Bahaya Terlalu Banyak Tidur Bagi Kesehatan

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Bahaya Terlalu Banyak Tidur Bagi Kesehatan, Salahsatu hal utama untuk hidup sehat adalah memiliki kualitas tidur yang cukup dan juga berkualitas. Seperti yang telah di share pada artikel sebelumnya tentang Kebutuhan Jam Tidur Berkualitas Berdasarkan Usia. Bahwa tiap usia memiliki durasi tidur masing-masing agar mendapatkan istirahat tubuh yang berkualitas sehingga tubuh selalu sehat.

Biasanya banyak orang yang terlalu banyak tidur dikarenakan tidak ada aktivitas ataupun kurang tidur karena aktivitas yang terlalu padat. Padahal pola tidur yang tidak berkualitas menjadikan kesehatan seseorang terpengaruh. Baik itu pengaruh dari kurangnya waktu tidur ataupun kebanyakan tidur. Kebanyakan pengaruh tersebut kurang baik bagi kesehatan, maka dari itu Anda sebaiknya tidur dengan pola yang sehat agar mendapatkan kualitas tidur yang berkualitas bagi tubuh Anda.

Bahaya Terlalu Lama Tidur untuk Kesehatan

Bahaya Terlalu Banyak Tidur Bagi Kesehatan

Gambar Ilustrasi

Kurang tidur kurang baik bagi kesehatan, karena bisa memicu munculnya berbagai penyakit, diantaranya : penyakit hipertensi, obesitas bahkan penyakit jantung. Tak hanya kurang tidur tapi terlalu banyak tidur juga kurang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Dampak dan Bahaya Terlalu Banyak Tidur

Dibawah ini merupkan beberapa dampak negatif terlalu banyak tidur seperti yang dikutip dari Huffington Post dan sumber lainnya.

1. Meningkatkan Resiko Depresi
Hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2014, menunjukan bahwa durasi tidur yang terlalu lama dapat menaikan resiko terkena depresi. Pada orang yang telah berusia dewasa yang durasi tidurnya antara 7 hingga 9 jam hanya memiliki resiko terkena depresi sekitar 27% sedangkan pada sample orang yang tidur hingga sembilan jam lebih resiko terkena despresi mencapai 49%. Tentu saja jika Anda tidak ingin terkena depresi Anda tidak dianjurkan terlalu lama tidur.

2. Bisa Merusak Otak
Pada studi yang dilakukan pada tahun 2012 mengungkapkan bahwa waktu tidur yang kurang mapun tidur terlalu lama dapat meningkatkan dan mempercepat terjadinya kerusakan pada fungsi otak. Bahkan keadaan ini bisa lebih parah jika dialami wanita yang berusia 45 tahunan. Wanita yang tidur dalam durasi waktu 9 jam setiap malamnya atau tidur kurang dari 5 jam, menunjukan terjadinya perubahan pada bagian otak, yakni terjadi penuaan dua tahun lebih cepat.

3. Membuat Sulit Hamil
Di tahun 2013, peneliti yang berasal dari Korea meneliti 650 wanita dari kebiasaan tidurnya yang menjalani program bayi tabung. Mereka mendapatkan temuan bahwa potensi terjadinya kehamilan akan lebih tinggi pada pasien yang memiliki waktu tidur 7 hingga 8 jam dalam semalam. Sedangkan pada wanita yang durasi tidurnya mencapai 11 jam dalam sehari kemungkinan hamil menjadi lebih kecil.

Apa yang menjadi penyebabnya? Menurut Dr. Evan Rosenbuth, yang merupakan ahli dalam maslah repr0duksi mengungkapkan bahwa pola atau kebiasaan tidur sangat memiliki pengaruh pada normal atau tidaknya ritme sirkadian, terjadinya pengeluaran hormon dan terjadinya siklus menstruasi. Apabila seseorang tidur kurang atau melebihi dari batas normal maka akan berpengaruh pada kesuburan sel telur yang masih terhitung kecil.

4. Menyebabkan Terjadinya Kelebihan Berat Badan
Hasil penelitian yang dilakukan oleh Quebec, di Kanada menunjukan bahwa orang waktu tidurnya kurang atau terlalu banyak tidur maka akan berpengaruh pada berat badannya yang akan mengalami kenaikan dalam tempo sekitar 6 tahun, dibandingkan dengan orang yang memiliki waktu tidur yang cukup 7-8 jam dalam semalam. Seseorang yang terbiasa tidur dalam waktu 10 jam, 25% kemungkinan akan mengalami kenaikan berat badannya hingg mencapai 5 kilogram, meskipun orang tersebut telah melakukan kontrol asupan kalori makanan yang dikonsumsinya.

5. Berbahaya Bagi Jantung
Penelitian yang telah dipresentasikan pada diskusi American Collage of Cardiollogy menyebutkan bahwa orang yang tidur lebih dari durasi normal dalam seharinya bisa meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Data dari 3000 orang yang telah dianalisa oleh peneliti menunjukan bahwa orang yang terlalu banyak durasi tidurnya, resiko terserang angin pektoris (angin duduk) menjadi dua kali lebih besar, yakni keadaan dimana pasokan oksigen berkurang dan aliran darah menuju jantung mengalami penurunan. Selain itu, mereka juga 1,1 kali lebih beresiko terkena penyakit jantung koroner jika dibandingkan dengan orang yang memiliki waktu tidur yang normal.

6. Menurangi Daya Ingat
Menurut The Journal of The American Geriatrics Society mengungkapkan bahwa orang yang tidur terlalu mala akan mempengaruhi daya ingat otak mereka. Usia dari ingatan pada orang tersebut bisa menjadi 2 tahun lebih tua, hal ini disebabkan oleh tidur terlalu berlebihan pada waktu yang tidak disarankan. Semakin lama tidur maka kualitas tidur bukan semakin membaik akan tetapi bisa menjadi semakin memburuk.

7. Stroke
Studi yang dilakukan para peneliti di Cambridge, menunjukan bahwa orang yang terlalu banyak menghabiskan waktunya untuk tidur, akan lebih beresiko 46% mengalami stroke. Namun, tentu saja terlalu banyak tidur bukanlah penyebab stroke tunggal, faktor lainnya seperti pola makan dan gaya hidup sehat juga menjadi penybab seseorang terkena serangan stroke.

8. Diabetes
Kadar glukosa dalam tubuh bisa meningkat apabila memiliki kebiasaan tidur lebih dari delapn jam setiap harinya pada orang dewasa. Selain daripada konsumsi makanan, faktor durasi tidur yang terlalu berlebihkan juga bisa meningtkan resiko terjadinya penyakit diabetes. Maka dari itu, Anda dianjurkan untuk memiliki kebiasaan tidur yang cukup, untuk sewasa 8 jam setiap harinya, waktu tidur tidak terlalu kurang ataupun terlalu berlebihan.

9. Sakit Kepala
Banyak orang mungkin juga termasuk Anda, pernah mengalami sakit kepala yang diakibatkan oleh tidur yang terlalu lama. hal tersebut bisa terjadi disebabkan oleh neurotransmitters yang ada dalam otak. Worst Foods That Ruin Your Sleep mengungkapkan bahwa orang yang durasi tidur siangnya terlalu lama akan sering mengalami sakit kepala, kecemasan, keinginan makan berurang dan mudah gelisah.

Dengan adanya artikel Bahaya Terlalu Lama Tidur Bagi Kesehatan ini mudah-mudahan bisa memberikan pengetahuan bahwa pola tidur berkualitas setiap harinya merupakan salahsatu faktor yang sangat penting bagi kesehatan tubuh Anda.

Dengan memiliki waktu atau durasi tidur yang cukup maka tubuh bisa melakukan berbagai aktivitas kembali di esok hari. Maka dari itu, Anda dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan tidur dan istirahat tubuh Anda dengan baik agar tubuh selalu sehat dan terhindari dari berbagai permasalahan kesehatan.

Waktu standar untuk tidur yang direkomendasaikan untuk orang dewasa sekitar 7 hingga 8 jam dan tidak dianjurkan tidur berlebihan lebih dari 10 jam setiap harinya. Dan Anda bisa dikatakan kurang istirahat jika durasi tidur Anda hanya enam jam bahkan kurang. Mulai sekarang Anda sesuaikan waktu tidur Anda jangan kurang tidur ataupun tidur berlebihan karena akan bermasalah pada kesehatan Anda.

Baca juga :  Akibat Kurang Tidur Bagi Kesehatan Tubuh

Semoga artikel berjudul ‘Bahaya Terlalu Banyak Tidur Bagi Kesehatan’ bisa bermanfaat untuk para pembaca semua. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan Anda dengan membiasakan diri melakukan gaya hidup sehat setiap harinya. Anda juga bisa membaca banyak artikel seputar informasi kesehatan lainnya di situs kesehatan Harian Sehat ini. Salam Sehat!


Lihat Juga :
Updated :