Apakah Bisa Sakit Maag Sembuh Total?

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Apakah Bisa Sakit Maag Sembuh Total? – Permasalahan umum yang sering dialami oleh banyak orang adalah sakit maag, diantaranya maag kronis dan maag akut. Penyebab dari munculnya sakit maag ini lebih sering karena kebiasaan pola makan yang tidak teratur, misalnya telat makan atau berlebihan ketika makan. Namun, karena alasannya yaitu karena pola makan, Apakah Maag Bisa disembuhkan secara Total?

Mari simak uraiannya lebih lanjut. Menurut dr Hayatun Nufus, SpPD dari RSCM menuturkan bahwa “Jika sakit maag dikarenakan oleh fungsional maka dapat disembuhkan dengan terlebih dahulu mengetahui pemicu penyakit maag tersebut. Kemudian menghindari dari pemicu maag tersebut dan mendapatkan pengobatan maag dengan tepat.”

Bisakah Sakit Maag Sembuh Total?

Apakah Bisa Maag Sembuh Total

Gambar ilustrasi

Sakit maag dapat digolongkan menjadi dua, yaitu sakit maag fungsional (tidak adanya kelainan pada organ atau anatomi dalam tubuh) dan sakit maag organik (adanya kelainan pada organ dalam atau anatomi tubuh misal lecet atau luka)

Dan dari kebanyakan orang yang terkena sakit maag yang datang kedokter merupakan pasien dengan golongan sakit maag fungsional, yakni sekitar 85% lebih. Penyebab munculnya sakit maag fungsional ini dikarenakan berbagai faktor psikis, misalnya cemas yang berlebihan, pola makan yang tidak teratur, stress, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang kurang sehat, terlalu banyak mengkonsumsi pedas dan mer0k0k.

Lainnya :

Sakit maag adalah salahsatu penyakit yang menyerang organ pencernaan yaitu lambung, namun pada beberapa kasus sakit maag juga bisa menjalar pada bagian organ lain seperti usus ataupun kerongkongan. Biasanya ada gejala-gejala yang timbul pada seseorang yang terkena sakit maag, diantanya perasaan kurang nyaman, cepat kenyang, kembung, mual, muntah, nafsu makan menjadi berkurang, dan sakit pada bagian ulu hati. (selengkapnya baca: Gejala Sakit Maag)

Sakit maag dapat hilang dan tidak muncul keluhan lagi apabila seseorang selalu menjaga pola makan yang teratur, mengkonsumsi makanan sehat, menghindari stress, dan mendapatkan pengobatan maag yang tepat.

Selain itu, apabila dikatikan dengan berpuasa, pada kebanyakan kasus orang yang mengalami maag fungsional umumnya keluhan yang terjadi akan berkurang dan merasakan tubuh menjadi lebih sehat. Ini disebabkan pada saat puasa pasien penderita sakit maag fungsional akan makan secara teratur yakni ketika waktu sahur dan pada saat buka puasa, selain itu dengan berpuasa, pasien akan mengurangi konsumsi camilan.

Namun, apabila dialami oleh orang yang terkena maag organik, baik merupakan maag yang akut sebaiknya mengkonsumtasikannya terlebih dahulu dengan dokter, apakah pasien boleh berpuasa atau tidak. Dengan berkonsultasi dengan dokter, Anda akan mendapatkan arahan dari dokter tersebut.

Baca juga : Gejala Asam Lambung (GERD)

Nah, kesimpulannya Anda harus menjaga pola makan sehat, teratur, menghindari berbagai pemicu stress dan menghindari makanan pedas dan mendapatkan pengobatan yang tepat agar maag dapat sembuh. Seberapa lama maag dapat sembuh dan susah sembuh atau mudah sembuhnya maag tergantung pada pola hidup yang dilakukan sehari-hari tersebut. Karena percuma saja jika maag sudah sembuh kemudian pola makan sehat tidak dilakukan sehingga pola makan sehat menjadi ngawur kembali, maka maag dapat kambuh dan muncul kembali mengganggu kesehatan Anda.

Semoga artikel berjudul “Apakah Bisa Sakit Maag Sembuh Total?” diatas bisa menambah pengetahuan kesehatan baru dan bermanfaat bagi para pembaca. Terimakasih telah berkunjung di situs HarianSehat.Com jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan Anda ddengan membiasakan diri melaksanakan ola hidup sehat setiap harinya. Salam Sehat!

ADVERTISEMENT


Lihat Juga :
Updated :