Cara Ampuh Mengobati Kapalan Secara Alami dan Tradisional

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Ampuh Mengobati Kapalan Secara Alami dan Tradisional, Salahsatu permasalahan yang sering menimpa kulit adalah kapalan atau dalam bahasa ilmiahnya yaitu Calluses. Kapalan adalah bagian kulit yang mengalami penebalan. Gangguan kapalan terjadi khususnya pada bagian kulit kaki, telapak tangan bahkan pada jari-jari tangan. Meskipun bukan tergolong masalah kesehatan yang berbahaya, namun kapalan akan sangat mengganggu seseorang dalam penampilannya. Sebenarnya kapalan bisa dihindari dengan cara-cara tertentu. Namun apabila Anda sudah mengalami masalah kapalan, tentu saja harus diobati dengan segera agar kulit dapat cepat kembali sehat seperti biasa.

Cara Mengobati Kapalan Secara Alami dan Tradisional

Apa penyebab munculnya kapalan? kapalan disebabkan oleh adanya gesekan yang berlebihan sehingga mengakibatkan kulit mengeras dan menebal. Gesekan tersebut bisa karena memakai sepatu yang terlalu sempit, sepatu hak tinggi atau aktivitas yang berlebihan yang menimbulkan tekanan yang terlalu tinggi pada kaki. Kapalan tidak termasuk masalah kesehatan yang terlalu berbahaya namun, kapalan bisa menimbulkan rasa sakit bahkan bisa menyebabkan infeksi.

cara menghilangkan kapalan secara alami

Gambar Ilustrasi

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kapalan diantaranya dengan menggunakan kaos kaki yang memiliki bahan yang lambut, menggunakan sepatu yang nyaman ketika dipakai, selain itu penggunaan bantalan pada sepatu juga menjadi pencegah terjadinya kapalan.

Cara Ampuh Mengobati Kapalan Secara Alami dan Tradisional

Dibawah ini merupakan cara alami dan tradisional menghilangkan kapalan seperti yang dilansir dari healthmeup, Anda bisa mencobanya :

1.) Cengkeh dan Lemon
Cengkeh dan Lemon jika dikombinasikan bisa menjadi obat alami yang dapat mengikis kulit kapalan. Caranya juga sangat mudah yakni dengan mencampur air lemon dengan cengkeh dalam waktu 15 menit. Lalu keluarkan cengkehnya dan gunakan air lemon yang telah dicampur cengkeh tadi pada bagian kaki. Anda bisa melakukaknya beberapa kali dalam satu hari.

2.) Bawang Putih dan Cuka
Bawang Putih dan Cuka juga bisa menjadi ramuan untuk mengholangkan kapalan. Anda bisa menggunakan campuran tersebut pada sebuah wadah, kemudian wadah tersebut bisa ditempatkan pada tempat yang tersorot sinar matahari. Lalu pada waktu sebelum tidue Anda bisa menggunakan cairan ini pada bagian kapalan Anda. Sehingga kapalan Anda dapat terkikis secara perlahan-lahan.

Lainnya :

3.) Vitamin A atau Vitamin E
Vitamin A atau Vitamin E merupakan salahsatu yang bisa menghilangkan (mengikis) kulit yang terkena kapalan. Anda bisa menggunakan vitamin A atau vitamin E yang dioleskan pada kulit kapalan Anda kemudian tutupi (gunakan) kaus kaki pada bagian kaki Anda, lalu biasrkan vitamin yang dioleskan tadi bekerja melunakan kulit dan membuat kapalan menjadi terkikis dan hilang.

4.) Lemon
Selain penggunaan air lemon untuk kapalan, Anda juga bisa menggunakan kulit lemon untuk membantu menghilangkan kapalan yakni dengan menempelkan kulit lemon tersebut pada daerah kapalan, agar dapat menempel Anda bisa menggunakan plester kulit sehingga kulit lemon bisa menempel.

5.) Baking Soda
Baking Soda juga ternyata bisa membantu dalam menghilangkan kapalan. Caranya cukup mudah yakni dengan menggunakan air hangat kemudian dicampur dengan baking sodan dan rendam kaki selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu untuk mengikis kulit yang kapalan Anda bisa menggunakan batu apung,

Diatas merupakan Cara Ampuh Mengobati Kapalan Secara Alami dan Tradisional, disarankan tidak menggunakan benda-benda tajam untuk menghilangkan kapalan karena bila tidak hati-hati benda tajam akan menyebabkan luka pada kulit dan menyebabkan infeksi. Bahkan akan lebih bahaya apabila seseorang tersebut memiliki masalah pada pembuluh darah atau penyakit diabetes. Penggunaan cara alami seperti diatas tentu lebih direkomendasikan daripada menggunakan benda tajam.

Jika kapalan dalam tahap yang serius bisa menyebabkan rasa sakit dan memerah, bahkan lebih parah kapalan bisa berdarah. Jika keadaan tersebut terjadi maka sebaiknya Anda langsung memeriksakan diri kedokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Baca juga : 8 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

Sebenarnya kapalan merupakan cara yang dilakukan tubuh untuk melindungi dari terjadinya pengelupasan kulit secara tiba-tiba. Namun, dalam tingkat tertentu kapalan bisa mengganggu bahkan menyebabkan nyeri sehingga pengobatan yang cepat dan tepat tentu saja dibutuhkan dalam keadaan ini. Semoga artikel cara menghilangkan kapalan secara alami dan tradisional diatas bermanfaat untuk Anda. Terimakasih telah berkunjung Anda dapat membaca artikel kesehatan lainnya di situs HarianSehat.Com

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :