertentu juga dipercaya dapat membantu dalam meredakan cegukan, seperti gula, selai kacang dan juga es krim. Selain itu, lemon yang diberi gula juga dapat menghilangkan cegukan yang terjadi. Dengan mengkonsumsi maknaan akan menyebabkan kontrakksi diafragma berubah dan sehingga cegukan cepat reda. Meskipun menggunakan gula, namun gunakan gula maksimal satu sendok dan jangan terlalu banyak.

4.) Mengeluarkan Lidah
Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk menghilangkan cegukan yaitu dengan mengeluarkan lidah. Sehingga bagian tenggorokan yang terhubung dengan nasopharunx dan celah yang menuju bagian pita suara dapat terpancing. Hal ini dipercaya bisa membuat cegukan bisa berhenti.

5.) Merasa Terkejut
Anda bisa meminta teman atau seseorang untuk mengagetkan Anda. Apabila tubuh terkejut akan membuat siklus napas berubah, dan juga dengan perasaan terkejut yang dialami maka akan berpengaruh pada perubahan kerja diafragma.

6.) Pengalihan Perhatian
Anda juga bisa mencoba mengehtikan cegukan dengan megalihkan perhatian. Cara ini dipercaya bisa meredakan cegukan yang terjadi. Reader Diggest Kanada memberikan saran agar menggenggam tangan dengan erat sehingga Anda akan terfokus ppada perasaan sakit yang terjadi pada tangan Anda, sehingga dengan mengalihkan perhatian cegukan dapat berhenti dengan sendirinya.

Cara Mudah dan Efektif Menghentikan Cegukan

Diatas merupakan beberapa Tips dan Cara Efektif Menghentikan Cegukan, Anda bisa memilih dan mempraktekan cara diatas yang menurut Anda paling cocok dan bisa mengentikan cegukan yang mungkin tak lekas berhanti. Kadang-kadang, cegukan juga dapat berhenti dengan sendirinya, namun bila terjadi dalam waktu yang agak lama Anda bisa menggunakan tips dan cara diatas agar cegukan dapat segera reda.

Baca juga : Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Semoga artikel tentang mengatasi cegukan diatas bermanfaat dan bisa menambah pengatahuan para pembaca situs Harian Sehat. Masih banyak artikel kesehatan lain yang dibahas di situs ini, umumnya hal-hal sederhana tentang kesehatan juga mengganggu apabila tidak segera dilakukan langkah penyembuhan, maka dari itu masalah kesehatan sekecil apapun harus segera ditangani. Mari Jaga terus kondisi kesehatan tubuh, dan Salam Sehat! untuk para pembaca semua.


Lihat Juga :
Updated :