Ketahui Cara Bedakan Sakit Perut Biasa dengan Radang Usus Buntu

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Bagaimana Cara Bedakan Sakit Perut Biasa dengan Radang Usus Buntu? Seringkali radang usus buntu tidak nampak karena letaknya yang berada pada bagian rongga perut. Maka dari itu mungkin banyak orang yang masih bingung apa perbedaan sakit perut biasa dengan sakit radang usus buntu?

Ketahui Cara Bedakan Sakit Perut Biasa dengan Radang Usus Buntu

Gambar Ilustrasi

Bagaimana Cara Membedakan Sakit Perut Biasa dengan Radang Usus Buntu?

Seperti yang dikutip harianSehat dari detikHealth bahwa rasa sakit akibat usus buntu pada umumnya penderita akan merasakan perasaan seperti ditusuk-tusuk dan jika bagian perut kanan bawah ditekan atau diregangkan perasaan sakit akan bertambah hebat. Gejala lainnya bisa juga diikuti dengan demam, mual-mual bahkan muntah. Selain itu terkadang juga disertai dengan diare dan juga ada yang susah buang air besar. Pemaparan ini diungkapkan oleh Dr T. Bahdar Johan, SpPD, yang merupakan dokter dari RS Premier Bintaro.

Lainnya :

Perasaan sakit pada bagian perut kanan bawah merupakan ciri yang khas dari penyakit radang usus buntu. Menurut DR Dr Rino Alvani Gani, SpPD, K-GEH, FINASIM yang merupakan divisi Digestif RSCM Kencana juga berpendapat bahwa pada keadaan awal rasa sakit radang usus buntu tidak khas bisa dirasa pada bagian kanan atau juga tengah namun dalam beberapa jam kemudian rasa sakit biasanya bisa beralih pada bagian kanan bawah perut dan apabila ditekan perasaan sakit akan lebih jauh terasa.

Namun tentu saja perasaan sakit pada bagian kanan bawah perut ini bisa juga disebabkan oleh adanya permasalahan pada organ lain. Seperti yang diungkapkan oleh Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD, KGEH, MMB yang merupakan dokter dari FKUI-RSCM. Dokter Ari Fahrial mengungkapkan bawa perasaan sakit yang muncul pada bagian perut kanan bawah belum tentu dapat disimpulkan sebagai radang usus buntu, karena bisa saja diakibatkan oleh adanya masalah pada orang-organ dalam lain.

Maka dari itu jika muncul gejala-gejala yang timbul seperti rasa sakit pada bagian kanan bawah perut, langsung saja mengkonsultasikannya dengan dokter dan jangan menunda-nunda sehingga rasa sakit pada perut tersebut dapat didiagnosis lebih awal untuk memastikan apakah sakit usus buntu atau ada sebab lain yang menyebabkan rasa sakit pada perut tersebut.

Untuk mengetahui dan mengenali lebih lanjut tentang gejala penyakit usus buntu, Anda bisa membacanya disini.

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :