Mengetahui Apa itu Penyakit Lupus?

ADVERTISEMENT

Apa itu Penyakit Lupus? – Selain beberapa penyakit lain yang sudah sangat dikenal banyak orang seperti penyakit jantung, penyakit diabetes, stroke, kanker ada juga penyakit penyakit lainnya yaitu penyakit lupus. Penyakit lupus atau Systemic Lupus Erythematosus (SLE) adalah penyakit yang berhubungan sistem imunitas tubuh, yang menganggap bahwa jaringan yang ada didalam tubuh sebagai benda asing, sehingga bereaksi pada bagian-bagian organ tubuh lain seperti jaringan pembuluh darah, sel darah, kulit, otot, ginjal, tulang, sistem saraf, lapisan yang berada pada paru-paru, sistem kardiovaskuler, pencernaan, mata bahkan otak.

Mengenal Apa itu Penyakit Lupus?

Secara sederhana seseorang dikatakan mengalami penyakit lupus pada saat tubuh orang tersebut bereaksi alergi pada tubuhnya sendiri. Lupus juga dikenal oleh para ahli medis dengan julukan “Penyakit Seribu Wajah” dan “Si Peniru Ulung” ini dikarenakan gejala yang timbul pada seseorang yang menderita lupus hampir sama dengan banyak gejala-gejala pada penyakit-penyakit lainnya, karena itu perlu diagnosa khusus sehingga orang tersebut dapat di vonis menderita penyakit ini. Dalam ilmu kekebalan tubuh atau ilmu imunologi penyakit Lupus ini merupakan kebalikan dari kanker atau HIV/AIDS.

Apa itu Penyakit Lupus?

Gambar ilustrasi Apa itu Penyakit Lupus?

Menurut Prof. Dr. Zubairi Djoerban yang ahli dalam permasalahan penyakit dalam RSCM (Rumah Sakit Cipto mangunkusumo), beliau menjelaskan bahwa penyakit lupus merupakan penyakit yang menahun dan dapat di kategorikan sebagai penyakit kronis. Beliau mengatakan bahwa pada pasien lupus, produksi antibodi tidak berjalan dengan normal karena terjadi secara berlebihan sehingga antibodi yang tidak normal atau katakan lah berlebihan tersebut bukannya menyerang virus, kuman dan juga bakteri dalam tubuh akan tetapi malah menyerang jaringan-jaringan dan juga sel-sel pada tubuh penderita itu sendiri. Sehingga penyakit lupus dapat disebut dengan autoimmune disease yakni penyakit dengan kekebalan tubuh yang berlebihan.

Meskipun banyak orang percaya bahwa penyakit lupus sulit untuk didiagnosa namun ada beberapa gejala umum pada seseorang yang terkena penyakit lupus, gejala yang timbul, biasanya pada bagian wajah dan lengan muncul bercak-bercak merah menyerupai kupu-kupu atau biasa disebut dengan buterfly rush selain itu juga penderita akan merasa lelah berkepanjangan dan juga panas, kerontokan rambut juga menjadi salahsatu gejala yang timbul ditambah dengan gejala lain seperti timbulnya sariawan dan pembengkakan pada persendian. Gejala tersebut umumnya terjadi pada seseorang yang terkena penyakit lupus. Namun seseorang yang mengalami gejala tersebut harus diperiksa lebih lanjut oleh dokter untuk memastikan dan juga agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Penyakit lupus bersifat genetik dan diturunkan tetapi ada juga yang mengatakan bahwa penyakit lupus bukan merupakan penyakit genetik. Penyakit ini dapat menyerang berbagai lapisan masyarakat yang ada. Diantara 100 ribu penduduk 1 sampai 5 diantaranya mengalami penyakit lupus ini. Dibandingkan dengan pria, wanita lebih banyak 6 sampai 10 kalinya daripada pria yang mengalami penyakit ini, terutama orang-orang yang berada didalam rentang 15 sampai 40 tahun.

Penanganan yang tepat pada odapus (orang Hidup dengan Penyakit Lupus) adalah dengan menjaga pola hidup sehat dan juga meminum obat dengan teratur sesuai dengan resep dokter, mengkonsumsi gizi seimbang dan harus menghindari stress selain itu penderita dianjurkan untuk tidak melakukan aktivitas berlebih yang mengakibatkan kelelahan tubuh. Namun tentu saja meskipun tidak dianjurkan kondisi tubuh kelelahan para odapus perlu berolahraga dengan teratur dengan intensitas yang rendah agar tidak merasakan kelelahan. Semoga informasi tentang apa itu penyakit lupus? bermanfaat. dikutip dari berbagai sumber.


Lihat Juga :
Updated :