11 Cara Alami Mengecilkan Pori-Pori Wajah

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah secara Alami, Pori-pori wajah memiliki fungsi yang sangat penting. Diantaranya adalah menjadi penyedia minyak alami untuk membuat kulit tetap terhidrasi, sekaligus membuatnya halus dan bernapas. Selain itu, pori-pori juga memiliki tanggung jawab dan fungsi lainnya, seperti menghilangkan atau membuang racun dari tubuh. Namun begitu, pori-pori dapat membesar jika mengalami sumbatan atau pelebaran, sehingga lebih mudah terjangkit penyakit.

Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah secara Alami

Pori-pori yang besar dan terbuka biasanya banyak dialami oleh orang-orang dengan kulit berminyak yang cenderung berlebih. Selain itu, pori-pori yang lebar juga biasanya terdapat pada bagian hidung, dimana terdapat kelenjar minyak yang lebih banyak dibandingkan area lainnya. Oleh sebab itu, jika Anda ingin memiliki kulit wajah yang sehat dan mulus, mencegah pori-pori terbuka terlalu lebar adalah hal yang sangat penting.

Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Alami

Gambar Ilustrasi

Sebelum masuk ke bagian pembahasan mengenai bagaimana cara perawatan alami mengecilkan pori-pori wajah, Anda perlu tahu dahulu bahwa ada berbagai macam faktor yang menyebabkan pori-pori melebar. Diantaranya yang paling umum adalah akibat jerawat, makeup, genetika, stres, pelembab berlebih dan penuaan. Selain itu, penggunaan produk kecantikan yang tidak sesuai standar, hormon berlebih saat kehamilan, menopuse dan pubertas juga bisa menjadi faktor membesarnya pori-pori wajah.

Dibawah ini ada beberapa tips dan cara mengecilkan pori-pori wajah dengan menggunakan bahan-bahan dan ramuan herbal alami yang dapat dengan mudah ditemukan dirumah Anda, simak uraian lengkapnya!

1.) Es batu
Es batu adalah obat super instan untuk merangsang sirkulasi darah dan menjadikan kulit Anda lebih sehat. Mencuci wajah menggunakan es batu mampu mengencangkan pori-pori, hal tersebut dikarenakan adanya sifat dingin dari es yang dapat dijadikan toner alami. Untuk mendapatkan manfaat lebih, Anda dapat menggabungkan air es dengan lemon dan tomat. Obat ini sendiri dapat digunakan oleh siapa saja, kecuali orang-orang yang sedang mengidap penyakit meningitis atau sinusitis.

2.) Madu
Madu memiliki sifat antibakteri yang dapat menyembuhkan dan melawan berbagai jenis bakteri dan kotoran. Selain itu, kandungan kalium-nya yang tinggi juga dapat membunuh bakteri penyebab pori-pori tersumbat. Anda dapat membuat ramuan madu untuk menjadikannya masker wajah. Selain itu, Anda juga bisa menamahkan yogurt untuk meningkatkan khasiatnya. Yogurt sendiri diteliti memiliki senyawa asam laktat yang dapat membersihkan pori-pori dan mengelupaskan kulit-kulit yang mati.

3.) Gula dan minyak zaitun
Gula dan minyak zaitun adalah obat herbal yang baik untuk kulit wajah. Anda dapat mencampurkan 2 sdm gula dengan 1 sdm minyak zaitun. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes jus lemon untuk meningkatkan manfaatnya. Setelah semuanya diaduk rata, Anda dapat menerapkannya pada wajah sembari digosok lembut selama 30 detik. Setelah itu, lanjutkan dengan membilasnya menggunakan air dingin. Lakukan cara ini seminggu sekali.

4.) Putih telur
Cara mengecilkan pori-pori wajah selanjutnya adalah dengan menggunakan putih telur. Putih telur sendiri diteliti mengandung senyawa asam amino dan enzim yang dapat meremajakan kulit dan mengecilkan pori-pori. Anda bisa memisahkan putih telur dari kuningnya. Setelah itu menerapkannya pada seluruh bagian wajah menggunakan kertas tisu. Diamkan hingga mengering seperti topeng. Selain untuk mengecilkan pori-pori wajah, putih telur juga dapat mengangkat kotoran dan minyak berlebih.

5.) Almond
Sifat restoratif yang terdapat pada kacang almond mampu meminimalkan pori-pori yang terbuka, bahkan membuatnya lebih halus dan lembut. Anda dapat mengambil 5 hingga 6 biji kacang almond, setelah itu menghancurkannya. Lanjutkan dengan menambah beberapa tetes jus lemon hingga adonan berbentuk pasta. Terapkan pada wajah hingga 20 menit lamanya, setelah itu bersihkan dengan air dingin.

6.) Cuka apel
Cuka apel dapat Anda jadikan cara mengecilkan pori-pori wajah yang efektif. Sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba pada cuka sari apel dapat mengencangkan pori-pori wajah Anda, sekaligus menjaga tingkat keasaman atau pH kulit. Untuk mengolahnya sendiri cukup mudah, Anda hanya perlu menerapkan cuka sari apel ke seluruh bagian wajah menggunakan bola kapas. Diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih.

7.) Jus Timun
Bahan alami lainnya yang bisa digunakan yakni menggunakan jus ketimun. Caranya yakni dengan menghaluskan ketimun dan oleskan pada bagian wajah, lalu diamkan untuk beberapa menit hingga mengering. Setelah itu Anda bisa membilas seluruh bagian wajah hingga bersih.

8.) Lemon
Selain beberapa bahan alami diatas, cara mengecilkan pori-pori bisa dengan menggunakan lemon. Penggunaanya pun juga sangat mudah yakni dengan menggunakan perasan setengah buah lemon kemudian oleskan perasan tersebut pada bagian wajah. Lemon adalah astrigent alami yang bisa membantu mengencangkan kembali pori-pori kulit dan juga memiliki fungsi sebagai bahan alami yang bisa memutihkan wajah.

9.) Tomat
Selain lemon, tomat juga bisa digunakan untuk menceilkan pori-pori yakni dengan menumbuk tomat hingga halus dan setelah itu Anda bisa mengoleskannya pada bagian wajah dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat lalu Anda bisa mencuci wajah Anda dengan menggunakan pembersih muka yang bergunakan untuk menghilangkan sisa-sisa tumbukan tomat. Jangan lupa untuk membilas wajah dengan air dingin hingga bersih. (Baca juga : Manfaat Jus Tomat)

10.) Baking soda
Ada banyak sekali manfaat baking soda untuk kesehatan dan beberapa diantaranya berhubungan dengan kuliat dan wajah. Salah satunya adalah sebagai agen pengelupasan, sekaligus menghilangkan minyak berlebih dan kotoran pada kulit, dimana semua itu adalah penyebab meluasnya pori-pori. Untuk menerapkannya, Anda hanya perlu mencampurkan baking soda dengan air hingga menjadi pasta. Setelah itu oleskan ramuan tersebut ke seluruh wajah sembari dipijat dengan gerakan melingkar. Diamkan hingga 5 menit, lalu bilas dengan air dingin.

11.) Menjaga Kebersihan Wajah
Penyebab utama yang mengakibatkan pori-pori terlihat besar yakni ketika ada kotoran yang tersumbat pada bagian kulit wajah. Maka dari itu, dianjurkan untuk selalu membersihkan bagian wajah yang disertai juga pemakaian pelembab, Saat membersihkan wajah dari sabun, sebaiknya menggunakan air dingin karena air dingin bisa berguna untuk mengecilkan bagian pori-pori pada wajah.

Diatas merupakan cara mengecilkan pori-pori wajah, diharapkan dengan adanya informasi ini bisa mengatasi masalah pori-pori besar yang mungkin sedang Anda Alami. Masalah pori-pori besar yang disebabkan faktor genetik terkadang sulit untuk diatasi namun Anda bisa mencoba cara-cara alami untuk membuat pori-pori Anda lebih baik sehingga kulit wajah bisa lebih terlihat bersih, lembut dan sehat.

Untuk menjaga kulit wajah Anda agar tidak kasar dan kusam sebaiknya Anda menghindari beberapa penyebab pori-pori membesar seperti paparan sinar matahari, kebersihkan kulit harus elalu dijaga, dan kenali jenis kulit yang Anda miliki.

Baca juga : Cara Mencegah Munculnya Bekas Jerawat pada Wajah

Sekian artikel tentang cara alami mengecilkan pori-pori wajah, semoga dengan mengikuti cara alami ini kulit wajah Anda bisa tetap sehat, halus dan bersinar sehingga bisa mengembalikan rasa percaya diri Anda.

Info :

    cara mengecilkan pori pori wajah dan menghilangkan komedo, cara menghilangkan pori pori dan komedo, masker alami penghilang komedo dan mengecilkan pori, cara alami mengecilkan pori2 dan komedo, cara mengecilkan pori pori wajah akibat komedo, cara mengecilkan pori2 dn, cara menghilangkan pori-pori besar dan komedo secara alami, Foto Pori Pori Wajah

Lihat Juga :
Updated :