Cara Alami Mengatasi Kulit Wajah Berminyak Berlebihan

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Cara Alami Mengatasi Kulit Wajah Berminyak Berlebihan, Minyak pada wajah memiliki peran yang sangat penting. Salah satunya adalah sebagai pelembab alami yang memungkinkan kulit wajah tidak mengalami kekeringan dalam waktu yang lama. Selain itu, kelenjar minyak juga dapat berfungsi untuk mengurangi risiko penuaan dini, termasuk garis-garis kerutan yang biasanya muncul pada bagian kulit wajah dan tubuh.

Meskipun mempunyai manfaat yang besar, memiliki minyak pada kulit apabila terlalu berlebihan juga tidak baik bagi kulit wajah Anda. Terlebih jika Anda sangat jarang merawatnya, sehingga kotoran, debu dan bakteri melekat dengan kuat pada kelenjar minyak. Nantinya penyumbatan akibat minyak dan kotoran tersebut bisa menghasilkan berbagai macam masalah pada kulit, seperti flek hitam, komedo dan jerawat. Minyak berlebih pada kulit ini bisa terjadi baik pada pria maupun wanita, biasanya minyak berlebih juga muncul setelah seseorang bangun tidur. Seringkali minyak berlebih ini kemudian memunculkan komedo dan jerawat pada kulit wajah dan akhirnya meninggalkan flek hitam bekas jerawat. Wajah akan nampak mengkilap, terlihat kurang segar dan kotor.

Anda juga harus berhati-hati terhadap penggunaan bedak, sabun muka dan sejenisnya, hal ini karena jika salah diaplikasikan pada wajah berminyak yang memiliki kecenderungan sensitif akan menimbulkan komedo dan juga jerawat. Namun, hal tersebut bisa dihindari dengan mencocokan terlebih dahulu dengan wajah yang Anda miliki.

Cara Mengatasi Wajah Berminyak Berlebih secara Alami

Cara Alami Mengatasi Kulit Wajah Berminyak Berlebih

Gambar Ilustrasi

Oleh sebab itu, beberapa cara mengatasi wajah berminyak di bawah ini akan menjelaskan kepada Anda, bagaimana caranya memiliki wajah yang minyak seimbang sehingga wajah menjadi tetap sehat. Beberapa diantaranya menggunakan bahan-bahan alami yang terkenal akan bebasnya efek negatif. Selain itu, ada pula bantuan-bantuan lainnya yang mungkin Anda butuhkan.

1.) Tomat
Tomat mengandung senyawa yang bersifat astringent. Senyawa tersebut dapat bermanfaat untuk menghilangkan kelebihan minyak serta kotoran di kulit wajah. Selain itu, tomat juga diteliti bermanfaat untuk mencerahkan kulit, serta berfungsi sebagai exfoliant. Lebih dari itu, tomat juga mengandung antioksidan yang dapat menahan kulit dari terpaan radikal bebas.

Anda dapat mengolah tomat menjadi pasta. Setelah itu terapkan ramuan tomat tersebut ke seluruh bagian wajah. Diamkan hingga masker tomat tersebut benar-benar mengering, lalu lanjutkan dengan membilasnya menggunakan air bersih.

2.) Air jeruk
Seperti yang Kita ketahui bersama, jeruk adalah buah yang kaya akan vitamin C. Kandungan baik yang banyak pada buah ini diteliti mampu melembabkan kulit serta menyingkirkan berbagai macam kotoran dan sel-sel kulit mati yang ada pada permukaan wajah. Olahan air jeruk juga mampu menyingkirkan minyak berlebih yang terjebak bersamaan dengan pori-pori kulit yang tersumbat kotoran.

Lainnya :

Anda dapat mengolah jeruk ataupun lemon dengan cara di jus terlebih dahulu. Setelah itu gunakan air ekstraknya untuk diterapkan pada wajah. Diamkan selama 20 menit, setelah itu bilas dengan air bersih. Kandungan baik lainnya yang terdapat pada jeruk dan lemon juga dipercaya dapat mengencangkan dan menghilangkan noda hitam pada wajah.

3.) Lidah buaya
Cara mengatasi wajah berminyak yang efektif dan aman selanjutnya adalah dengan menggunakan tanaman aloe vera. Lidah buaya sendiri diteliti mampu menjadi pelembab alami, sekaligus sebagai penyerap kelebihan minyak pada wajah. Anda hanya perlu menguliti lidah buaya atau aloe vera hingga tersisa bagian gelnya saja. Setelah itu terapkan gel tersebut ke seluruh bagian wajah. Diamkan hingga mengering, lalu lanjutkan dengan membilasnya hingga bersih.

4.) Yoghurt
Yoghurt dengan kandungan rendah lemak dapat berfungsi sebagai exfoliat ringan serta pembersih untuk kulit wajah. Anda dapat menerapkan yoghurt segar pada seluruh bagian wajah hingga kering. Lanjutkan dengan membersihkannya menggunakan air bersuhu dingin. Yoghurt bukan hanya bisa dijadikan cara mengatasi wajah berminyak, namun juga dapat menghilangkan kotoran dan debu penyebab penyakit kulit.

5.) Apple dan madu
Apel memiliki sifat asam yang dapat menahan kelebihan minyak pada wajah. Dilain sisi, madu berfungsi sebagai pelembab alami, sehingga efek jus apel tidak membuat wajah Anda terlalu kering. Untuk menerapkannya sendiri cukup mudah, Anda hanya perlu membuat jus apel segar. Lanjutkan dengan menambahkan 1 sdm madu hingga jus menjadi pasta. Terapkan ramuan herbal tersebut ke seluruh bagian wajah hingga kering, lanjutkan dengan membilasnya.

6.) Gunakan toner bebas alkohol
Jika Anda suka menggunakan toner, maka carilah yang bebas dari alkohol dan aseton. Selain itu, penerapannya pun harus benar dan sesuai dengan petunjuk. Anda harus meneteskan toner pada kapas yang benar-benar bersih. Setelah itu usapkan kapas tersebut ke bagian kulit wajah Anda. Namun perlu diingat, ahli dermatologist menyatakan bahwa toner dapat membuat kulit kering. Oleh sebab itu, usahakan untuk menerapkan toner hanya pada bagian yang benar-benar berminyak.

7.) Kunjungi dokter kulit Anda
Mengujungi para ahli adalah cara mengatasi wajah berminyak yang paling tepat dan efisien. Kita perlu tahu bahwa perawatan menggunakan bahan-bahan herbal tidak selalu berhasil pada setiap orang. Oleh sebab itu, Anda harus berkonsultasi kepada dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Termasuk meminta rekomendasi perawatan.

Diatas merupakan beberapa cara mengatasi kulit wajah berminyak dengan menggunakan bahan-bahan alami dan tradisional. Namun, apabila wajah masih memiliki masalah minyak berlebih sebaiknya Anda langsung berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang lebih tepat.

Masalah kulit berminyak memang merupakan masalah yang umum terjadi di negara kita karena memiliki dua musim yakni musim kemarau dan musim hujan, maka dari itu perawatan terhadap kulit menjadi sangat diperlukan agar kulit tetap sehat dan terhindar dari masalah minyak berlebih dan yang lainnya.

Baca juga : Cara Alami Memutihkan Kulit Wajah

Agar tidak mudah berjerawat kulit wajah harus tetap dalam keadaan yang bersih dengan cara mencuci kulit wajah secara teratur dengan menggunakan sabun yang dikhususkan untuk wajah. Biasanya mencuci muka dilakukan 3 hari sekali, Anda bisa menyesuaikan dengan aktivitas yang Anda lakukan. Selain itu konsumsi makanan juga harus diperhatikan, sebaiknya hindari makanan yang manis, hindari begadang, dan hindari stres.

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :