Cara Alami Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Minum Obat

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Mengatasi Sakit Kepala Secara Alami Tanpa Minum Obat, Masalah sakit kepala merupakan masalah kesehatan yang banyak orang alami. Sakit kepala meskipun tampak seperti masalah kesehatan yang ringan namun sakit kepala akan sangat menggangu aktivitas harian yang Anda lakukan.

Kadang kala ada beberapa penyakit sakit kepala yang merupakan gejala-gejala penyakit tertentu, namun apabila sakit kepala yang Anda alami merupakan jenis yang ringan, tanpa mengkonsumsi obatpun sakit kepala yang Anda rasakan akan hilang.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Secara Alami Tanpa Minum Obat

Sebisa mungkin untuk tidak meremehkan gejala kesehatan sekecil apapun, misalnya sakit kepala. Karena jika dibiarkan begitu saja maka sakit kepala akan menggangu syaraf otak Anda.

Cara Alami Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Minum Obat

Gambar Ilustrasi

Cara Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Minum Obat

Maka dari itu dibawah ini Harian Sehat merangkum beberapa cara alami yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit kepala sehingga dapat cepat hilang. Simak uraian nya dibawah ini!

1.) Minum Air
Kebanyakan penyebab utama seseorang mengalami sakit kepala yaitu karena dehidrasi. Maka dari itu, ketika Anda merasakan sakit kepala, Anda bisa langsung mengkonsumsi satu gelas air putih. Usahakan jangan minum dulu minuman yang memiliki kafein seperti kopi dan teh, karena kafein dipercaya dapat mengurangi cairan tubuh.

2.) Pijat Kepala
Apabila sakit kepala menyerang, cara mengatasi sakit kepala bisa dengan melakukan pijatan-pijatan lembut selama 10-15 detik, kemudian biarkan dan ulangi langkah tersebut hingga sakit kepala hilang. Dengan melakukan pijatan pada kepala, maka ketegangan ototkepala dapat dikurangi dan sirkulasi darah dapat meningkat sehingga menjadi lebih baik.

3.) Pola Makan
Pola makan seimbang merupakan hal yang harus dibiasakan agar Anda tidak terkena serangan sakit kepala. Karena jam makan yang tidak teratur dan tidak seimbang akan membuat tubuh kurang mendapatkan energi, karena glukosa dibutuhkan oleh otak, dan ketika tubuh kekurangan glukosa yang berasal dari makanan, bisa menyebabkan hipoglikemia yang menjadikan seseorang sakit kepala. Maka dari itu, jam makan Anda harus teratur dan mencukupi gizi harian sehingga motabolisme tubuh dapat berjalan dengan baik dan terhindari sari sakit kepala.

4.) Tidur Cukup
Istirahat dengan waktu tidur yang cukup dan posisi postur yang tepat dibutuhkan oleh tubuh agar sakit kepala tidak menyerang Anda. Ketika seseorang kurang tidur maka tubuh akan kelelaha dan bisa mengakibatkan sakit kepala.

Lainnya :

5.) Istirahat Sebentar
Apabila tubuh merasakan lelah ketika Anda berakitivitas, maka tidak ada salahnya untuk mengistirahatkan tubuh Anda sebentar. Cara sederhana bisa Anda lakukan dengan menutup mata dan kemudian lepaskan seluruh ketegangan pada tekanan punggung, bahu dan leher hingga sakit kepala mereda.

6.) Mandi Air Hangat
Mandi dengan menggunakan air hangat bisa mengendurkan otot-otot pada bagian leher dan kepala Anda. Dengan cara ini aliran darah seluruh tubuh Anda akan menjadi lancar, dan sakit kepala yang Anda alami akan hilang.

7.) Hirup Udara Segar
Cara mengatasi sakit kepala selanjutnya yaitu dengan cara menghirup udara segar. Caranya dengan menghirup udara pagi yang segar dan mendalam. Cara ini dipercaya ampuh untuk meredakan sakit kepala, maka dari itu jika Anda merasakan sakit kepala segera hirup udara segar dan tenangkan seluruh tubuh dan pikiran Anda.

8.) Olahraga Teratur
Dengan melakukan olahraga secara teratur maka keadaan tubuh akan menjadi lebih fleksibel dan bisa mencegah berbagai masalah seperti kaku atau nyeri pada bagian otot yang biasanya menjadi penyebab sakit kepala. Dengan melakukan olahraga maka suplai oksigen ke tak akan semakin baik. Oleh karena itu, olahraga menjadi salahsatu hal yang cukup penting yang bisa memabntu menghilangkan sakit kepala. Tentu saja tak perlu melakukan olahraga yang berat, membiasakan jogging selama 30 menit saja setiap harinya sudah cukup untuk membuat tubuh segar dan sehat.

9.) Hindari Laptop
Ketika mengalami sakit kepala sebaiknya hindari berhubungan dengan laptop. Biasanya dalam hal pekerjaan yang menuntut setiap pekerja untuk duduk menghadap layar laptop, hal ini sebenarnya cukup melelahkan. Terlalu lama berhadapan dengan layar laptop bisa menjadi pemicu terjadinya ketegangan pada mata dan jaga sakit kepala. Selain itu, biasanya otot leher juga menjadi kaku, maka dari itu biasakan untuk melakukan istirahat setiap 1 atau 2 jam sekali dengan jeda 5-10 menit.

Sekian Cara Mengatasi Sakit Kepala Secara Alami Tanpa Minum Obat, dengan melakukan cara alami diatas maka sakit kepala yang Anda alami akan hilang dan dapat diatasi tanpa menggunakan obat-obatan kimia yang bisa berbahaya untuk tubuh Anda.

Penggunaan obat-obatan sebenarnya tidak masalah jika obat yang dikonsumsi merupakan produk yang telah dipercaya dan sesuai anjuran dari tenaga medis, namun sebisa mungkin hindari ketergantungan dengan obat-obatan karena dalam jangka panjang obat memiliki efek samping bagi kesehatan tubuh Anda lainnya. Maka dari pencegahan terhadap berbagai penyakit bisa Anda lakukan dengan cara membiasakan diri melakukan gaya hidup sehat dan berolahraga dengan rutin.

Baca juga : Penyebab Sakit Kepala Berkepanjangan

Sekian artikel tentang “Cara Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Minum Obat”, semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca semua. Artikel kesehatan lainnya juga bisa Anda baca di situs HarianSehat.Com penyedia informasi kesehatan Anda. Jaga selalu kesehatan Anda dan Salam Sehat!

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :