Cara Efektif Bangun Tidur Pagi Tepat Waktu

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Efektif Agar Bangun Tidur Pagi, Sebagian besar Orang mungkin berusaha keras untuk dapat bangun pada pagi hari. Mereka lakukan segala cara yang cukup rumit untuk melakukannya, misalnya saja menyiapkan jam alarm. Namun begitu, ketika alarm tersebut berbunyi, Mereka hanya bangun untuk mematikannya dan kembali tertidur pulas. Tentunya ada kesalahan yang sudah terjadi.

Cara Efektif Agar Bangun Tidur Pagi Teratur dan Tepat Waktu

Bangun pada pagi dari segi kesehatan memiliki banyak sekali manfaat. Semakin pagi atau shubuh Anda bangun, maka semakin baik kualitas udara yang Anda hirup. Terlebih pada pagi hari masih terdapat banyak gas ozon yang memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, bangun tidur pagi juga membuat Seseorang dapat tidur lebih awal. Membuat organ tubuh bagian dalam dapat bekerja lebih efektif dan efisien.

Cara Efektif Agar Bangun Tidur Pagi

Gambar Ilustrasi

Ketika Anda mengetahui begitu banyak manfaat bangun pagi. Sudah sepantasnya untuk Anda berusaha menerapkannya. Entah apa yang harus dilakukan, terus cobalah melakukannya. Jika gagal pada hari ini, maka coba pada hari esoknya dan seterusnya. Selain itu, untuk membantu Anda mencapai tujuan tersebut, artikel kali ini akan membahas beberapa cara efektif dan ampuh agar bangun tidur pagi. Dengan cara-cara ini, diharapkan Anda bisa tidur dan bangun lebih produktif.

1.) Hindari kopi dan coklat pada malam hari
Untuk dapat bangun pagi dengan keadaan segar bugar, Anda harus bisa tidur dengan kualitas yang baik, yaitu dengan tidur tanpa mengonsumsi kopi atau coklat sebelumnya. Kopi dan coklat diteliti dapat menganggu tidur lebih dari makanan jenis lainnya dan membuat usus Anda bekerja dengan tidak semestinya.

2.) Tidur dengan keadaan nyaman
Ketika tidur, hendaknya Anda dalam keadaan yang tenang, dengan bantal yang nyaman dan tidak membuat punggung keram. Hadapkan badan ke arah kanan, sehingga otak kiri yang lebih banyak bekerja tidak terbebani. Selain itu, tidurlah dalam keadaan bersih, baik keadaan badan maupun tempat tidur. Anda juga dapat melakukan latihan pernapasan dan meditasi jika diperlukan.

3.) Jangan makan malam sebelum tidur
Banyak Orang sebelum tidur Mereka banyak mengkonsumsi makanan dan minuman. Hal tersebut memang bisa membuat Anda kenyang, namun dampaknya bisa buruk pada tubuh Anda, sekaligus kualitas tidur. Ketika Anda makan sebelum tidur, maka proses pencernaan akan membutuhkan waktu, sehingga membuat Anda harus berdiam diri terlebih dahulu sebelum tidur. Hal tersebut juga akan semakin parah jika apa yang dikonsumsi adalah makanan yang berat ketika dicerna. Maka dari itu ketika memutuskan untuk makan malam setidaknya makanlah lebih awal sehingga tidak menggangu waktu tidur Anda.

Lainnya :

4.) Tidur lebih awal
Cara efektif agar bangun tidur pagi selanjutnya adalah dengan tidur lebih awal. Pada dasarnya orang dewasa membutuhkan 7 hingga 8 jam waktu tidur. Oleh sebab itu, jika Anda ingin bangun pagi tanpa terasa terkantuk-kantuk, maka berusahalah untuk tidur lebih awal, misalnya mulai jam 7 atau 8 malam.

5.) Suhu udara yang normal
Kualitas tidur Anda dipengaruhi oleh seberapa panas dan dinginnya suhu di kamar tersebut. Oleh sebab itu, jika Anda ingin mendapatkan waktu tidur yang baik dan bisa bangun lebih awal, maka cobalah untuk menjaga suhu ruangan tempat Anda tidur tetap normal, tidar terlalu dingin dan tidak pula terlalu panas.

6.) Hindari kebisingan
Suara TV, radio, orang mengobrol dan sejenisnya dapat menggangu tidur Anda. Membuat Anda tidur lama namun sebenarnya hanyalah sebenatar, sehingga Anda akan sangat kesulitan untuk bangun pagi dikarenakan mata yang sulit untuk terbuka dan tubuh yang kelelahan. Oleh sebab itu, cobalah untuk selalu mematikan televisi, radio, ponsel, komputer dan sejenisnya agar tidur Anda tidak terganggu oleh suara-suara bising yang mungkin akan muncul.

7.) Olahraga
Olahraga bisa Anda jadikan cara efektif agar bangun tidur pagi selanjutnya. Ketika Anda latihan, tubuh akan banyak bergerak. Memungkinkannya merasa lelah karena banyak energi yang terbuang dan lemak diubah menjadi otot. Hal ini membuat Anda akan tidur lebih awal dan bangun lebih awal pula. Lebihnya lagi, ketika Anda bangun, tubuh akan lebih segar, kuat dan bersemangat.

8.) Buatlah tujuan
Cara terakhir yang dapat Anda terapkan agar bisa bangun dipagi hari yaitu dengan menerapkan suatu tujuan. Ketika Anda ingin melakukan sesuatu pada pagi hari, maka otak akan menstimulus hal tersebut dan menjadikan tubuh lebih termotivtasi ataupun tergerak untuk melakukannya. Ada banyak tujuan yang bisa Anda terapkan, misalnya saja yang banyak dilakukan oleh sebagian besar orang adalah tujuan untuk beribadah, berolahraga, bekerja, sekolah dan lain sebagainya.

Seperti yang diketahui bersama, tidur lebih awal dan bangun lebih pagi memiliki banyak sekali manfaat, baik itu secara fisik maupun psikologi. Oleh sebab itu, sangatlah disayangkan jika Anda melewatinya dan tidak ingin berusaha untuk berubah pola hidup menjadi lebih baik.

Apabila sudah terbiasa bangun pagi, setiap harinya tubuh akan otomatis bangun pada jam tersebut meskipun tanpa menggunakan alarm aaupun tidur sudah larut malam atau begadang. Namun, tidur larut malam atau begadang tentu tidak dianjurkan dari segi kesehatan, karena tentu saja tubuh akan kurang tidur atau kurang waktu dalam beristirahat. Jadi sebaiknya Anda tidur lebih awal untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

Baca juga : Manfaat Tidur Malam Cukup Bagi Kesehatan

Bangun tidur dipagi hari memiliki banyak manfaat yang baik, salahsatunya membuat tubuh menjadi lebih segar sehingga terhindar dari rasa malas. Anda bisa bangun tidur lebih awal ketika matahari belum terbit untuk mendapatkan udara yang masih segar bagi tubuh Anda.

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :