Apakah Susu Kedelai Bisa Mencegah Osteoporosis?

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Apakah Susu Kedelai Bisa Mencegah Osteoporosis? – Pada umumnya banyak Orang yang sudah mengetahui bahwa susu merupakan minuman yang baik untuk kesehatan tulang dan dapat mencegah osteoporosis. Namun, apakah susu yang berbahan dasar kacang kedelai bisa menjadi salahsatu pencegah osteoporosis? Simak uraiannya dibawah ini!

Sebagaimana telah diketahui bahwa Penyakit Osteoporosis merupakan penyakit dimana kepadatan tulang menjadi semakin berkurang. Jika seseorang terserang osteoporosis maka hubungan yang terjadi antar mineral dalam tulang menjadi lebih tipis sehingga menyebabkan tulang menjadi lemah dan semakin meningkatkan resiko seseorang mengalami patah tulang atau fraktur.

Apakah Susu Kedelai Dapat Mencegah Osteoporosis?

Apakah Susu Kedelai Bisa Mencegah Osteoporosis

Gambar Ilustrasi

Sementara itu susu telah diketahui merupakan salahsatu minuman tinggi kalsium yang bisa mencegah osteoporosis, namun bagaimana dengan susu kedelai? Susu kedelai merupakan minuman yang terbuat dari kacang kedelai sebagai sumbernya yang kemudian digiling lalu disaring, dan pada beberapa susu kadang juga ditambahkan atau dalam istilahnya difortifikasi dengan kalsium, vitamin B, E dan juga vitamin D. Dan sekarang ini susu kedelai juga bisa mencegah seseorang terkena osteoporosis.

Selain itu susu kedelai juga diketahui bahwa mengandung isoflavon yang sehat dan lebih dikenal dengan phytoestrogen, yang merupakan senyawa kimia yang memiliki efek hampir sama dengan esterogen pada tubuh manusia. Dan sekarang-sekarang ini susu kedelai sudah dianalisis pada perempuan yang sudah mengalami monopouse, seperti yang Hariansehat kutip dari detikHealth.

Menurut penelitian yang telah dilakukan oleh Linus Pauling Institute menunjukan bahwa efek esterogen yang dihasilkan dari phytoestrogen dapat membantu dalam memelihara dan juga menjaga tulang seseorang. Hasil penelitian ini juga telah diungkapkan pada penelitian yang telah dilakukan oleh L.M Chiechi dan rekan selain itu juga telah dilaporkan pada Maturitas: An International Journal of Midlife Health and Beyond pada tahun 2002.

Efek dan kualitas phytoestrogen ini sudah menarik banyak perhatian untuk dimanfaatkan dalam mencegah seseorang terkena osteoporosis dan membantu dalam mengendalikan kerusakan tulang yang terjadi pada tubuh. Kandungan phytoestrogen dalam kedelai ini sudah dipercayai mempunyai efek dapat mempercepat metabolisme dan membangun tulang pada tubuh seseorang.

Seperti yang diketahui bahwa proses osteoblastik dikenal juga dengan sebuah proses membangun tulang yang diatur dengan baik oleh sel-sel, sedangkan pada kerusakan tulang dirangsang oleh sel bernama osteoclastical. pada usia duapuluh-an proses membangun tulang lebih banyak didominasi oleh sel osteoblastik sampau tulang mengalami pertumbuhan.

Agar proses dalam membangun tulang yang kuat berjalan dengan baik sehingga bisa mencegah osteoporisis bisa dilakukan dengan cara membiasakan diri melakukan pola hidup sehat dan juga olahraga yang rutin dan teratur. Anda bisa mengkonsumsi susu kedelai ini sebagai menu sehat untuk mencegah tulang Anda dari masalah osteoporosis yang biasanya diderita pada usia lanjut.

Baca juga :

1.) Cara Mencegah Penyakit Osteoporosis Pada Wanita
2.) Manfaat Susu Kacang Kedelai bagi Kesehatan

Sekian informasi tentang pertanyaan “Apakah Susu Kedelai Bisa Mencegah Osteoporosis?” Semoga bisa bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan para pembaca HarianSehat. Anda bisa membaca artikel lainnya seputar kesehatan dan gaya hidup sehat di situs HarianSehat.Com setiap harinya. Tetap jaga kesehatan Anda dan Salam Sehat!


Lihat Juga :
Updated :