Apakah Biji Buah Apel Beracun?

ADVERTISEMENT

Apakah Biji Buah Apel Beracun? – Apel merupakan salahsatu buah-buahan yang memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Bahkan apel juga direkomendasikan untuk dikonsumsi bersama kulitnya juga agar serat apel didapatkan, namun ternyata ada sesuatu yang tersembunyi dibalik biji apel sehingga jika kita memakan buah apel jangan makan bersama biji yang ada didalamnya.

Didalam biji apel terdapat suatu zat yang berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi. Nama zat tersebut adalah amigdalin yang jika dikonsumsi maka didalam pencernaan zat ini bisa berubah menjadi hidrogen sianida yang beracun bagi tubuh. Meskipun dalam jumlah yang sedikit efek racun dalam biji ini tidak begitu berbahaya ada baiknya untuk membuang biji nya jika akan mengkonsumsi buah apel ini.

apakah biji apel beracun
Beberapa macam buah lainnya juga ada yang memiliki zat amigdalin ini diantaranya adalah peach, almond, quince, plum dan aprikot. Zat amigdalin didalam biji apel tertutup rapat oleh bijinya, namun lebih baik membuang biji apel tersebut daripada mengkonsumsinya, karena bisa berubah menjadi racun ketika dicerna.

Dengan cara-cara tertentu zat amigdalin dapat dihilangkan zat-zat berancunnya. Namun tentu saja dengan tahapan proses tertentu. Misalnya saja racun yang terkandung dalam kacang almond bisa dihilangkan dengan serangkaian proses dan tahapan tertentu sehingga aman untuk dikonsumsi.

Jika didalam pencernaan tergabung enzim pencernaan dan zat amigdalin (toksin glikosida) maka akan menghasilkan hidrogen sianida yang tentu saja beracun dan berbahaya bagi tubuh. Jika amigdalin sudah berubah menjadi hidrogen sianida ini akan berpengaruh pada fungsi dari sel darah merah untuk membawa oksigen kebagian-bagian tubuh. Meskipun dalam jumlah yang sedikit hanya berakibat kecil namun jika dalam jumlah yang lebih besar maka akan sangat berakibat fatal bagi tubuh.

Gejala yang akan dialami jika seseorang terkena racun hidrogen sianida ini yaitu rasa mual, lemas, muntah, gemetar, sakit kepala dan juga detak jantung yang berdebar-debar. Jika terkena dalam jumlah yang lebih besar efek racun ini akan berakibat sesak napas, gagal napar, tekanan darah menjadi rendah, rusaknya paru-paru, koma bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Namun, jika biji apel telah terkonsumsi sebagian kecil saja tidak usah khawatir karena bentu biji apel yang memiliki permukaan biji yang keras menjaga racun buah apel ini tetap berada didalam dan bisa melewati bagian pencernaan secara utuh. Oleh karena itu jangan sekali-kali menggigit biji apel.

Namun lebih direkomendasikan untuk membuang semua biji apel yang ada didalam buah apel jika akan mengkonsumsinya, misalnya ketika akan dibuat jus, sirup, selai atau dijadikan panganan lainnya.

Apapun makanannya tetaplah waspada dan berhati-hati ketika akan mengkonsumsi makanan tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat.


Lihat Juga :
Updated :