Apa Penyebab Selalu Mengantuk Setelah Makan?

ADVERTISEMENT

HarianSehat.Com – Apa Penyebab Selalu Mengantuk Setelah Makan?, Banyak orang yang mungkin sering merasakan rasa kantuk setelah makan. Sebenarnya apa yang menjadi penyebabnya? Mari simak artikel kali ini seputar perasaan mengantuk setelah makan.

Sebenarnya, mengantuk merupakan hal alamiah yang terjadi pada tubuh untuk memberitahukan bahwa tubuh perlu beristirahat. Akan tetapi berbeda halnya jika perasaaan mengantuk datang pada saat setelah makan. Mengantuk setelah makan biasanya menjadi salahsatu masalah karena dapat menghambat aktivitas yang mungkin akan Anda lakukan sehari-hari.

Penyebab Mengantuk Setelah Makan

Mengapa Selalu Mengantuk Setelah Makan?

Gambar ilustrasi

Bahkan ada yang sering menyebutkan bahwa penyebab orang merasakan kantuk setelah makan salahsatunya karena pasokan oksigen menuju otak kurang, dikarenakan oksigen digunakan sebagian besar oleh pencernaan dalam artian bahwa semakin banyak konsumsi makanan oleh tubuh maka oksigen yang dibutuhkan dalam proses pencernaan akan semakin besar. Selain itu banyak pendapat yang berkaitan dengan rasa kantuk yang dialami setelah makan ini, misalnya kadar gula darah didalam tubuh dan beberapa pendapat lainnya.

Apa Penyebab Selalu Mengantuk Setelah Makan?

Dibawah ini diuraikan tiga alasan mengapa banyak orang yang merasakan mengantuk setelah makan, seperti yang kami rangkum dari berbagai sumber. Simak uraian lengkapnya dibawah ini!

1.) Kekurangan Enzim
Enzim merupakan salahsatu faktor penting dalam tubuh agar bekerja dengan baik. Dengan adanya enzim maka makanan yang telah dikonsumsi tubuh akan dibuat menjadi ukuran-ukuran kecil sehingga dapat diserap dengan baik oleh tubuh.

Didalam proses mencerna makanan, ada 3 jenis enzim yang berperan, diantaranya enzim penceranaan yang dihasilkan dari kelenjar ludah, pankreas, perut, sel-sel endokrin dan organ usus kecil. Kemudian, enzim yang ada pada makanan mentah yang kemudian dikonsumsi. Selanjutnya, enzim metabolik yang memiliki fungsi katalis, mendetoksifikasi racun, memproduksi energi dan membuang kotoran.

Ketika makan, enzim yang ada didalam tubuh akan bekerja secara optimal sehingga makanan yang dikonsumsi dan masuk kedalam tubuh dapat dicerna dengan baik. Karena kerja optimal tersebut mengakibatkan tubuh menjadi terasa lelah, namun ketika lelah tersebut seharusnya makanan bisa memberikan energi bagi tubuh.

Meskipun begitu, berbeda halnya dengan orang yang kekurangan enzim dalam tubuhnya. Jika hal tersebut terjadi maka makanan yang dikonsumsi tidak akan berubah menjadi energi secara maksimal dalam tubuh yang mengakibatkan seseorang akan mengalami perasaan mengantuk.

2.) Penggabungan Makanan
Penggabungan makanan atau dalam bahasa inggris nya food combining merupakan penggabungan jenis makanan sehinggga makanan bisa digunakan oleh tubuh sebagai nutrisi.

Pada beberapa makanan, ketika dalam proses pencernaan membutuhkan enzim-enzim tersendiri sesuai dengan bentuk makanan tersebut misalnya protein membutuhkan protease, karbohidrat membutuhkan amilase dan lemak membutuhkan lipase. Sehingga pada saat mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohindrat dalam waktu yang sama maka akan mengakibatkan terjadinya konflik enzim didalam pencernaan.

Anda bisa menggunakan gabungan protein dengan jenis sayuran berwarna hijau tetapi bukan wortel ataupun kentang, menggabungkan jenis karbohidrat dengan jenis sayuran, biji-bijian, mengkonsumsi jenis buah segar atau bisa mengkonsumsi sekitar 60-80% makanan yang mentah atau dikukus. Dengan penggabungan makanan seperti ini, rasa kantuk akan berkurang dan energi dalam tubuh bisa lebih bertambah.

3.) Pengaruh Neuron
Salahsatu neuron dapat menjadi penyebab seseorang merasa mengantuk setelah makan. Nuron tersebut yaitu neuron orexin. Neuron orexin terletak di bagian hipotalamus dan merupakan bagian dari organ otak yang berfungsi dalam mengatur banyak proses dan hampir mencakup semua hormon.

Pada saat gula darah kadarnya meningkat, maka akan memicu kerja neuron orexin menjadi terhambat. Sehingga, dalam keadaan ini seseorang akan merasakan kantuk yang disebabkan karena kerja neuron orexin yang bertanggungjawab dalam menjaga tubuh agar tetap dalam keadaan terjaga menjadi terhambat.

Nah, dengan adanya artikel diatas yang mengupas jawaban seputar Apa Penyebab Selalu Mengantuk Setelah Makan? Sekarang mungkin Anda sudah mulai mengerti alasan mengapa orang biasanya merasa mengantuk setelah makan. Anda bisa mengurangi perasaan mengantuk dengan cara mengurangi konsumsi makanan yang memiliki karbohidrat, lemak dan juga gula.

Meskipun begitu, perasaan seperti ini umumnya adalah hal yang tergolong normal dan bukan merupakan masalah kesehatan yang serius. Namun, jangan membiasakan diri makan pada malam hari sebelum tidur, karena bisa mempengaruhi pola tidur pada tubuh Anda. Selain itu setelah makan jangan langsung tidur karena berdampak kurang baik bagi kesehatan

Menurut Dr Loren Greene dari New York University, menjelaskan bahwa apabila Anda makan malam pada jam 10, berarti Anda mematikan fungsi dari insulin yang akan berakibat pada naik turunnya gula darah. Ini akan berdampak pada tubuh yakni Anda akan mudah terbangun pada malam hari dan mendapatkan kesulitan untuk tidur secara nyenyak.

Dengan adanya artikel diatas, dapat disimpulkan bahwa sebaiknya jangan makan terlalu banyak, dan juga terlalu malam sehingga tubuh memiliki waktu dalam mencerna makanan. Apabila Anda merasakan ngantuk setelah makan dalam porsi besar maka tunggu beberapa jam apabila Anda ingin tidur, agar tidur Anda bisa nyenyak dan tubuh dapat berisitirahat dengan baik.

Baca juga : Jaga Kesehatan Anda dengan 3 Aturan Waktu Makan ini!

Semoga artikel berjudul Apa Penyebab Selalu Mengantuk Setelah Makan? yang telah dipaparkan diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan baru bagi Anda. Mari jaga selalu kesehatan tubuh dengan membiasakan diri melakukan pola hidup sehat secara rutin. Salam Sehat!


Lihat Juga :
Updated :