Cara Ampuh Mencegah Tekanan Darah Tinggi Penyebab Stroke

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Ampuh Mencegah Tekanan Darah Tinggi, Kasus darah tinggi atau hipertensi merupakan kasus yang dialami banyak orang, namun sebagain besar dari mereka tidak menyadari bahwa mereka mengalami darah tinggi. Bahkan hipertensi disebut dengan ‘silent killer’. Dan menurut data dari WHO (World Health Organization) kasus tekanan darah tinggi terjadi setidaknya satu dari tiga orang selain itu, banyak yang tidak menyadari bahwa mereka menderita darah tinggi.

Akibat dari tekanan darah tinggi atau hipetensi ini bisa menyebabkan serangan jantung, stroke, jantung koroner dan juga gagal jantung. Diberbagai negara kasus hipertensi semakin meningkat dikarenakan sebagian besar karena banyak makanan yang memiliki kadar garam yang tinggi, dan masalah obesitas juga menjadi salahsatu penyebabnya.

Cara Mencegah Tekanan Darah Tinggi Penyebab Stroke

Cara Ampuh Mencegah Hipertensi

Gambar Ilustrasi

Dengan semakin banyak munculnya kasus tekanan darah tinggi maka langkah pencegahan dini tentu sangat dianjurkan daripada pengobatan. Jika dapat membiasakan mengatur pola hidup sehat dan makan teratur, darah tinggi bisa dicegah sedini mungkin. Anda bisa melakukan beberapa cara dibawah ini untuk menurunkan tekanan darah tinggi, simak uraiannya dibawah ini seperti yang dilansir dari healthMeUp.

1.) Mengurangi Garam
Salahsatu cara untuk mencegah tekanan darah tinggi yaitu dengan cara membatasi asupan garam pada makanan sehingga tekanan darah tinggi dalam tubuh dapat terkontrol dan untuk mereka yang belum terkena tekanan darah tinggi hal ini merupakan salahsatu langkah yang harus dilakukan jika tidak ingin terkena darah tinggi. Menurut World Health Organization (WHO) menyarankan untuk melakukan pembatasan terhadap konsumsi sodium hingga 2000 mg atau setara dengan satu sendok teh garam setiap harinya. Selain daripada itu, Anda harus mewaspadai banyaknya kandungan garam pada berbagai makanan hasil olahan dan berbagai produk makanan kemasan.

2.) Konsumsi Potasium
Potasium atau kalium ternyata bisa membantu dalam menurunkan tekanan darah. Umumnya setiap orang disarankan untuk mengkonsumsi potasium sebanyak 3.510 mg setiap harinya. Anda dapat menemukan berbagai makanan yang menjadi sumber potasium, diantaranya buncis, kacang tanah, dalam jenis buah-buahan potasium terdapat pada buah kurma, pisang, pepaya, dalam jenis sayuran potasium terdapat pada bayam, kubis, dan masih banyak sumber potasium lainnya pada berbagai sayuran dan buah-buahan lainnya juga.

Lainnya :

3.) Modifikasi Diet
Dalam menjaalankan diet, Anda bisa sekaligus melakukan pencegahan terhadap tekanan darah tinggi yakni dengan mengurangi berbagai makanan olahan dan minimal mengkonsumsi sampai dengan lima porsi buah dan sayuran yang mengadnung banyak serat. Selain itu tentu saja Anda harus mengurangi makanan yang mengandung banyak garam. Anda lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang rendah sodium dan kaya dengan potasium sehingga tekanan darah dapat diturunkan, selain itu hindari makanan berlemak dan makanan sejenis gorengan.

4.) Menjaga Berat Badan
Pada umumnya orang yang memiliki tekanan darah tinggi memiliki kondisi berat badan berlebih. Dengan menurunkan berat badan, bisa membantu juga dalam menurunkan tekanan darah. Dan banyak orang yang mempercayai bahwa kebanyakan orang yang memiliki berat badan berlebih makan semakin tinggi pula resiko tekanan darah tingginya.

5.) Olahraga
Dari waktu-kewaktu apabila seseorang terus dalam keadaan pikiran yang stress dan menekan biasanya bisa membuat tekanan darah menjadi naik. Maka dari itu, olahraga merupakan salahsatu cara untuk mencegah sekaligus mengontrol dari tekanan darah tinggi. Anda harus memiliki waktu istirahat yang cukup, bernapas dalam, bermeditasi, yoga dan juga berolahraga minimal 30 menit dalam sehari sehingga pikiran menjadi rileks dan terhindar dari stress. Olahraga bisa juga dengan melakukan jalan kaki, jogging, bersepeda, ataupun berenang.

Diatas merupakan beberapa Cara Ampuh Mencegah Tekanan Darah Tinggi, Anda bisa mulai membiasakan diri melakukan kebiasaan diatas sehingga terhindar dari tekanan darah tinggi atau hipertensi. Menjaga pola hidup sehat sangat penting karena tidak hanya hipertensi yang dapat dicegah tetapi berbagai penyakit lainnya. Mengkonsumsi gizi seimbang, olahraga dan istirahat teratur merupakan beberapa pola hidup sehat yang wajib dilakukan setiap harinya agar tubuh tetap dalam keadaan yang sehat.

Cara Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Apalagi sekarang penyakit hipertensi tak pandang usia, dulu hipertensi sering dikatikan dengan penyakit orang tua. Namun sekarang usia belasan tahun juga bisa terkena hipertensi, tak ada hubungannya dengan umur hanya resiko semakin bertambah umur seseorang maka resiko hipertensi memang labih besar. Seseorang dapat dikatakan terkena hipertensi apabila tekanan darah daiatas normal atau 120/80. Maka dari itu agar terhindar dari hipertensi maka langkah pencegahan harus dilakukan sedini mungkin.

Baca juga : Gejala Hipertensi

Terimakasih telah berkunjung pada artikel berjudul Cara Ampuh Mencegah Tekanan Darah Tinggi semoga bermanfaat dan dapat memberikan informasi tentang cara pencegahan terhadap masalah kesehatan hipertensi ini. Anda juga bisa membaca artikel lainnya dan berlangganan newsletter kami untuk mendapatkan artikel terbaru setiap minggunya atau bisa membaca langsung informasi kesehatan lainnya langsung di situs HarianSehat.Com. Jaga selalu kesehatan Anda, dan salam sehat!

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :