Cara Ampuh Mengobati Sakit Gigi secara Alami

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Ampuh Mengobati Sakit Gigi secara Alami, Gangguan pada mulut salahsatunya adalah sakit gigi. Banyak yang jadi penyebab mengapa seseorang terkena sakit gigi. Beberapa faktor diantaranya adalah kerusakan yang terjadi pada gigi dan sekitar gigi, seperti iritasi akar gigi, sindrom gigi retak, erosi gigi, dan gangguan lainnya pada rongga gigi.

Sakit gigi bisa menimpa berbagai usia, dari mulai anak-anak, dewasa hingga lanjut usia. Sakit gigi tentu saja akan mengganggu aktivitas rutin sehari-hari. Jika sakit gigi menimpa seseorang akan sangat menyiksa seperti tidak bisa tidur, tidak enak minum. Mengkonsumsi makanan juga menjadi tidak enak. Namun tentu saja makan harus tetap menjadi aktivitas wajib yang tak boleh terlewatkan meskipun sedang sakit gigi dikarenakan tubuh membutuhkan asupan nutrisi. Apabila dibiarkan dalam kondisi tertentu sakit gigi bisa menyebabkan gusi bengkak.

Cara Ampuh Menyembuhkan Sakit Gigi secara Alami

Gigi merupakan salahsatu organ penting untuk meghaluskan makanan yang kemudian dicerna oleh pencernaan. Gigi juga sebenarnya mempunyai pelindung agar tidak terjadi kerusakan pada gigi, disebut juga email gigi. Namun, jika kebiasaan mengkonsumsi manis terlalu berlebihan dan tindakan seperti menggosok gigi dengan teratur diabaikan maka tetap saja gigi bisa berlubang. Jadi untuk penggemar makanan serba manis harus hati-hati. Makanan manis yang biasanya banyak digemari dan dapat merusak gigi adalah cokelat, kue manis, permen dan masih banyak makanan-makanan manis lainnya.

cara menyembuhkan sakit gigi secara alami dan tradisional

Gambar Ilustrasi Gigi

Masalah sakit gigi yang menimpa seseorang biasanya dikarenakan gigi berlubang. Meskipun demikian, kerusakan gigi tentu saja bisa dicegah dengan melakukan kebiasaan sehat untuk merawat gigi, yaitu menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur. Mengurangi makanan yang dapat menimbulkan kerusakan gigi, dan menggunakan produk yang bisa mencegah dari kerusakan gigi.

Dibawah ini merupakan cara ampuh mengobati sakit gigi dengan menggunakan bahan-bahan alami. Baik anak-anak ataupun dewasa dapat mencoba menggunakan bahan-bahan alami tradisional dibawah ini untuk menyembuhkan sakit gigi. Penggunaan bahan alami dibawah ini bisa saja mengobati dengan cepat atau bahkan agak lambat. Bahan-bahan alami dibawah ini murah dan sangat mudah didapatkan disekitar lingkungan Anda. Simak cara mengobati sakit gigi dengan menggunakan bahan-bahan alami tradisional !

1. Bawang Putih
Bawang putih merupakan salahsatu bahan alami yang mudah didapatkan dan salahsatu khasiatnya yaitu dapat menyembuhkan sakit gigi berlubang. Bawang putih telah lama digunakan sebagai bahan alami untuk mengobati beberapa penyakit (baca: manfaat bawang putih) Jika digunakan untuk mengobati sakit gigi, caranya sangat mudah, yakni dengan menghaluskan satu siung bawang putih kemudian campurkan sedikit garam pada bawang putih yang telah dihaluskan terbut. Lalu campuran antara bawang putih dan garam ini dikunyah tepat pada bagian gigi berlubang hingga sakit gigi menghilang. Setelah melakukan cara ini, Anda bisa menggunakan campuran air hangat dan garam untuk berkumur. Penggunaan bawang putih sebagai obat ini karena bawang putih memiliki sifat anti-bakteri dan dapat membunuh kuman yang ada pada gigi, selain itu bawang putih sangat mudah didapatkan.

2. Jeruk Nipis
Air perasan jeruk nipis menjadi bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi. Selain kandungan vitamin C yang ada didalam jeruk nipis, bahan alami ini juga dappat meredakan rasa nyeri pada sakit gigi. Cara penggunaannya pun sangatlah mudah yakni dengan menggunakan air perasan jeruk nipis, kemudian air perasan digunakan secukupnya. Lalu air perasan tersebut dilumurkan pada gigi yang berlubang secukupnya setiap 10-15 menit sekali. Anda bisa melakukan cara ini hingga rasa nyeri yang disebabkan sakit gigi menghilang.

Lainnya :

3. Cengkeh
Kandungan anti-inflamasi, anti-bakteri, anti-oksidan dan anestesi yang terdapat pada cengkeh dapat membantu mengurangi sakit gigi. Caranya sangat mudah yakni dengan meneteskan sedikit minyak cengkeh menggunakan kapas kemudian ditempelkan pada bagian gigi yang terasa sakit. Selain itu Anda juga bisa menggunakan gelas yang diisi minyak cengkeh dan menggunakannya untuk berkumur.

4. Bawang Merah
Bahan alami untuk mengobati sakit gigi selanjutnya yaitu bawang merah. Bawang merah memiliki kandungan anti-mikroba dan anti-septik sehingga bisa berfungsi untuk mengontrol sakit gigi. Gunakan satu siung bawang merah yang masih mentah lalu kunyah dalam beberapa saat untuk meredakan sakit gigi. Namun, apabila tidak bisa mengunyahnya Anda bisa menggunakan sepotong bawang merah mentah yang kemudian dioleskan pada bagian gigi yang sakit. Dengan menggunakan bawang merah dapat mematikan kuman yang dapat menyebabkan infkesi didalam mulut.

5. Merica
Merica bisa digunakan ketika gigi menjadi lebih sensitif. Anda bisa menggunakan merica dan garam dengan jumlah yang sama kemudian Anda campurkan dengan beberapa tetes air sehingga menjadi bentuk pasta. Kemudian Anda bisa menggunakan pasta ini sebagai obat pereda gigi yang sakit dengan cara mengoleskan pada bagian gigi yang sakit dan didamkan selama beberapa menit. Penggunaan cara seperti ini bisa Anda gunakan secara rutin dalam beberapa hari untuk mengatasi sakit gigi berlubang.

6. Air Garam Hangat
Anda bisa membantu mengobati sakit gigi dengan menggunakan segelas air hangat dengan campuran garam. Caranya juga sangat mudah, yakni dengan mencampur setengah sendok garam kedalam segelas air hangat kemudian gunakan air campuran ini untuk berkumur secara menyeluruh. Selain itu, cara ini bisa membantu untuk mengurangi terjadinya pembengkakan dan peradangan dan sekaligus melawan bakteri yang bisa menjadi penyebab infeksi.

7. Daun Jamu Biji
Daun jambu biji juga bisa digunakan untuk membantu meringankan sakit gigi, karena mememiliki kandungan anti-inflamasi, analgesik, dan juga sifat anti-mikroba. Cara penggunaanya yaitu dengan mengunyah satu atau dua lembah daun dan tunggu hingga khasiatnya bekerja. Selain itu, Anda bisa mengolahnya dengan cara merebus 4 hingga 5 daun jambu biji, kemudian Anda bisa menambahkan garam, apabila sudah tidak panas air hasil resbusan tadi bisa digunakan untuk berkumur.

8. Jus Wheatgrass
Wheatgrass mempunyai sifat alami anti-bakteri dan bisa membantu dalam melawan kerusakan gigi yang terjadi selain itu membantu mengobati sakit gigi. Hasil ekstrak dari jus wheatgrass dapat digunakan sebagai obat kumur. Selain itu, jus ini bisa menyerap racun pada bagian gusi, dapat mengurangi pertumbuhan bakteri dan juga mengontrol infeksi. Anda bisa mengunyah wheatgrass jika ingin mencobanya.

Diatas merupakan cara mengobati sakit gigi secara alami dengan menggunakan bahan-bahan alami tradisional. Tentu saja pengobatan semacam ini hanya untuk meredakan rasa sakit yang diakibatkan oleh permasalahan yang ada pada gigi. Untuk perawatan lebih lanjut mengenai permasalahan gigi yang lebih serius, Anda alami bisa mengkonsultasikannya dengan dokter ahli.

Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

Selain bahan-bahan alami diatas, masih banyak lagi bahan alami yang ampuh untuk mengobati sakit gigi sehingga rasa nyeri pada gigi Anda dapat berkurang. Hati-hati terhadap penggunaan obat-obatan yang telah jadi dan dijual dipasaran, banyak obat yang belum memiliki izin dari BPOM dan dikhawatirkan berbahaya bagi kesehatan Anda apabila dikonsumsi. Jadi penggunaan bahan-bahan Alami untuk pengobatan sakit gigi bisa lebih Anda pilih dan bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan sakit gigi Anda. Bahkan tidak hanya sakit gigi tetapi banyak penyakit lain juga bisa disembuhakan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang masih menggunakan pengolahan cara tradisional.

Baca juga : 8 Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka Pada Kulit

Sekian informasi tentang cara ampuh mengobati sakit gigi secara alami, Anda bisa membaca berbagai artikel seputar gaya hidup sehat, penggunaan bahan-bahan alami yang digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh dan informasi kesehatan lainnya di situs HarianSehat.Com Semoga cepat sembuh, jaga kesehatan Anda. Salam Sehat!

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :